Berapa lama masa berlaku sertifikat IELTS? Cari Tahu Disini
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa lama masa berlaku sertifikat IELTS? Cari Tahu Disini

Berapa lama masa berlaku sertifikat IELTS? Cari Tahu Disini

Temukan informasi penting mengenai masa berlaku sertifikat IELTS dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi rencana studi, persiapan beasiswa atau peluang karir Anda di masa depan. Dapatkan jawaban lengkapnya di sini.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, tentunya sudah tidak asing lagi dengan tes IELTS. IELTS (International English Language Testing System) adalah tes kemampuan Bahasa Inggris yang  diakui secara internasional.  

Sertifikat IELTS (International English Language Testing System) adalah bukti kemampuan berbahasa Inggris yang sangat diakui secara internasional.

Tidak hanya digunakan untuk keperluan akademis, sertifikasi ini juga penting untuk tujuan imigrasi, serta karier kedepan. Namun, salah satu pertanyaan umum yang sering muncul dari calon peserta adalah berapa lama masa berlaku sertifikat IELTS ini.

Mengenal Apa itu Sertifikat IELTS?

Sertifikat IELTS adalah dokumen resmi yang Anda terima setelah berhasil menyelesaikan tes IELTS (International English Language Testing System).  Tes ini dirancang untuk  menilai kemampuan Anda berbahasa Inggris  dalam  empat aspek, yakni :  Listening (mendengar), Reading (membaca), Writing (menulis), dan Speaking (berbicara). 

Ada dua jenis tes IELTS yakni: Academic (untuk tujuan pendidikan) dan General Training (untuk tujuan imigrasi atau pengalaman kerja). 

Fungsi Sertifikat IELTS

Sertifikat IELTS adalah bukti standar internasional  bahwa Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup ok.  Dokumen ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan,  diantaranya:

  • Melanjutkan Study dan Melamar Beasiswa : Banyak sekali universitas dan program beasiswa di luar negeri, terutama negara-negara berbahasa Inggris, mensyaratkan calon mahasiswa untuk memiliki sertifikat IELTS agar bisa diterima.
  • Bekerja di luar negeri: Beberapa perusahaan atau lembaga tertentu atau program kerja tertentu speerti AAS menetapkan skor IELTS minimal sebagai syarat melamar pekerjaan, terutama jika pekerjaannya membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.
  • Sebagai bukti Anda mampu bahasa Inggris: Selain untuk pendidikan dan pekerjaan, sertifikat IELTS juga bisa digunakan sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris untuk keperluan imigrasi ke beberapa negara.

berapa-lama-masa-berlaku-sertifikat-ielts-anda

Informasi Apa Saja yang Tertera di Sertifikat IELTS

Anda dapat melihat contoh Sertifikat IELTS diatas, biasanya dalam sertifikat tersebut memuat informasi-informasi berikut:

  • Identitas peserta: Nama lengkap, tanggal lahir, foto, dan nomor paspor.
  • Tanggal tes: Tanggal pelaksanaan tes IELTS yang Anda ikuti.
  • Skor yang didapat: Nilai yang Anda peroleh di keempat aspek tes IELTS, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Setiap aspek memiliki skor tersendiri, dan keseluruhan skor tersebut dirata-ratakan menjadi skor keseluruhan.
  • Lembaga penyelenggara tes: Nama lembaga yang menyelenggarakan tes IELTS yang Anda ikuti.

 

Baca juga artikel kami lainnya : Cara Membedakan Sertifikat TOEFL Asli Dan Palsu


Berapa Lama Masa Berlaku Sertifikat IELTS?

Perlu diingat bahwa sertifikat IELTS memiliki masa berlaku  dua tahun  terhitung sejak tanggal tes dilaksanakan. Jika seseorang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, perlu diingat bahwa beberapa universitas luar meminta nilai IELTS dalam satu tahun terakhir, sehingga sebaiknya tes IELTS diambil satu tahun sebelumnya.

Selain itu, sertifikat IELTS dapat diverifikasi keasliannya dalam database Nomor TRF yang asli, dan hasil TRF ini berlaku selama dua tahun. Jika seseorang mendaftar kuliah atau pekerjaan dengan dokumen yang melebihi masa berlakunya pasti akan ditolak dengan alasan sudah kadaluwarsa. 

Untuk masa berlaku sertifikat IELTS tidak dapat diperpanjang. Walaupun ada wacana sebelumnya bahwa sertifikat bisa diperpanjang menjadi 3 tahun, ternyata masa berlaku IELTS tetaplah 2 tahun 

Apa arti dari skor IELTS saya?

Setiap peserta tes IELTS akan mendapatkan skor band dari 0 hingga 9 untuk setiap bagian tes, yang mencerminkan tingkat kemahiran mereka dalam berbahasa Inggris.

Hasil Tes Laporan (TRF) Anda akan menunjukkan skor untuk masing-masing dari empat keterampilan yang diuji, yakni Mendengarkan, Membaca, Menulis, dan Berbicara, serta skor band keseluruhan. Skor keseluruhan dapat mencakup angka bulat (contohnya 5.0, 6.0, 7.0) atau setengah angka band (misalnya 5.5, 6.5, 7.5) untuk setiap bagian tes.

Apakah tes ielts bisa diulang?

Ya, tes IELTS bisa diulang. Tidak ada batasan untuk mengambil ulang tes IELTS.Calon peserta yang tidak mencapai skor yang diinginkan pada tes pertama mereka dapat mendaftar dan mengambil tes kembali sesuai kebutuhan mereka.

Harap diperhatikan bahwa skor Anda tidak akan meningkat kecuali Anda melakukan upaya yang signifikan untuk meningkatkan Bahasa Inggris Anda sebelum mengikuti tes IELTS lagi.


Baca juga artikel menarik lainnya : Berapa Skor Toefl Rata - Rata Orang Indonesia?

Apa Saja Yang Perlu Disiapkan Sebelum Mengikuti Tes IELTS

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes IELTS ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal, berikut adalah tips dari vista education :

  • Pahami format tes
  • Berlatih soal-soal latihan
  • Tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara keseluruhan,  baik dalam aspek listening, reading, writing, maupun speaking
  • Atur strategi
  • Persiapkan dokumen
  • Istirahat yang cukup
  • Datang tepat waktu
  • Tetap tenang dan percaya diri

Tips tambahan dari kami:

  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi pada hari sebelum dan hari tes IELTS.
  2. Bawa air minum ke tempat tes IELTS.
  3. Pakailah pakaian yang nyaman saat tes IELTS.
  4. Bawa alat tulis yang Anda perlukan untuk tes IELTS.

Dengan persiapan yang matang,  Anda bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan skor IELTS yang memuaskan.  

Yuk, Dapatkan Skor IELTS Tertinggi dengan Vista Education

Jika Anda kedepan berencana untuk mengikuti ujian IELTS / TOEFL, Anda dapat mendaftar di Vista Education. Kami menyediakan kelas persiapan TOEFL  dan persiapan IELTS di Vista Education.

Anda akan mendapatkan pembelajaran menyeluruh dari master teacher terbaik yang kami siapkan untuk membantu Anda mencapai skor TOEFL / IELTS tertinggi. Hubungi team vista education lewat button whatsapp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !