Apa itu Program Foundation ?

Foundation adalah sebuah program yang menjembatani para lulusan SMA menuju perkuliahan jenjang Sarjana/S1/Bachelor

Foundation adalah sebuah program yang menjembatani para lulusan SMA menuju perkuliahan jenjang Sarjana/S1/Bachelor. Dengan mengikuti program ini diharapkan mereka akan lebih siap dalam perkuliahan sarjana nantinya. Program ini ditujukan untuk para lulusan yang ingin mengambil program sarjana tetapi ada kriteria yang belum memenuhi persyaratan di universitas tujuannya, misalnya nilai akhir yang belum memenuhi syarat.

Kelebihan Program Foundation

1. Membantu memenuhi persyaratan masuk program Sarjana

Jika nilai akhir-mu yang tidak memenuhi syarat minimal yang diminta universitas, maka kamu disarankan mengikuti program foundation ini. Setelah menyelesaikan kelas Foundation dengan baik, maka kamu dapat langsung diterima di universitas, lho!

2. Meningkatkan skill Bahasa Inggris-mu

Buat kamu yang belum terbiasa berbahasa Inggris dalam berkomunikasi, ikut program Foundation deh! Selain mempelajari materi perkuliahan, disini kamu juga akan terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Jadi nantinya kamu akan memahami apa yang disampaikan dosen, memahami buku-buku pelajaran, mengerjakan tugas, mempersiapkan ujian, serta berinteraksi dengan mahasiswa lain.

3. Melatih Rasa Percaya Diri

Belajar di luar negeri yang memiliki budaya dan bahasa berbeda mungkin akan membuatmu kurang percaya diri. Disini kamu akan menghadiri kuliah dengan style univesitas. Hanya ada 15 sampai 20 siswa dalam satu kelas sehingga kamu akan lebih fokus dan interaksi dengan pengajar pun semakin maksimal. Nah, mengikuti program Foundation diharapkan akan membuatmu terbiasa dengan environment pendidikan di kampus tersebut. Sehingga kamu lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain dan siap memasuki dunia perkuliahan.

Berapa lama program Foundation berlangsung?

Biasanya program Foundation berlangsung selama satu tahun. Disini kamu akan memilih mata pelajaran yang relevan dengan jurusan yang kamu ambil nanti, yaitu sekitar 6 hingga 8 mata pelajaran tergantung program tiap universitas.

Dimana kamu dapat menemukan program ini?

Kebanyakan universitas merancang sendiri program Foundation-nya, misalnya Monash College, Trinity College, Taylor’s College, dan Curtin College. Namun ada juga lembaga yang menyelenggarakan program ini untuk universitas di Eropa, Australia, dan Amerika Serikat. Malaysia adaah salah satu negara yang memiliki banyak pilihan program fondation atau pre-university, diantaranya HEPL, Sunway University, dan Taylor’s University. 

Gimana, sudah lebih paham tentang program Foundation? Tentu masih banyak lembaga yang menyelenggarakan program ini.  Jangan ragu lagi untuk ambil program ini, ya!