Apakah Kuliah di Australia Ada Skripsi? Cek, Jawabannya Disini!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apakah Kuliah di Australia Ada Skripsi? Cek, Jawabannya Disini!

Apakah Kuliah di Australia Ada Skripsi? Cek, Jawabannya Disini!

Skripsi di Australia, Wajib atau tidak? Baca panduan lengkap dari kami mengenai persyaratan tugas akhir di universitas - universitas Australia!

Kuliah di luar negeri, khususnya di Australia, telah menjadi pilihan yang semakin populer bagi banyak pelajar dari Indonesia. Salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak pelajar indonesia yang ingin melanjutkan study ke australia adalah apakah kuliah di Australia memiliki sistem skripsi seperti yang ada di Indonesia?

Nah, di Artikel ini kami akan menjelaskan sistem pendidikan tinggi di Australia, khususnya mengenai tugas akhir atau skripsi, serta perbandingannya dengan sistem di Indonesia.

Sistem Pendidikan Tinggi di Australia


Pendidikan tinggi di Australia terdiri dari dua jalur utama, yakni : jalur universitas dan jalur pendidikan dan pelatihan kejuruan (Vocational Education and Training atau VET). Universitas di Australia menawarkan berbagai program mulai dari tingkat sarjana (undergraduate), pascasarjana (postgraduate), hingga doktoral (PhD).

Lalu Apakah Kuliah di Australia Ada Skripsi? Berbeda dengan di Indonesia, kuliah di Australia tidak mewajibkan skripsi sebagai syarat kelulusan untuk program sarjana (S1).  

Program sarjana di Australia umumnya merupakan program berbasis coursework, di mana tidak ada istilah skripsi, tesis, atau penelitian. Mahasiswa dianggap lulus jika mereka berhasil menyelesaikan semua mata kuliah yang diambil dengan jumlah kredit tertentu.

Jadi, Bagaimana Kelulusan Mahasiswa S1 di Australia Tanpa Skripsi?

  • Harus Menyelesaikan SKS: Mahasiswa di Australia diharuskan menyelesaikan seluruh mata kuliah dengan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang telah ditentukan.

  • Mencapai nilai minimum: Setiap mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa memiliki nilai minimum yang harus dicapai untuk lulus. Nilai minimum ini bervariasi tergantung pada universitas dan jurusan, jika hasil yang didapatkan oleh mahasiswa kurang hal ini juga berpengaruh ke kelulusan mahasiswa.

  • Memenuhi persyaratan lain: Selain SKS dan nilai minimum, beberapa program studi di perguruan tinggi di Australia biasanya memiliki persyaratan lain, seperti magang, presentasi akhir, atau membuat portofolio.

Meskipun tidak ada skripsi di Australia, bukan berarti mahasiswa tidak bisa melakukan penelitian. Di Australia, penelitian merupakan bagian penting dari perkuliahan.

Mahasiswa akan dilibatkan dalam proyek penelitian di bawah bimbingan dosen, dan hasil penelitian tersebut nantinya dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah atau dipresentasikan di konferensi.

Baca artikel kami lainnya : Ini Dokumen Yang Diperlukan Untuk Mendaftar Kuliah di Australia


Bagaimana dengan Program Pascasarjana (S2) Di Australia ?

Untuk program S2 di Australia, ada dua pilihan yang bisa diambil oleh mahasiswa, yakni antara menulis tesis atau mengikuti ujian akhir. Pilihan ini biasanya diberikan di awal pendaftaran program.

  1. Tesis: Bagi yang ingin memperdalam pengetahuan dan melakukan penelitian mandiri, menulis tesis bisa menjadi pilihan tepat.

  2. Ujian akhir: Sedangkan bagi yang ingin fokus pada aplikasi praktis dari ilmu yang sudah dipelajari, mengikuti ujian akhir bisa menjadi pilihan yang efisien.

Kuliah di Australia Memang  tidak mewajibkan mahasiswa untuk mengerjakan skripsi untuk program S1, mahasiswa di Australia dapat memilih program yang sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka dan lebih berfokus pada coursework, sistem coursework sendiri lebih fokus pada pengembangan keterampilan praktis dan pemahaman konsep melalui berbagai tugas serta penilaian. 

Hal ini tentu sangat berbeda dibandingkan dengan sistem di Indonesia, bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Australia, penting untuk memahami perbedaan ini dan memilih program yang sesuai dengan kebutuhan akademis Anda.

Lihat juga artikel kami lainnya : Kuliah di Australia Apakah bisa sambil kerja? Ini Jawabannya


Punya Impian kuliah di Australia? Mulai persiapan mu bersama Vista Education!


Ada banyak universitas di Australia yang menjadi partner Vista, lho. Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpi Anda kuliah ke Australia. Kami berpengalaman sejak tahun 1998 dan telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri terutama ke australia. 

Tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan.

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami disini atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !