Apa itu Industry Placement ?

Apa itu Industry Placement ?

Pernah mendengar tentang industry placement? Industry placement atau penempatan industri adalah pembelajaran berbasis tempat kerja yang membantu siswa untuk lebih mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja dan mengembangkan keterampilan praktis serta akademis sesuai dengan program studi mereka.  Industry placement juga dapat membantu mahasiswa memutuskan mereka ingin bekerja di bidang apa sehingga membuat keputusan karier lebih mudah karena telah memiliki wawasan tentang setiap aspek perusahaan.

Selama penempatan industri, kamu akan memperkuat dan memperluas pengetahuan dan keterampilan yang telah kamu pelajari di kampus dengan bekerja di lingkungan operasional yang nyata. Ada kampus yang memfasilitasi siswanya untuk mendapatkan penempatan di perusahaan yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan kampus. Namun ada kalanya  siswa harus rajin mencari informasi dan memantau terus jika sewaktu-waktu perusahaan membuka kesempatan untuk penempatan industry, sehingga siswa perlu menginformasikan ke kampus. 

Berapa lama durasi Industry placement?

Industry placement harus diselesaikan sampai akhir sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Mahasiswa sarjana melaksanakannya selama satu tahun, sementara mahasiswa Magister perlu melakukan satu kali penempatan industri selama enam bulan. Menerima gaji atau tidak tergantung pada perusahaan yang kamu tempati. Karena penempatan industri adalah bagian wajib dari kuliahmu yang harus kamu tempuh. Sehingga perusahaan tidak wajib menggajimu. Namun ada juga  beberapa perusahaan berbaik hati memberikan imbalan untuk kinerjamu disana. 

Apa untungnya mengikuti industy placement?

Ada banyak keuntungan dari penempatan industri meskipun proses pengajuannya memakan waktu dan kompetitif, apalagi kalau tujuanmu adalah perusahaan ternama. Namun akan mendapatkan pengalaman berharga karena kamu akan memperoleh manfaat berikut ini: 

  • Kesempatan yang bagus untuk menambah daftar pengalaman di Curriculum Vitae-mu, yang mungkin akan membuatmu lebih di-noticed oleh perusahaan yang kamu lamar nanti
  • Kamu akan lebih siap bekerja dan lebih percaya diri karena sudah merasakan langsung pengalaman di dunia kerja setelah menyelesaikan industry placement
  • Jika kinerjamu bagus saat mengikuti industry placement, bukan tidak mungkin jika perusahaan memintamu kembali untuk bekerja disana secara profesional 

Blue Mountains International Hotel Management School (BMIHMS) adalah salah satu kampus yang memiliki program industry placement untuk mahasiswanya. Bidang manajemen perhotelan memang memerlukan penempatan langsung di lapangan agar mahasiswa merasakan sendiri bagaimana lingkungan dan suasana kerja di industri hospitality tersebut. Berikut adalah daftar lokasi sebaran industry placement BMIHMS, baik di Australia ataupun di luar negeri:

1.       InterContiental Grand Stanford, Hong Kong

2.       Marina Bay Sands, Singapore

3.       Mandapa, a Ritz Carlton Reserve, Bali

4.       Marco Polo Shenzen

5.       W Hotel, Bangkok

6.       Disney International Programs, Florida, USA         

7.       The Ritz Carlton, Kyoto  

8.       The Peninsula Tokyo        

9.       St Regis, Singapore          

10.   Rosewood Abu Dhabi

11.   Four Seasons Hotel, Sydney

12.   Hamilton Island

13.   Park Hyatt, Melbourne

14.   Sofitel Brisbane Central

15.   Westin Melbourne

16.   Meriton Suites

17.   Sheraton Grand Mirage, Port Douglas

18.   Hilton Cairns 

19.   Intercontinental Perth

20.   International Convention Center (ICC), Sydney

Nah, itu dia ulasan mengenai industry placement. Kamu dapat berdiskusi dengan tutor atau penasihat dari kampus, serta dengan orang tuamu sebelum memutuskan akan menjalankan industry placement dimana. Bagaimanapun, kamu pasti akan mendapat manfaat dan pengalaman berharga sebelum memasuki dunia kerja.

Konsultasi langsung dengan perwakilan Blue Mountains International Hotel Management School (BMIHMS) dalam Worldwide Online Education Fair 2020. Cek Infonya DI SINI