5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kuliah di UK
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kuliah di UK

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kuliah di UK

Bukan hanya biaya kuliah dan universitas ternamanya saja, ini yang perlu kamu tahu kalau ingin kuliah di UK! Siapa tahu kamu bisa melakukan persiapan juga nih

UK adalah salah satu negara terfavorite untuk kuliah di luar negeri. Tentu karena banyak alasan. Selain karena kualitas pendidikan, UK menawarkan lingkungan belajar unik dengan keestetikan budayanya. Apakah kamu juga ingin kuliah di UK? Sudah cari tahu tentang negara ini? Biar gak terlalu culture shock, ini dia 5 hal yang perlu kamu tahu sebelum kuliah di UK

1. Dokumen yang kamu butuhkan

Sebelum daftar kuliah di UK, kamu perlu menyiapkan berbagai dokumen seperti: 

  • Valid passport
  • Visa, yaitu visa khusus pelajar yang harus kamu miliki yang bernama Visa Pelajar Tier 4
  • Identitas personal, bisa berupa KTP dan SIM
  • Confirmation of Acceptance for Studies (CAS), biasanya dikeluarkan oleh universitas
  • Travel insurance

 

2. Biaya hidup di kota-kota populer

Ini yang paling menjadi pertimbangan selain biaya kuliah. Gaya hidup di negara ini berbeda dibanding lainnya. Ketika kamu tinggal di kota besar, yaitu London, kamu memerlukan biaya hidup per bulannya sebesar USD 1,148 atau IDR 16 juta.

Berikut ini adalah kota-kota yang terkenal untuk menjadi tempat studi lainnya sekaligus biaya hidup yang kamu persiapkan (tanpa biaya sewa tempat tinggal)

  • Manchester: USD 924 atau IDR 13,2 juta
  • Leeds: USD 910 atau IDR 13 juta
  • Edinburg: USD 894 atau IDR 12,8 juta
  • Brimingham: USD 884 atau IDR 12,6 juta

 

3. Aplikasi yang wajib kamu punya

Siap terbang ke UK? Pastikan aplikasi ini sudah terinstall di HP mu. Ada aplikasi untuk bepergian, yaitu Too good to go dan Trainline. Bingung bayar makan bareng temen bisa pakai aplikasi Splitwise.

Aplikasi untuk mahasiswa yang suka baca dan mencatat adalah download Evernote dan Studentbeans. Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan selama kuliah di UK. Kalau kamu ingin mengikuti event-event di sekitarmu dan takut ketinggalan, kamu bisa pasang aplikasi Eventbrite di ponselmu.

 

4. Cuaca dan Iklim di UK

UK memiliki 4 musim yang berbeda, yaitu musim salju, semi, panas, dan gugur. Dari keempat musim ini ada tanda-tanda cuaca yang perlu kamu perhatikan. Memperhatikan musim juga bikin kamu nggak salah kostum saat kuliah nanti.

Untuk musim salju, biasanya cuacanya dingin dan berawan dengan suhu 4ºC. Kalau musim semi, biasanya berudara sejuk dan sinar matahari bersinar cerah biasa. Di musim panas udara sangat panas kadang juga turun hujan. Suhu pada musim ini bisa mencapai 32ºC. Yang terakhir adalah musim gugur, musim yang banyak disukai orang karena gugurnya dedaunan dapat membuat jalanan di taman berwarna-warni dan terlihat indah.


5. Makanan yang harus kamu coba di UK

Kalau kamu tidak tahu makanan-makanan recommended di UK, mungkin kamu hanya akan makan roti panggang atau sandwich. Nah, kamu harus tahu dan mencoba steak & kidney pie. Kamu juga bisa makan ikan dan chips, kombinasi yang fresh dan unik. Bisa juga kamu mencoba leher domba dan tulang domba yang telah dipotong dan diolah jadi sup, yaitu welsh cawl stew.


Sebagai mahasiswa mandiri yang kuliah di UK, hal-hal di atas perlu dicatat nih. Ingin tahu detail biaya hidup di kota-kota lain di UK? Konsultasi dulu dengan Vista Education yuk untuk bisa mengetahui persiapan lainnya yang tidak boleh ketinggalan. Kamu juga bisa mengikuti TOP 5 Favorite Countries Education Fair yang diselenggarakan di 4 kota. Cek disini untuk cari tahu jadwalnya.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !