5 Tips Mempersiapkan Kuliah S2 di Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Tips Mempersiapkan Kuliah S2 di Luar Negeri

5 Tips Mempersiapkan Kuliah S2 di Luar Negeri

Melanjutkan studi ke jenjang S2 tentunya bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga. Terlebih jika pendidikan S2 kamu tempuh di luar negeri, maka kamu akan dapat mengembangkan karir dan kehidupan pribadi. Hal yang penting saat kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri adalah persiapan. Kamu perlu persiapan yang matang dan teliti agar bisa menghindari masalah atau kesulitan saat berada di sana. Berikut 5 tips mempersiapkan kuliah S2 di luar negeri:

 

  1. Pilih program studi yang tepat 

Kamu harus memilih program studi yang sesuai dengan minat dan tujuan karir. Pastikan program studi tersebut memiliki reputasi yang baik dan diakui secara internasional. Kamu bisa mencari informasi mengenai kampus dan program studi melalui internet atau dengan bertanya pada teman yang sudah pernah kuliah di luar negeri. 

  1. Riset universitas dan negara tujuan 

Selain program studi, pastikan kamu juga memilih kampus dan negara tujuan yang tepat. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai kondisi politik, ekonomi, sosial, dan keamanan di negara tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa universitas memiliki fasilitas dan sistem pendidikan yang memadai. Dengan demikian, hal tersebut mampu mendukung pengembangan dari kegiatan pembelajaran. 

Baca juga: 6 Alasan Kamu Perlu Ambil Gelar Master atau S2

S2 di luar negeri

 

  1. Persiapkan dokumen penting 

Dalam persiapan kuliah S2 di luar negeri, dokumen yang diperlukan tentunya berbeda-beda tergantung pada negara dan universitas tujuan. Namun, beberapa dokumen penting yang biasanya diperlukan antara lain ijazah, transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, surat rekomendasi, dan CV. Nah, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan teliti dan sesuai persyaratan yang diminta. 

  1. Periksa persyaratan visa dan finansial 

Setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda untuk visa pelajar. Pastikan kamu memiliki informasi yang akurat dan up-to-date mengenai hal tersebut. Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan dana untuk kuliah, biaya hidup, transportasi, asuransi, dan yang lainnya. Fyi, beberapa negara mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan. 

Baca Juga : Biaya Kuliah S2 di Berbagai Negara 

  1. Pelajari budaya dan bahasa 

Pada awalnya, mungkin akan sulit untuk beradaptasi dengan budaya dan bahasa baru di negara tujuan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari budaya dan bahasa sebelum berangkat ke luar negeri. Kamu bisa mencari buku atau sumber belajar online mengenai budaya dan bahasa negara tujuan. Selain itu, kamu bisa bergabung dengan komunitas atau forum mahasiswa internasional untuk berbagi pengalaman dan tips. 

  1. Jangan ragu untuk menghubungi konsultan pendidikan luar negeri 

Jika dibandingkan dengan info univ lokal, mencari info terbaru kampus  luar negeri terbilang lebih sulit. Terkadang info di website juga belum 100% akurat. Kirim email juga sering membutuhkan waktu cukup lama. Salah satu solusi yang jauh lebih aman dan mudah adalah dengan meminta bantuin konsultan pendidikan seperti Vista Education. Biasanya, konsultan Vista akan mendapat berbagai info langsung dari perwakilan universitas. Bisa dipastikan jauh lebih valid bukan?

M   Mulai perjuanganmu untuk kuliah S2 di luar negeri bersama Vista Education

Vista Education adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Memiliki 200+ mitra universitas dari berbagai negara besar seperti USA, UK, Kanada, Hongkong, China, Korea Selatan, Singapore, Malaysia, Swiss, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi. Layanan Vista mencangkup tes penjurusan, pencarian universitas, negara, pendaftaran, admission, sampai akomodasi. Yuk konsultasi gratis dengan Vista sekarang via whatsapp atau isi form konsultasi

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !