10 Negara untuk Kuliah di Luar Negeri yang Murah
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Negara untuk Kuliah di Luar Negeri yang Murah

10 Negara untuk Kuliah di Luar Negeri yang Murah

Ingin kuliah di luar negeri namun budget terbatas? Ini dia 10 negara di luar negeri yang menawarkan biaya kuliah dan biaya hidup terjangkau dalam rupiah!

Saat ini di tahun 2024, semakin banyak siswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan mereka di luar negeri. Namun, biaya kuliah yang tinggi seringkali menjadi hambatan utama bagi banyak orang.

Untungnya, ada beberapa negara yang menawarkan biaya kuliah yang terjangkau bagi mahasiswa internasiona terutama mahasiswa Indonesia. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas 10 negara yang menjadi tujuan kuliah populer karena biaya kuliahnya yang murah.

Taiwan

1. Taiwan

Taiwan adalah tujuan populer bagi pelajar internasional yang mencari pendidikan yang terjangkau di Asia. Biaya kuliah di Taiwan bisa cukup rendah, Universitas top seperti National Taiwan University menawarkan biaya kuliah program sarjana mulai dari USD 3.300-4.000 per tahun (Sekitar Rp 33 juta - Rp 40 juta pertahun untuk program sarjana) dan biaya hidup di sana juga relatif terjangkau dibandingkan dengan negara-negara tetangganya, jika dirupiahkan sekitar Rp 8 juta - Rp 12 juta per bulan.

Banyak universitas di Taiwan menawarkan program studi berbahasa Inggris, sehingga Anda tidak perlu fasih berbahasa Mandarin untuk kuliah di sana.

jerman

2. Jerman

Jerman menjadi tujuan favorit selanjutnya bagi mahasiswa internasional karena kualitas pendidikan tinggi dan biaya yang terjangkau. Perguruan tinggi negeri di Jerman sebagian besar membebaskan biaya kuliah alias gratis, Anda hanya perlu membayar biaya administrasi yang jumlahnya jauh lebih rendah. 

Selain itu, biaya hidup di negara Jerman juga relatif rendah, jika dirupiahkan sekitar Rp 10 juta - Rp 15 juta per bulan. 

Jerman terkenal dengan program teknik dan sainsnya yang mendunia. Biaya hidup di Jerman relatif terjangkau dibandingkan negara Eropa Barat lainnya.

Norwegia

3. Norwegia

Negara Skandinavia ini ternyata menawarkan biaya kuliah yang relatif murah untuk universitas negeri.  

Meskipun biaya hidup di Norwegia cenderung tinggi, jika dirupiahkan berkisar Rp 18 juta - Rp 24 juta per bulan, namun kualitas pendidikan yang tinggi dan kesempatan kerja yang baik membuatnya menjadi pilihan menarik bagi banyak siswa. Selain itu, Norwegia juga terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau.

Malaysia

4.  Malaysia

Sebagai negara tetangga, Malaysia tentunya memudahkan mahasiswa Indonesia dari segi bahasa dan budaya. Biaya hidup di Malaysia juga tergolong bersahabat. Biaya kuliah di malaysia dalam rupiah berkisar Rp 66 juta - Rp 132 juta per tahun sedangkan untuk biaya hidup sekitar Rp 4 juta - Rp 6 juta per bulan.

Malaysia menawarkan budaya yang beragam, makanan yang lezat, dan biaya hidup yang terjangkau, selain itu banyak universitas di Malaysia yang menawarkan program studi berbahasa Inggris dan Melayu.

Prancis

5. Prancis

Prancis terkenal karena universitas-universitasnya yang terkemuka dan biaya hidup yang relatif terjangkau. Biaya kuliah di universitas-universitas negeri Prancis juga cukup rendah, terutama untuk program-program yang diajarkan dalam bahasa Prancis.

Biaya kuliah di Prancis dalam rupiah sekitar Rp 160 juta - Rp 240 juta per tahun untuk universitas negeri sedangkan untuk universitas swasta bisa lebih tinggi. Biaya hidup di Prancis sendiri sekitar Rp 12 juta - Rp 18 juta per bulan.

Selain menawarkan budaya yang kaya, sejarah yang menarik, dan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi. Banyak universitas di Prancis yang menawarkan program studi berbahasa Inggris, terutama di tingkat pascasarjana.


Baca artikel menarik lainnya : Mau Kerja di New Zealand? Cek Fakta Ini

India

6. India

India memiliki banyak universitas ternama dengan biaya kuliah yang terjangkau. Disini, Anda bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dengan cita rasa budaya India yang kental.

Biaya kuliah di India dalam rupiah sekitar Rp 16 juta - Rp 66 juta per tahun sedangkan untuk biaya hidup sekitar Rp 3 juta - Rp 5 juta per bulan.

India menawarkan budaya yang beragam, sejarah yang kaya, dan biaya hidup yang sangat murah. Banyak universitas di India juga menawarkan program studi berbahasa Inggris.

Belanda

7. Belanda

Belanda adalah rumah bagi banyak perguruan tinggi terkemuka yang menawarkan beragam program dalam bahasa Inggris. Selain itu, Belanda juga memiliki sistem pendidikan yang sangat inovatif dan fasilitas yang lengkap. 

Biaya kuliah dan biaya hidup di Belanda juga lebih rendah daripada di negara-negara lain seperti Inggris atau Amerika Serikat. Rata-rata biaya hidup bulanan untuk mahasiswa internasional di Belanda berkisar antara €800 hingga €1.200 (atau dalam rupiah sekitar Rp 13 juta hingga R p18 juta).

biaya kuliah tahunan untuk mahasiswa internasional di Belanda berkisar antara €6.000 hingga €15.000 (sekitar Rp98 juta hingga Rp246 juta) untuk program sarjana dan €8.000 hingga €20.000 (sekitar Rp131 juta hingga Rp328 juta) untuk program magister.

Meksiko

8.  Meksiko

Meksiko menawarkan pengalaman budaya Latin yang unik dan biaya kuliah yang ramah kantong serta biaya hidup yang terjangkau. Meksiko juga bisa menjadi jembatan untuk mengenal budaya Amerika Latin secara lebih luas. 

Biaya kuliah di meksiko dalam rupiah sekitar Rp 33 juta - Rp 66 juta per tahun. Sedangkan untuk biaya hidup sekitar Rp 5 juta - Rp 8 juta per bulan. Banyak sekali universitas di Meksiko menawarkan program studi berbahasa Spanyol dan Inggris.

Argentina

9. Argentina

Argentina menawarkan pengalaman hidup di Amerika Selatan yang bersemangat, budaya yang menarik, tango yang terkenal, dan biaya hidup dan biaya kuliah yang terjangkau. 

Biaya kuliah di Argentina dalam rupiah sekitar Rp 33 juta - Rp 66 juta per tahun sedangkan untuk biaya hidup di Argentina sekitar Rp 6 juta - Rp 9 juta per bulan. Banyak universitas di Argentina yang menawarkan program studi berbahasa Spanyol dan Inggris.

Polandia

10. Polandia

Polandia menjadi pilihan tepat bagi yang ingin kuliah di Eropa dengan biaya terjangkau. Biaya kuliah di polandia dalam rupiah berkisar antara Rp 66 juta - Rp 132 juta per tahun untuk universitas negeri. Biaya untuk universitas swasta bisa lebih tinggi.
Sedangkan biaya hidup di Polandia dalam rupiah sekitar Rp 6 juta - Rp 9 juta per bulan. Banyak sekali universitas di Polandia yang menawarkan program studi berbahasa Inggris.


Baca juga artikel kami lainnya : 5 Organisasi atau Kegiatan Internasional yang Bisa Kamu Ikuti


Jadi, negara mana yang paling menarik untuk melanjutkan Study Anda ?

Ingat, selain biaya kuliah, penting juga untuk memperhitungkan biaya hidup, akomodasi, dan transportasi. Riset yang baik akan membantu Anda memilih negara tujuan studi yang sesuai dengan budget dan minat Anda.

Mau Kuliah Ke Luar Negeri Dengan Aman Dan Mudah ? Yuk Vista Education bantu!


Vista Education adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman selama 25 tahun. Bermitra dengan 200 lebih universitas dari USA, UK, Kanada, Swiss, Korea Selatan, China, Hongkong, Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi.

Team kami biasa membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, negara, pendaftaran, admission sampai akomodasi. Pokoknya, proses kuliah ke luar Negeri Anda dijamin lebih mudah dan aman

Yuk diskusi dengan konsultan kami sekarang, disini! atau via whatsapp dibawah!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !