Bagaimana sih Prospek Jurusan Data Analyst?

Bedah Tuntas Jurusan Data Analyst

Perkembangan teknologi dan informasi membuat banyak data beredar cepat di berbagai media. Inilah yang dikenal dengan istilah big data. Peredaran big data sangat penting dalam pengambilan keputusan penting, mulai dari sisi bisnis hingga kebijakan. Hal ini berdampak pada semakin tingginya permintaan profesional degan kemampuan mengolah dan menganalisis data. Namun di Indonesia tidak banyak program studi yang fokus di bidang ini. Untungnya, dia sudah cukup popular di luar negeri. Kamu bisa ambil jurusan data analyst di beberapa universitas pilihan diantaranya :

  • Louisiana State University
  • Boston University
  • University of Chicago, dll


Apa itu Data Analyst?

Data analyst memiliki banyak sub kategori, sehingga banyak profesi yang namanya bukan “data analyst” namun pekerjaannya tergolong sebagai data analyst. Misalnya, Operations Analyst, Marketing Analyst, hingga Financial Analyst. Seorang Data Analyst bertanggung jawab untuk menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang bisa dimengerti oleh pihak manajemen. Setiap perusahaan pasti membutuhkan data penjualan, riset pasar, logistik, sampai biaya transportasi. Pada era digital saat ini kebutuhan terhadap Data Analyst juga meningkat, apalagi dengan semakin menjamurnya perusahaan rintisan dan startup berbasis teknologi.

Apa yang harus dikuasai seorang Data Analyst?

1. Seorang Data Analyst harus menguasai ilmu tentang analisa dan perhitungan yang memang sangat dibutuhkan di profesi ini

2. Kamu dituntut untuk mampu mempelajari suatu persoalan dengan teknik dan kerangka kerja yang sistematis

3. Kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena kamu perlu menjelaskan hal-hal teknis, menilai kemajuan bisnis perusahaan, dan menyampaikannya kepada orang-orang di perusahaan

4. Memahami statistika, programming, dan machine learning juga akan memudahkanmu melakukan pekerjaan ini

Bagaimana prospek karirnya?

Banyak yang mengira bahwa profesi data analyst hanya dibutuhkan di bidang statistik dan teknologi. Namun sebenarnya data analyst dibutuhkan di tiap instansi. Kamu berkesempatan untuk bekerja di instansi perbankan, instansi manajemen transportasi, asuransi, kesehatan, dan masih banyak lainnya. Hal ini karena urgensi perusahaan untuk mengolah dan mengelola data yang ada ada.

Profesi ini dianggap menjanjikan karena semakin banyaknya data yang bermunculan tiap tahunnya. Data-data ini banyak sekali muncul dari berbagai sumber, seperti media sosial, email, atau data pencarian di laman Google. Data tersebut sangat besar dan harus dikelola, karena memiliki potensi yang menjanjikan bila dimanfaatkan dengan benar. Bahkan saking menjanjikannya seorang ekonom, Hal Varian Ronald, menyebut profesi ini sebagai pekerjaan terseksi di abad ke-21.

Gaji yang didapatkan seorang data analyst juga tergolong tinggi. Jika kamu telah memiliki pengalaman di bidang ini atau sudah berada di level senior kamu bisa mendapatkan belasan hingga puluhan juta per bulannya. Beberapa perusahaan bahkan memberikan gaji yang tinggi untuk fresh graduate, lho! Wah, nominal yang cukup besar, ya? Apakah kamu juga berminat untuk menjadi seorang data analyst?

Gimana, tertarik ambil jurusan data analyst? Kalau masih ragu atau butuh banyak info, join aja ke 

TOP Major Online Education Fair 2020