5 Pekerjaan Paling Dicari Pasca Pandemi

Pekerjaan paling dicari setelah pandemi berlalu

Sudah lebih dari setengah tahun COVID-19 menyebar di seluruh dunia. Banyak bidang usaha yang tidak bisa berjalan seperti biasa pada saat pandemi. Dampaknya, para pengusaha terpaksa memotong gaji karyawan atau bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja. Beberapa usaha juga terpaksa harus gulung tikar karena berhentinya kegiatan produksi. 

Namun nanti ketika pandemi COVID-19 berakhir, aktivitas ekonomi ini diharapkan perlahan berjalan normal kembali. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang diprediksi paling banyak dicari setelah pandemi.

  1. Data Analyst

Data Analyst bertanggung jawab menyusun laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen perusahaan. Setiap bisnis mengumpulkan data, misalnya data penjualan, riset pasar, logistik, dan biaya transportasi. Data Analyst menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis terbaik. Sehingga data akan berguna untuk menentukan harga produk baru yang akan diluncurkan, cara meminimalkan biaya transportasi, bahkan menentukan berapa banyak pegawai yang harus bekerja pada hari Sabtu.

  1. Web Developer

Persebaran COVID-19 membuat kita tidak bisa bebas beraktivitas di luar rumah. Segala kegiatan mulai dari belajar sampai bekerja dilakukan secara online. Beberapa situs online pun banyak diakses. Di masa depan perusahaan yang memaksimalkan layanan via website akan bertambah. Tak heran jika profesi web developer akan dibutuhkan untuk membuat dan mengelola website agar lebih menarik di mata konsumen. Terlebih lagi profesi ini bisa dilakukan dari mana saja.

  1. Digital Marketing

Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada kondisi bisnis di segala sektor. Sehingga saat nanti pandemi berakhir banyak pelaku usaha yang membutuhkan ahli-ahli pemasaran yang kreatif sehingga diharapkan dapat membawa bisnis mereka kembali pulih, misalnya ahli pemasaran di bidang pariwisata.

  1. Tenaga Kesehatan

Saat ini sudah banyak tenaga medis yang menjadi korban COVID-9. Padahal mereka adalah garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19. Tidak menutup kemungkinan kalau nantinya kebutuhan akan tenaga medis, seperti dokter dan perawat, semakin banyak selama virus ini masih ada, meskipun pandemi sudah berakhir.

  1. Bidang Hospitality

Berakhirnya pandemi berarti kabar baik untuk kalian yang sudah suntuk berada di rumah aja. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memprediksi produk ekowisata nantinya akan banyak diminati wisatawan domestik maupun mancanegara pasca pandemi COVID-19. Wisata outdoor diprediksi akan paling cepat pulih. Sehingga dibutuhkan banyak pekerja untuk sektor ini. Para pelaku bisnis di bidang ini kemungkinan akan merekrut kembali karyawan lama bahkan juga melakukan rekrutmen karyawan baru.

Itulah beberapa pekerjaan yang diperkirakan paling dicari setelah pandemi berakhir. Sebagian besar berkaitan dengan teknologi, pemasaran, dan pariwisata. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!