7 Jurusan Kuliah di Australia Paling Dicari di Tahun 2024 !
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

7 Jurusan Kuliah di Australia Paling Dicari di Tahun 2024 !

7 Jurusan Kuliah di Australia Paling Dicari di Tahun 2024 !

Australia merupakan salah satu destinasi studi yang paling diminati oleh pelajar Indonesia. Sebelum memutuskan universitas impian Anda, jurusan kuliah tidak kalah penting untuk Anda pilih. Dapatkan informasi terkait 7 jurusan kuliah di Australia paling dicari di tahun 2024 !

Jurusan Kuliah di Australia yang Paling Dicari 

Kuliah di Australia sering dijadikan salah satu opsi bagi pelajar internasional terutama pelajar Indonesia karena kurikulum serta universitas yang ada sangat bergengsi. Universitas- universitas di Australia juga menawarkan berbagai jurusan yang beragam dan sistem pendidikan yang dimiliki juga sangat bersaing dengan universitas dari negara lain. Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke negeri kanguru, Anda perlu simak 7 jurusan kuliah di Australia yang paling dicari di tahun 2024! 

  1. Teknologi Informasi & IT Komputer 
    Perkembangan teknologi informasi yang pesat membuat jurusan ini sangat diminati. Jurusan yang mempelajari tentang ilmu komputer, termasuk pemrograman, sistem informasi, dan keamanan informasi. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem komputer dan aplikasinya. Australia sendiri memiliki universitas- universitas dengan jurusan teknologi informasi yang masuk dalam ranking dunia seperti: 

    a. The University of Melbourne 
    The University of Melbourne adalah salah satu universitas terkemuka di dunia. Jurusan Teknologi Informasi di universitas ini juga memiliki reputasi yang baik. Program ini diakui oleh lembaga akreditasi internasional, seperti Australian Computer Society dan Association for Computing Machinery. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai bidang teknologi informasi, termasuk ilmu komputer, sistem informasi, dan rekayasa perangkat lunak. Menurut QS World University Ranking 2023, The University of Melbourne masuk dalam ranking 41 dari universitas seluruh dunia. 

    b. UNSW atau The University of South Wales 
    Hampir sama dengan The University of Melbourne, UNSW juga menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang teknologi informasi. Jurusan teknologi informasi universitas ini juga diakui oleh Australian Computer Society dan Association for Computing Machinery. Letaknya yang ada di kota Sydney, Australia membuat UNSW juga cukup dikenal oleh pelajar internasional karena reputasinya yang secara keseluruhan baik. QS World University Ranking menetapkan jurusan teknologi informasi dari UNSW di peringkat 57 pada tahun 2023. 

    Baca Juga : UNSW Global, Pathway Program Untuk Universitas Terbaik di Australia
  2. Keuangan & Akuntansi 
    Jurusan keuangan dan akuntansi menarik bagi mereka yang tertarik pada dunia keuangan, audit, dan manajemen keuangan. Jurusan kuliah di bidang keuangan dan akuntansi mempelajari tentang bagaimana mengelola keuangan dan akuntansi suatu organisasi misalnya seperti bagaimana mencatat, menganalisa, dan melaporkan transaksi keuangan, serta bagaimana mengelola risiko keuangan dan investasi. Australia memiliki sektor keuangan yang kuat, sehingga banyak mahasiswa tertarik untuk mengembangkan karier di bidang ini. Berikut beberapa universitas dengan jurusan keuangan & akuntansi terbaik di Australia: 

    a. UNSW atau The University of South Wales 
    Jurusan keuangan dan akuntansi yang dimiliki oleh UNSW Jurusan Keuangan dan Akuntansi di universitas ini juga memiliki reputasi yang baik. Program ini diakui oleh lembaga akreditasi internasional, seperti Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) dan Chartered Institute of Management Accountants (CIMA). Jurusan Keuangan & akuntansi dari UNSW juga masuk dalam ranking 21 menurut QS World University Ranking pada tahun 2023.

    b. The University of Sydney 
    Jurusan Keuangan dan Akuntansi di The University of Sydney (USYD) menawarkan program sarjana dan pascasarjana yang mempersiapkan lulusan untuk karier di bidang keuangan. Sama dengan UNSW jurusan keuangan dan akuntansi dari USYD juga sudah diakui oleh Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) dan Chartered Institute of Management Accountants (CIMA). Menurut QS World University Ranking 2023, jurusan keuangan & akuntansi miliki USYD mencapai posisi 35. 

  3. Teknik Sipil Struktur 
    Pada umumnya jurusan teknik mempelajari terkait perencanaan, perancangan, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur. Namun yang membedakan jurusan teknik sipil struktur dengan jurusan teknik lainnya adalah jurusan ini mempelajari tentang desain dan konstruksi struktur bangunan, seperti gedung, jembatan, dan bendungan. Jenjang karir setelah lulus dapat bekerja sebagai insinyur struktur, konsultan struktur, atau peneliti struktur. Australia sendiri memiliki industri teknik yang berkembang, dan lulusan teknik sering dicari oleh perusahaan di berbagai sektor. Hal ini ditunjukkan dari beberapa universitas di Australia dengan jurusan ini masuk dalam QS World University Ranking 2023: 

    a. Monash University 
    Monash University menawarkan program sarjana dan pascasarjana yang mempersiapkan lulusan untuk karier di bidang rekayasa struktur. Program-program ini menawarkan kombinasi pengetahuan teoritis dan praktikal yang dibutuhkan untuk sukses dalam industri ini. Jurusan Teknik Sipil Struktur di universitas ini juga memiliki reputasi yang baik. Program ini diakui oleh lembaga akreditasi internasional, seperti Engineers Australia dan Institution of Structural Engineers. Menurut QS World University Ranking tahun 2023, jurusan teknik sipil struktur Monash University masuk dalam ranking 31 dunia.

    b. The University of Queensland (UQ)
    Jurusan Teknik Sipil Struktur di UQ adalah pilihan yang baik bagi siswa yang tertarik dengan karier di bidang rekayasa struktur. Program ini menawarkan pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan lulusan untuk berbagai peran di industri ini. Selain menawarkan program sarjana UQ menawarkan berbagai program pascasarjana dalam bidang Teknik Sipil Struktur, termasuk master dan doktor. Program pascasarjana ini dirancang untuk mempersiapkan lulusan untuk peran kepemimpinan dan penelitian dalam industri ini. Menurut QS World University Ranking tahun 2023, jurusan dari universitas ini masuk dalam ranking 45 dunia.

    Baca Juga : Kuliah di Queensland, Australia
  4. Kesehatan 
    Program-program kesehatan menarik bagi mereka yang bercita-cita menjadi dokter, perawat, atau bekerja di bidang kesehatan publik. Jurusan ini juga mempelajari tentang berbagai aspek kesehatan manusia, termasuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit. Fasilitas kesehatan Australia memiliki reputasi tinggi secara internasional dan menjadi salah satu penunjang jurusan kesehatan di universitas menjadi paling dicari. Berikut universitas- universitas di Australia dengan jurusan kesehatan yang berhasil masuk dalam QS World University Ranking 2023: 

    a. The University of Melbourne 
    The University of Melbourne adalah universitas terkemuka di dunia dalam bidang kesehatan. Jurusan kesehatan di universitas ini juga memiliki reputasi yang baik. Program-program ini diakui oleh lembaga akreditasi internasional, seperti Australian Medical Council (AMC) dan Australian Nursing and Midwifery Accreditation Council (ANMAC). Menurut QS World University Ranking tahun 2023, jurusan kesehatan di The University of Melbourne berada di posisi ke-24 dari seluruh universitas di dunia.

    b. The University of Sydney 
    Jurusan kesehatan di The University of Sydney adalah pilihan yang baik bagi siswa yang tertarik dengan karier di bidang kesehatan. Program ini menawarkan pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan lulusan untuk berbagai peran di industri ini. Jurusan kesehatan di universitas ini menawarkan program sarjana, pascasarjana, dan profesional yang mempersiapkan lulusan untuk karier di berbagai bidang kesehatan, termasuk kedokteran, keperawatan, dan kesehatan masyarakat. Menurut QS World University Ranking tahun 2023, The University of Sydney masuk dalam urutan ke 25 dari deretan universitas dunia dengan jurusan yang sama.  

  5. Bisnis & Manajemen 
    Jurusan bisnis dan manajemen mencakup berbagai aspek seperti manajemen bisnis, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan kewirausahaan. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai aspek pengelolaan bisnis, termasuk keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasi. Jurusan ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tertarik dengan dunia bisnis dan ingin mengembangkan karier di bidang tersebut. Australia sendiri memiliki lingkungan bisnis yang dinamis, dan lulusan bisnis sering diperlukan. Universitas- universitas di Australia juga menawarkan jurusan bisnis & manajemen yang berhasil masuk dalam ranking dunia contohnya seperti: 

    a. The University of Melbourne 
    Jurusan Bisnis dan Manajemen di The University of Melbourne (UM) adalah salah satu jurusan bisnis terkemuka di dunia. Program ini menawarkan pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan lulusan untuk karier sukses di bidang bisnis dan manajemen. The University of Melbourne dengan jurusan Bisnis dan Manajemen berhasil mencapai posisi 37 dari universitas seluruh dunia menurut QS World University Ranking 2023.

    b. UNSW atau The University of South Wales masuk dalam ranking 42 
    UNSW adalah universitas terkemuka di Australia dan dunia. Jurusan Bisnis dan Manajemen di universitas ini juga memiliki reputasi yang baik. Program ini diakui oleh lembaga akreditasi internasional, seperti Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dan Association of MBAs (AMBA). Menurut QS World University Ranking 2023, UNSW dengan jurusan ini menduduki posisi ke-42 dari seluruh universitas seluruh dunia. 

  6. Ilmu Lingkungan 
    Karena kepedulian global terhadap isu-isu lingkungan, jurusan ilmu lingkungan semakin diminati. Mahasiswa dapat mempelajari keberlanjutan, perlindungan lingkungan, dan pengelolaan sumber daya alam. Jurusan ilmu lingkungan juga secara spesifik mempelajari tentang dasar-dasar ilmu lingkungan, termasuk ekologi, biologi, kimia, dan fisika. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai peneliti lingkungan, konsultan lingkungan, atau manajer lingkungan. Jurusan environmental sciences di Australia juga mulai naik daun. Tidak hanya banyak peminat yang ingin mengambil jurusan tersebut, tapi kualitas dari pengajaran yang diberikan juga sudah diakui dunia. Berikut nama universitas dengan jurusan ilmu lingkungan yang berhasil masuk QS World Ranking 2023:

    a. The University of Queensland 
    Universitas Queensland (UQ) menawarkan program sarjana dan pascasarjana yang mempersiapkan lulusan untuk karier di bidang konservasi alam, pengelolaan sumber daya alam, dan kebijakan lingkungan. Program ini menawarkan pendidikan berkualitas tinggi yang diajarkan oleh para akademisi dan profesional terkemuka. The University of Queensland dengan jurusan ilmu lingkungan mencetak prestasi di QS World University Ranking pada tahun 2023 dengan posisi ke-20 dari universitas seluruh dunia. 

    b. The University of Melbourne 
    Jurusan Ilmu Lingkungan di universitas ini juga memiliki reputasi yang baik. Program ini diakui oleh lembaga akreditasi internasional, seperti Australian Institute of Environmental Studies (AIES). Tidak kalah dengan The University of Queensland, The University of Melbourne masuk urutan ke- 23 dari universitas seluruh dunia dengan jurusan ini.

  7. Hukum 
    Jurusan hukum di Australia menawarkan pendekatan holistik untuk studi hukum, memadukan teori dan praktek untuk membentuk lulusan yang siap menghadapi tantangan kompleks di dunia hukum. Jurusan hukum di Australia menawarkan fleksibilitas yang tinggi dalam pemilihan mata kuliah. Mahasiswa dapat memilih untuk fokus pada berbagai spesialisasi hukum, seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum lingkungan, dan hukum bisnis. Ini memungkinkan para mahasiswa menyesuaikan kurikulum sesuai minat dan aspirasi karier mereka. Universitas dengan jurusan hukum di Australia juga berhasil meraih posisi di QS World Ranking pada tahun 2023 seperti: 

    a. Australian National University (ANU) 
    Jurusan Hukum di ANU menawarkan program sarjana tiga tahun yang mengarah pada gelar Bachelor of Laws (LLB). Program ini mencakup mata kuliah dasar dalam bidang hukum, termasuk hukum sipil, hukum pidana, hukum konstitusi, dan hukum internasional. Menurut QS World University Ranking tahun 2023, jurusan hukum dari universitas ini menempati posisi ke-24 dari seluruh universitas di dunia. 

    b. Monash University 
    Monash University adalah universitas terkemuka di Australia dan dunia. Jurusan Hukum di universitas ini juga memiliki reputasi yang baik. Program ini diakui oleh lembaga akreditasi internasional, seperti American Bar Association (ABA) dan Law Society of England and Wales (LSEW). Jurusan hukum dari Monash University berhasil masuk ranking ke-40 dari seluruh universitas seluruh dunia menurut QS World University Ranking 2023

    Baca Juga : Daftar Pekerjaan Untuk Para Lulusan Jurusan Hukum

Kuliah di Australia bersama Vista Education 

Australia selalu menjadi opsi studi bagi pelajar internasional karena menawarkan pengalaman belajar yang sangat variatif. Jurusan dari tiap universitas juga menyajikan pengalaman studi yang berkualitas dan tentunya menunjang setiap muridnya untuk memiliki karir yang cemerlang setelah lulus. 

Vista Education mempunyai pengalaman lebih dari 25 tahun dalam bidang pendidikan. Didirikan pada tahun 1998, Vista Education telah berhasil memberangkatkan puluhan ribu murid ke negara dan universitas impian mereka. 

Persiapkan kebutuhan kuliah di luar negeri Anda bersama Vista Education, Anda bisa menghubungi kami dengan klik tombol WhatsApp atau isi datamu disini. 

 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !