6 Hal yang Perlu Kamu Hindari Saat Kuliah di Luar Negeri

6 Cara ini akan membantumu beradaptasi dengan baik selama kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri adalah ide yang menarik. Namun, dia juga punya banyak tantangan. Ketika kamu berangkat nanti, maka kamu telah berkomitmen dengan banyak hal. Bukan hanya soal pendidikan, tapi juga dengan siapa kamu bergaul dan hal apa saja yang akan kamu lakukan disana nanti. Betul, ada kepercayaan orang tua yang sedang kamu bawa. Berikut adalah hal yang bisa kamu hindari saat kuliah di luar negeri versi Vista Education

1. Jangan menganggap enteng SOP atau menganggapnya sebagai perpanjangan dari resume

Sebaiknya kamu mulai menyusun Statement of Purpose (SOP) mu sebelumnya. Pahami bahwa SOP-mu bukan hanya esai tapi juga suara kamu untuk universitas atau perguruan tinggi. Makanya dia harus dikemas dengan baik. Teliti secara seksama tentang berbagai aspek. Tambahkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikanmu sebelumnya, pengalaman kerja (jika ada), mata kuliah, universitas beserta tujuan masa depan. Jangan meremehkan SOP Anda karena penerimaan Anda sangat bergantung padanya.

2. Mengandalkan orang tak dikenal dengan mudah

Tinggal jauh dari rumah dapat menempatkan kamu pada beberapa risiko. Disarankan untuk berhati-hati saat berteman. Apalagi mengandalkan mereka. Bukannya negatif thingking, tapi lebih selalu ke waspada. Orang terdekat aja suka nikung, apa lagi orang baru ye kan? Sangat disarankan untuk menjaga jarak yang layak sampai kamu mengenal orang tersebut dengan baik. 

3.  Main-main dengan komitmen akademis-mu

Belajar di luar negeri membutuhkan biaya yang mahal. Ada kerja keras orang tua dirumah yang perlu kamu hargai. Jadi, disarankan untuk mengambil studi dengan serius dan mencurahkan sebagian besar waktu untuk memenuhi komitmen tersebut. Ada perguruan tinggi yang memberikan kredit lulus/gagal kepada siswanya. Ada yang menghitung nilai atau nilai internasionalmu ke dalam IPKmu. Hadiri semua kelas tepat waktu dan jangan lewatkan ujian apapun untuk menjaga kebersihan catatan akademikmu.

4. Jangan lewatkan kesempatan hanya karena kamu homesick

Ingat, kamu telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk belajar di negara dan universitas impianmu. Jangan lewatkan kesempatan apapun hanya karena kamu sedang rindu rumah. Lakukan semua yang kamu bisa untuk mengatasi masalah ini. Ini adalah kesempatanmu untuk menaklukkan fobiamu, untuk bertemu orang-orang dari budaya yang berbeda, dan selalu berusaha sebisa mungkin. Jangan menahan diri, manfaatkan saja kesempatan ini untuk memastikan hari esok yang lebih baik.

5. Jangan jadikan kebiasaan buruk sebagai teman 

Saat kamu belajar di luar negeri dan jauh dari keluargamu, kamu akan memiliki kebebasan penuh untuk menjalani hidup sesuai aturanmu sendiri. Kamu akan bertemu orang baru dan mendapat teman baru. Kamu juga akan diundang ke pertemuan dan pesta sosial. Yah, mirip di film-film. Mungkin kamu akan melihat berbagai kebiasaan baru. Jika kamu merasa tidak nyaman tak perlu dipaksakan.  Just be responsible and reasonable for everything.

6. Ceroboh dalam menyimpan dokumen penting

Bayangkan saja, saat kamu sampai di bandara dan saat check-in, ternyata kamu lupa tiket, paspor, dll di rumah. Pengalaman drastis ini juga dapat merusak seluruh rencana dan suasana hati. Oleh karena itu, kamu perlu menyimpan semua dokumen penting dengan kamu dan mengeceknya kembali sebelum keberangkatan. Kamu juga bisa menyimpan salinan beserta dokumen aslinya.

Yap, itulah beberapa hal yang seharusnya tidak kamu lakukan sata kuliah di luar negeri. Tetap jaga dirimu sendiri karena kamu tinggal jauh dari keluarga. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk kamu yang berencana kuliah di luar negeri. Sukses selalu!