7 Pekerjaan Anti Mainstream untuk Lulusan S2 Bisnis

7 Pekerjaan Untuk Lulusan Bisnis yang Lagi Booming nih

Ketika para lulusan MBA bekerja sebagai konsultan manajemen atau bankir. Sebenarnya ada banyak jenis karir lain yang bisa mereka pilih. Program MBA menawarkan kurikulum yang fleksibel dan interdisipliner. Hal ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil mata kuliah di luar sekolah bisnis jika kelas tersebut relevan dengan jalur karir mereka. Berikut adalah tujuh pekerjaan pasca-MBA yang bisa dibilang out of the box  karena tidak hanya berfokus pada konsultasi atau keuangan.

1. Supply chain atau operations management jobs  

Bidang operasional itu menarik, tapi ini juga menjadi bidang studi yang sering diabaikan dalam kurikulum MBA. Padahal, operasional sebuah perusahaan benar-benar berpengaruh dalam sisi bisnis. Operasional bisa mencangkup : 

  1. Rencana atau strategi Sumber bahan
  2. Produktivitas dan efisiensi manufaktur
  3. Pengiriman dan logistik
  4. Sistem pengembalian untuk produk yang cacat atau tak laku

Dunia mencatat bahwa digital retailer seperti perusahaan pengiriman bahan makanan online FreshDirect sering kali bersemangat untuk mempekerjakan lulusan MBA, karena perusahaan-perusahaan ini mencari cara yang hemat biaya untuk membawa produk ke konsumen.

2. Data analytics jobs

Posisi ini melibatkan interpretasi data untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru. Data merupakan aset yang berharga dalam dunia bisnis, sehingga lulusan MBA yang ahli dalam menginterpretasikan data merupakan karyawan yang menarik di berbagai industri. Saat ini, sebagian besar perusahaan menekankan pengambilan keputusan berdasarkan data. Pengusaha sangat ingin mempekerjakan lulusan MBA baru yang memiliki pelatihan dalam pemodelan prediktif, ilmu membuat prakiraan bisnis yang akurat, karena wawasan ini dapat memberi perusahaan keunggulan kompetitif

3. Posisi Manajemen Pendidikan Tinggi

Pekerja lulusan MBA memiliki keterampilan yang diperlukan untuk membantu perguruan tinggi dan universitas bersaing untuk menarik siswa. Institusi pendidikan tinggi sering kali memperkenalkan program akademik yang ditargetkan untuk siswa dengan minat karir yang sangat terfokus. Mengingat meningkatnya popularitas program pembelajaran online, perguruan tinggi mencari metode akurat untuk mengukur efektivitas pengajaran dalam program tersebut dibandingkan dengan bentuk pengajaran tatap muka yang lebih tradisional. Sehingga ada peluang baik di sisi analitis maupun di sisi pemasaran dan keuangan.

4. Posisi kepemimpinan di perusahaan mode, olahraga dan hiburan

Menurut para ahli, di ketiga industri ini, membutuhkan lulusan MBA . Pasalnya, mereka terlatih melakukan analisis yang cermat tentang jenis produk dan layanan yang ingin dibeli konsumen. Cara Withers Shaw, pendiri dan presiden Briteboard Marketing (sebuah perusahaan yang membantu mempromosikan film) yang sebelumnya meng-handle pemasaran dengan Twentieth Century Fox dan Walt Disney Co., mengatakan bahwa gelar MBA sangat berharga dalam industri film. Gelar MBA-nya membantunya mengembangkan keterampilan analitis kuantitatif dan kualitatif yang diperlukan untuk menguraikan preferensi penonton bioskop dan menentukan jenis film yang kemungkinan besar akan menjadi hit box office.

5 Pekerjaan perusahaan yang berfokus pada kelestarian lingkungan dan inovasi

Banyak perusahaan besar mencari cara untuk membuat praktik bisnis mereka lebih ramah lingkungan. Juga banyak perusahaan mencoba menemukan dan menerapkan kebijakan yang akan mendorong kreativitas di antara karyawannya. Lulusan MBA dapat bekerja di salah satu dari dua jenis perusahaan ini.

6. Peran manajemen dalam industri makanan dan minuman

Meredith Meyer Grelli, salah satu pendiri dan salah satu pemilik perusahaan alkohol Wigle Whiskey, mengatakan bahwa gelar MBA bermanfaat dalam industrinya. Dia menekankan bahwa eksekutif di bidangnya memiliki gelar MBA . Mereka memiliki keunggulan kompetitif yang luar biasa dan kerangka berpikir yang tidak dimiliki kebanyakan orang di industri ini.

7. Pendiri perusahaan

Calon wirausahawan yang memilih untuk mengikuti sekolah bisnis pascasarjana mendapatkan peluang koneksi yang berharga. MBA memberi kamu akses ke beragam individu. MBA memberikan pelajaran berharga bagi seseorang yang ingin mendirikan perusahaan sendiri. Termasuk mencakup jenis-jenis pengetahuan bisnis yang dapat digunakan siswa untuk menjadi wirausahawan sukses di berbagai industri.

Ternyata pekerjaan yang ‘tak biasa’ untuk lulusan S2 Bisnis cukup beragam, ya. Hampir seluruh sektor bisnis bisa kamu bidik, lho! Jadi kamu tak perlu ragu lagi untuk ambil program master ini karena peluang karirmu sangat luas nantinya. 

Cari tahu lebih lengkap tentang jurusan Bisnis hanya di

TOP MAJORS ONLINE EDUCATION FAIR 2020