5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Sia-siain Masa Internship
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Sia-siain Masa Internship

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Sia-siain Masa Internship

Mengapa Internship itu penting?

Kamu pernah kepikiran soal persaingan di dunia kerja? . Temen baik yang kamu kenal bisa aja menjadi lawan nanti. Kamu juga tak lagi berkompetisi dengan teman satu kelas. Sainganmu adalah mereka dari universitas lain, se Indonesia bahkan dunia. Lalu, gimana caranya buat menang? Gak ada cara lain selain: Be outstanding. Kamu harus menonjol dengan berbagai cara. Bisa karena kuliah ke luar negeri, wajib juga karena punya pengalaman magang. Gak percaya? Berikut adalah 5 alasan mengapa intership adalah kesempatan yang tidak boleh terlewat. 

Baca : Tips Magang Biar Makin Berkah 

Internship mengajarkan kehidupan nyata dunia kerja sebagai modal awal yang harus kamu curi

Memilih tempat internship adalah hal yang krusial. Jika salah pilih tempat, maka semua fungsi magang bisa buyar. Alih-alih untuk belajar hal baru. Bisa jadi malah kita dianggurin. Oleh karena itu, research dulu ya sebelum nentuin tempat. Kalau bisa, pilih lokasi yang sesuai dengan bidang yang kita pelajari. Tanya juga pada kakak kalas. Siapa tahu ada yang memiliki rekomendasi. Percayalah, masa internship akan sangat berharga. 

Mengenal diri sendiri juga bisa dilakukan melalui kerja magang

“Knowing yourself is the beginning of all wisdom.” – Aristotle

Saat menjalani internship, kamu dipaksa untuk keluar dari zona aman. Lebih tepatnya lepas dari rutinitas sejenak. Bagaimana caramu merespon keadaan baru akan membuatmu semakin mengenal diri sendiri. Dunia baru yang dimaksud bisa berupa teman baru, lingkungan baru, tiba-tiba punya atasan, dan paling penting ditantang untuk menyelesaikan deadline kerja. Saat mencicipi dunia kerjapun kamu jadi paham bagian apa yang kamu suka dan yang tidak. Bidang mana yang menarik perhatianmu atau hal apa yang tak sesuai dengan ekspektasi.

Bertemu dengan orang-orang hebat dan membuat koneksi

Salah satu manfaat yang paling terasa dari internship adalah mendapatkan koneksi. Kuncinya adalah humble dan bisa membaur . Saat semua orang menyukaimu maka kamu akan mendapatkan banyak kesempatan. Setidaknya, kamu bisa belajar dari mereka. Selanjutnya, kamu bisa lebih mudah mendapat link untuk masa depan.

Siapa tahu, dari awalnya internship bisa berubah jadi full time

Enaknya kalau sudah kenal dengan orang dalam adalah informasi lebih cepat ngalir. Kalau ada lowongan, kamupun bisa mendengarnya dengan mudah. Apa lagi jika kamu terhitung sudah pernah bekerja disitu. Gak perlu lewatin banyak step buat dapatin posisi. Toh mereka sudah tahu kemampuanmu.

Karena Internship adalah kesempatan langka. Carilah tempat internship yang bergensi dan punya banyak peluang

Betapa bangganya jika kamu bisa magang ke lembaga internasional penting seperti UNESCO atau kedutaan besar. Kesempatan tersebut tentunya langka dan jarang terjadi. Kalaupun ada, peminat dan persainganya akan sangat ketat. Namun, masuk ke lembaga tersebut memang worth it. Coba fikirkan apa pendapat HR saat melihat CV mu nanti. 

Baca : Tips memilih tempat magang  

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !