7 Universitas di Australia yang banyak orang Indonesianya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

7 Universitas di Australia yang banyak orang Indonesianya

7 Universitas di Australia yang banyak orang Indonesianya

Temukan universitas di Australia yang banyak orang Indonesianya! Dapatkan informasi lengkap tentang kampus-kampus yang populer di kalangan mahasiswa Indonesia.

Memilih universitas untuk melanjutkan studi di luar negeri, khususnya di Australia, bisa menjadi hal yang membingungkan. Selain reputasi dan kualitas pendidikan, banyak calon mahasiswa yang juga mempertimbangkan jumlah mahasiswa Indonesia di sana.

Alasannya beragam, mulai dari mencari komunitas suportif, kemudahan adaptasi, hingga peluang berjejaring sesama warga indonesia.

Nah, berdasarkan data resmi dan laporan dari beberapa sumber, berikut beberapa universitas di Australia yang populer di kalangan mahasiswa Indonesia dan cukup banyak orang Indonesia yag memutuskan melanjutkan study kesini:

1. Monash University

Monash University adalah universitas riset publik yang telah berdiri sejak 1958 dan terletak di Melbourne, Victoria, Australia. Universitas ini adalah salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa paling banyak dan termasuk dalam Group of Eight, asosiasi universitas riset terkemuka di negara ini. Monash University berada di peringkat ke-58 secara global dan memiliki acceptance rate sekitar 40%.

Monash University sendiri memiliki populasi mahasiswa Indonesia yang besar serta terdapat komunitas mahasiswa Indonesia yang aktif dan beragam, sehingga memudahkan adaptasi mahasiswa baru dari Indonesia.

2. University of Melbourne

University of Melbourne adalah universitas riset publik yang didirikan sejak 1853 dan terletak di kota Melbourne, Victoria, Australia. Universitas ini adalah salah satu universitas tertua di Australia dan berada di peringkat ke-37 dunia. University of Melbourne memiliki acceptance rate yang cukup besar, yakni sekitar 70 hingga 80 persen, membuatnya menjadi tujuan populer bagi siswa internasional, termasuk Indonesia

University of Melbourne juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang melibatkan komunitas Indonesia, seperti Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) cabang Melbourne.University of Melbourne juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang melibatkan komunitas Indonesia, seperti Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) cabang Melbourne.

3. University of Sydney

University of Sydney adalah universitas riset public yang telah berdiri sejak 1850 dan terletak di kota Sydney, New South Wales, Australia. Universitas ini adalah salah satu universitas tertua di Australia dan berada di peringkat ke-40 dalam ranking dunia. University of Sydney memiliki acceptance rate sekitar 40% dan termasuk salah satu universitas terbaik di Australia

Dikenal sebagai salah satu universitas tertua di Australia, University of Sydney memiliki reputasi yang kuat dalam bidang akademik dan penelitian. Universitas ini juga menawarkan berbagai program beasiswa bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia. Banyak mahasiswa Indonesia tertarik melanjutkan kuliah di universitas ini karena lokasinya yang berada di kota Sydney, salah satu kota paling ikonik di Australia dengan berbagai fasilitas dan kesempatan kerja yang luas.

4. University of Queensland

University of Queensland adalah universitas riset public yang terletak di Brisbane, Queensland, Australia. Universitas ini memiliki banyak jenis gelar, dari asosiasi hingga sarjana, pascasarjana, doktoral, dan master. University of Queensland berada di peringkat ke-47 dunia dan menjadi pilihan populer bagi mahasiswa Indonesia. 

UQ juga terkenal dengan kampusnya yang indah dan program-program akademiknya yang unggul. Universitas ini memiliki jaringan alumni yang kuat di Indonesia dan sering mengadakan acara-acara untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan alumni.

5. University of Adelaide

University of Adelaide adalah universitas riset public yang telah berdiri sejak tahun 1874 dan terletak di Adelaide, South Australia, Australia. Universitas ini populer di kalangan mahasiswa Indonesia dan memiliki fakta-fakta yang menarik, seperti memiliki 5 pemenang Nobel, dan memiliki 110 Rhodes Scholars dan 142 Fullbright Scholars.

Mahasiswa Indonesia di University of Adelaide  juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan akademik.

Baca juga artikel menarik lainnya : Apakah Kuliah di Australia Ada Skripsi? Cek, Jawabannya Disini!


6. Australian National University (ANU)

Australian National University yang berada di Canberra, ibu kota Australia, juga menjadi kampus favorit bagi pelajar Indonesia melanjutkan study.

ANU dikenal sebagai salah satu universitas riset terbaik di dunia dengan fokus pada kualitas pendidikan yang tinggi. Mahasiswa Indonesia di ANU biasanya terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dan budaya yang diorganisir oleh PPIA cabang ANU.

7.  Curtin University

Universitas ini terletak di Perth, Western Australia dan merupakan universitas yang terkenal dengan program studi di bidang sains dan teknologi.

Banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan study ke universitas ini karena biaya hidup di Perth tergolong paling murah di antara kota-kota besar Australia selain itu juga iklim di Perth cenderung lebih sejuk dibandingkan kota lain di Australia.

Universitas-universitas di Australia diatas menawarkan berbagai program studi yang berkualitas tinggi dan lingkungan yang ramah bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia. 

Komunitas mahasiswa Indonesia yang kuat di berbagai universitas diatas dapat membantu memudahkan proses adaptasi dan memberikan dukungan sosial yang dibutuhkan selama berkuliah disana. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak mahasiswa Indonesia yang memilih Australia sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka.


Punya Impian kuliah di Australia? Konsultasikan persiapan mu bersama Vista Education!


Ada banyak universitas di Australia yang menjadi partner Vista, lho. Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpi Anda kuliah ke Australia. Kami berpengalaman sejak tahun 1998 dan telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri terutama ke australia. 

Tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan.

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami disini atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !