Apa Perlu Membuat CV untuk Anak SMA? Ini Manfaatnya!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Perlu Membuat CV untuk Anak SMA? Ini Manfaatnya!

Apa Perlu Membuat CV untuk Anak SMA? Ini Manfaatnya!

Kalian mungkin tidak asing lagi dengan CV atau biasa yang disebut Curriculum Vitae. CV atau Curriculum Vitae atau Resume adalah dokumen yang berisi informasi tentang diri seseorang, seperti pendidikan, prestasi, keterampilan, dan pengalaman kerja. Walau biasanya CV identik digunakan untuk melamar pekerjaan tapi kamu tahu ga sih kalau CV juga bisa dipakai untuk pengajuan beasiswa dan program magang ?

Menurut survei yang dilakukan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2022, presentase pelamar beasiswa yang tidak diterima karena CV yang kurang memadai adalah sebesar 40%. Mau tau jurus jitu bikin CV anti gagal buat apply beasiswa atau magang ? Baca sampai habis ya ! 

Baca Juga : Belajar di luar negeri sejak SMA? Emang bisa? 

Bagi anak SMA, CV terkadang bukan menjadi hal yang penting tapi membuat CV sejak dini dapat memberikan manfaat bagi anak SMA lho ! di antaranya seperti : 

 

Membantu anak SMA untuk mengenal diri sendiri lebih baik 

Dalam pembuatan CV, seseorang dituntut untuk mencantumkan informasi terkait diri mereka. Tidak hanya belajar untuk mengumpulkan informasi terkait diri sendiri seperti riwayat pendidikan, keterampilan maupun prestasi. Dalam proses pembuatan CV kamu juga bisa memahami keterampilan atau pengalaman berogranisasi apa yang bisa ditingkatkan supaya memenuhi syarat beasiswa atau magang yang diinginkan.

 

Membantu anak SMA untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja 

Menurut Forbes, salah satu soft skill yang penting dimiliki oleh seorang pelamar kerja adalah planning and organization. Membuat CV bisa menjadi salah satu wadah kalian untuk berlatih dalam berpikir secara runtut, teratur dan berkesinambungan.

Baca Juga : Tips Membuat Curriculum Vitae (CV) Tanpa Pengalaman Kerja

Meningkatkan value kamu dimata pembaca CV
Hayo disini siapa yang punya segudang prestasi tapi masih bingung cara menulis CV yang baik dan benar seperti apa ? Hati-hati jangan sampai sejumlah prestasi dan skill mu jadi tidak terbaca dengan baik karena struktur CV atau penyampaianmu yang salah. Berikut beberapa tips membuat CV buat kamu yang masih pemula : 

  1. Buat CV yang singkat, padat, dan jelas. Meskipun informasi didalam CV harus ditulis secara jelas, jangan sampai kamu membuat CV lebih dari dua halaman ya ! 
  2. Format CV yang ATS Friendly. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang masih asing dengan penggunaan format ATS untuk CV. Sebenarnya ATS format itu apa sih? ATS sendiri merupakan singkatan dari Applicant Tracking System yang memudahkan perekrut pekerjaan maupun beasiswa dalam menyeleksi CV yang ada. Berikut contoh CV dengan format ATS friendly.

CV ATS friendly

Buat kamu yang masih pengen tau cara buat CV yang ATS friendly, ada beberapa platform yang menyediakan format khusus untuk hal ini. Kamu bisa cek link berikut ini ya : CV ATS Friendly agar lolos screening 

  1. Gunakan bahasa yang formal dan profesional. Selain menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baku, kalian juga harus pastikan double check sebelum memberikan CV kepada penerima yang dituju. Perhatikan dari segi tata bahasa dan ejaan yang ada didalam CV mu, jangan sampai ada kesalahan penulisan ya !

 

Jadi, tunggu apa lagi ? Kamu bisa mulai belajar dari melihat template CV yang ada di internet dan tidak lupa top up prestasi serta keterampilan kalian supaya bisa diterima di tempat magang atau universitas impian kalian ! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !