5 Alasan Kanada Adalah Negara Ideal Untuk Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di Kanada

Kanada menempati setengah dari utara Amerika Utara. Ia berbatasan dengan AS di selatan, dan di barat laut dengan Alaska. Kanada menempati peringkat kedua sebagai negara terbaik di dunia menurut laporan Best Countries 2020 oleh US News & World Report. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat Kanada menjadi negara yang ideal untuk destinasi kuliah.

1.     Pendidikan yang Berkualitas

Dalam QS World University Rankings 2020, University of Toronto, McGill University, dan University of British Columbia menempati 100 besar peringkat seluruh dunia disusul oleh University of Alberta dan Université de Montréal. Kanada memberikan pendidikan berkualitas dengan kualifikasi yang telah diakui di seluruh dunia. Gelar dari Kanada setara dengan gelar yang diperoleh di Amerika, Inggris, serta negara lain yang menjadi tujuan populer untuk kuliah. Nah, kabar baiknya biaya pendidikan di negara ini juga lebih ramah di kanton jika dibandingkan dengan biaya pendidikan di negara-negara Amerika dan Eropa.

2.     Biaya Hidup yang Terjangkau

Biaya hidup di Kanada jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Amerika. Jika dibandingkan dengan London, New York dan Sydney, biaya hidup di Toronto masih lebih rendah. Dengan jumlah uang yang sama, kamu akan dapat hidup lebih nyaman di kota-kota modern Kanada seperti Toronto, Vancouver, dan Montreal.

3.     Negara Multikultur

Kelompok etnis mayoritas di Kanada adalah Skotlandia, Irlandia, Italia, Jerman, dan Cina. Kanada juga adalah negara pertama di dunia yang mengenalkan kebijakan multikulturalisme sekitar tahun 70-an, yang menitikberatkan nilai perbedaan ras dan etnis. Adanya keberagaman di negara ini akan membuat pengalaman kuliahmu lebih mengesankan, karena bukan tak mungkin kamu akan melihat beragamnya aktivitas budaya disana. Sehingga kamu akan menjadi pribadi yang toleran dan menghargai perbedaan. 

4.     Salah Satu Negara Terbaik Untuk Ditinggali

Memiliki lebih dari 3 juta danau, gunung, pantai, hutan, dan kebun anggur, menjadikan aktivitas di luar ruangan akan menjadi pengalaman unik untukmu. Niagara Falls, Banff National Park, dan Rocky Mountains, adalah beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi saat liburan semester. PBB menobatkan Kanada sebagai salah satu negara terbaik untuk ditinggali selama 20 tahun berturut-turut. Selain karena pemandangan yang indah, udara yang bersih, faktor lain yang membuat Kanada sebagai tempat tinggal favorit adalah layanan kesehatan gratis. Kanada juga termasuk negara yang aman dan tenang sebagai tempat kuliah jika dibandingkan dengan Amerika.

5.     Peluang Karir

Peraturan hukum Kanada mengijinkan mahasiswa internasional yang telah lulus dari universitas atau college Kanada untuk bekerja di sana selama satu tahun. Mahasiswa internasional juga dapat bekerja sambil kuliah. Sekitar 90% lulusan dari institusi pendidikan tinggi di Kanada mendapatkan pekerjaan yang bagus dalam waktu 6 bulan setelah lulus. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar internasional yang ingin merasakan berkarir disana.

Secara umum Kanada merupakan negara yang aman, tertib, dan stabil secara politik. Warga Kanada juga bangga dengan keanekaragaman bangsa mereka. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kamu, ya! Sehingga kamu nggak perlu ragu lagi untuk melanjutkan studi di Kanada. Semoga berhasil!

Jangan lupa join dalam 

The University of British Columbia Webinar 

Untuk informasi kuliah di Kanada lebih komplit