5 Fakta Lulusan S2 Product Management

5 Fakta Lulusan S2 Product Management

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang Product Manager? Posisi ini biasanya diisi oleh lulusan Bisnis, Administrasi Niaga, Teknik Industri, Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Agroindustri, Agrobisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, dan bidang lain yang relevan. Namun tak ada salahnya mendalami Product Management dengan menempuh gelar master di bidang ini. Berikut ini adalah 5 fakta tentang lulusan S2 Product Management.

1. Terbiasa dalam penelitian dan analisis

Lulusan Master Product Management menggunakan banyak logika dan penalaran. Mereka ahli mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif. Lincah dalam melakukan pendekatan terhadap permasalahan yang sedang ia tangani. Data analis sangat membantu menentukan keputusan, baik dalam hal strategi bisnis, dan pengembangan produk.

2. Memiliki pemikiran strategis

Seorang Project Manager harus memiliki pemikiran yang strategis. Mampu menjelaskan mengapa produknya penting dan apa yang ingin dicapai oleh produk tersebut. Maka dari itu ia harus mengetahui setiap detail produknya serta memikirkan strategi apa saja yang perlu dilakukan agar tujuan produk tersebut berhasil.

3.Pribadi yang disiplin

Lulusan S2 Project Management memiliki disiplin waktu. Karena pekerjaannya kelak akan sering berganti-ganti sepanjang harinya, sehingga ia telah belajar bagaimana membagi waktu dan juga memaksimalkan kinerjanya. Ia juga harus disiplin dalam bekerja, misalnya datang tepat waktu, rutin mengelola meeting, secara berkala memberikan update kepada tim terkait, dan selalu siap sedia ketika dibutuhkan. 

4. Punya skill komunikasi yang mumpuni

Hal ini dikarenakan nantinya seorang Product Manager harus mampu bekerja dengan banyak departemen, meliputi bagian penjualan, penelitian dan pengembangan, periklanan, hubungan masyarakat, dan bahkan pengiriman. Jadi ia harus mengerti cara berkomunikasi yang baik, mulai dari presentasi, memimpin rapat hingga melakukan negosiasi.

5. Punya peran penting di perusahaan 

Seorang lulusan Product Management nantinya akan memiliki peran yang penting bagi perusahaan. Pada awalnya ia harus memahami seluruh aspek bisnis perusahaan sehingga bisa mengatur aspek kerja tim. Sehingga  mereka diharapkan akan menghasilkan suatu produk yang berkualitas tinggi, sesuai standar perusahaan, dan sukses di pasaran.

Tahukah kamu bahwa gaji seorang Product Manager di USA dapat mencapai 67 juta bahkan sampai ratusan juta per bulannya? Kalau di Indonesia ada di kisaran belasan, bahkan hingga puluhan juta rupiah untuk level senior. Jumlah yang cukup besar, kan? Namun jumlah tersebut sangat sepadan karena profesi ini sangat penting dalam suatu perusahaan dengan tanggung jawab cukup besar yang mengiringinya. Nah, apakah kamu tertarik untuk ambil S2 Product Management?

Dapatkan banyak info soal jurusan product management hanya di 

TOP MAJORS ONLINE EDUCATION FAIR 2020