Berapa Biaya Hidup di Australia Per Bulan Dalam Rupiah? Cek Disini!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa Biaya Hidup di Australia Per Bulan Dalam Rupiah? Cek Disini!

Berapa Biaya Hidup di Australia Per Bulan Dalam Rupiah? Cek Disini!

Temukan perkiraan biaya hidup bulanan di Australia dalam Rupiah dengan panduan kami. Pelajari juga tentang biaya makanan, akomodasi, transportasi, dan lainnya untuk mempersiapkan perencanaan keuangan Anda di Australia dengan baik

Australia adalah salah satu negara yang sangat diminati oleh banyak orang untuk belajar melanjutkan studi, bekerja, atau bahkan tinggal secara permanen. 

Jika Anda memiliki keinginan untuk menetap d Australia, sebelum memutuskan untuk pindah ke Australia, penting untuk memahami berapa biaya hidup yang akan Anda keluarkan perharinya. 

Biaya hidup di Australia juga dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis, gaya hidup, dan kebutuhan individu. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi estimasi biaya hidup di Australia per bulan untuk membantu Anda merencanakan secara finansial.


1. Biaya Hunian di Australia

Salah satu komponen terbesar dalam biaya hidup di Australia adalah biaya hunian. Biaya sewa atau pembelian rumah dapat sangat bervariasi tergantung pada lokasi, tipe properti, dan fasilitas yang disediakan. Secara umum, biaya hunian di pusat kota lebih tinggi daripada di pinggiran kota atau daerah pedesaan. Sebagai gambaran :

  • Biaya Hunian Di Sydney: Mulai dari AUD 2.000 hingga AUD 4.000 untuk apartemen satu kamar tidur di pusat kota. (Sekitar 22 hingga 42 juta)
  • Biaya Hunian Di Melbourne: Sekitar AUD 1.500 hingga AUD 3.000 untuk apartemen satu kamar tidur di pusat kota. (Sekitar 16 hingga 32 juta)
  • Biaya Hunian Di Brisbane: Antara AUD 1.200 hingga AUD 2.500 untuk apartemen satu kamar tidur di pusat kota. (sekitar 13 hingga 26 juta)

Catatan:

  • Sewa apartemen satu kamar tidur di pusat kota: AUD 1.500 - AUD 2.500 (sekitar 16 hingga 26 juta)
  • Sewa apartemen dua kamar tidur di pusat kota: AUD 2.000 - AUD 3.000 (sekitar 21 hingga 32 juta)
  • Biaya asrama: AUD 800 - AUD 1.200 per bulan (sekitar 9 hingga 13 juta)

Harga diatas bisa jauh berbeda Jika Anda memutuskan untuk membeli properti, biaya pembelian akan menjadi faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan, termasuk pembayaran awal dan cicilan hipotek.


Baca artikel kami lainnya : Info Lengkap Biaya Studi Berbagai Jenjang di Australia


2. Biaya Makan

Biaya makanan akan bervariasi tergantung pada gaya hidup dan kebiasaan makan. Untuk seorang individu, perkiraan biaya makanan bulanan bisa berkisar antara AUD 300 hingga AUD 600 yang jika dirupiahkan antara 3 juta hingga 6 juta. 

Namun jika Anda suka makan di luar / makan di restoran atau kafe: Sekitar AUD 15 hingga AUD 50 per makan tergantung pada tempatnya. 

Jika Anda memasak sendiri di rumah, biaya yang dikeluarkan berkisar AUD 200 - AUD 300 per minggu jika dirupiahkan sekitar 2 juta hingga 3 juta, Anda bisa lebih berhemat lagi dengan berbelanja bahan makanan di supermarket, yang biasanya berkisar AUD 80 - AUD 100 per minggu ( 900 ribu sampai satu juta rupiah perminggu)

3. Biaya Transportasi

Biaya transportasi di Australia dapat bervariasi tergantung pada apakah Anda menggunakan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Biaya bahan bakar, parkir, dan biaya perawatan kendaraan juga perlu dipertimbangkan jika Anda memiliki mobil pribadi. Berikut adalah perkiraan biaya transportasi per bulan:

  • Tiket transportasi umum: Sekitar AUD 50 hingga AUD 200 jika dirupiahkan berkisar 600 ribu hingga 2 juta, tergantung pada jarak perjalanan dan apakah Anda membeli tiket tunggal atau memiliki langganan bulanan.
  • Biaya bahan bakar dan perawatan kendaraan: Sekitar AUD 100 hingga AUD 300, jika dirupiahkan sekitar sejuta hingga tiga juta per bulan untuk mobil pribadi, namun biaya ini tetap tergantung pada jarak perjalanan dan jenis mobil yang Anda miliki. Yang perlu anda pertimbangkan lagi jika memiliki mobil pribadi yakni biaya parkir, yang berkisar AUD 5 - AUD 15 per jam 

 

Baca artikel kami yang lain : Cara Mendaftar Kuliah di Australia Dan Persyaratannya


4. Biaya Kesehatan

Di Australia, sendiri sistem kesehatannya sangat baik dan umumnya selalu diatur oleh pemerintah. Namun, biaya asuransi kesehatan tambahan mungkin diperlukan tergantung pada status visa dan preferensi pribadi. Berikut adalah perkiraan biaya kesehatan per bulan:

Asuransi kesehatan tambahan: Antara AUD 50 hingga AUD 200 jika dirupiahkan berkisar 500 ribu hingga dua juta, tergantung pada cakupan dan penyedia asuransi.


5. Biaya Hiburan dan Kegiatan Sosial

Biaya untuk hiburan dan kegiatan sosial dapat bervariasi tergantung pada preferensi individu. Berikut adalah perkiraan biaya untuk hiburan per bulan:

  • Tiket bioskop atau acara: Sekitar AUD 15 hingga AUD 30 per tiket. (sekitar 160 ribu hingga 300 ribu jika dirupiahkan)
  • Biaya Tiket konser: Sekitar AUD 50 - AUD 100 (sekitar 500 ribu hingga1 juta jika dirupiahkan)
  • Biaya keanggotaan gym atau klub olahraga: Antara AUD 50 hingga AUD 150 per bulan. (sekitar 500 hingga satu juta jika dirupiahkan)

6. Biaya Utilitas

Biaya utilitas, seperti listrik, air, dan gas, juga perlu dipertimbangkan. Biaya bulanan untuk utilitas bisa berkisar antara AUD 150 hingga AUD 250, jika dirupiahkan berkisar satu juta lima ratus hingga dua juta lima ratus tergantung pada penggunaan serta lokasi.


7. Biaya Komunikasi

Biaya untuk telepon seluler dan internet juga perlu dipertimbangkan. Paket telepon seluler dengan akses internet biasanya berkisar antara AUD 30 hingga AUD 60 per bulan, sekitar tiga ratus hingga enam ratus ribu rupiah per bulan.

 

Lihat juga artikel kami lainnya : Syarat Terbaru dan Terlengkap Pengajuan Visa Pelajar Australia


8. Pendapatan dan Pajak

Pekerja di Australia memiliki rata-rata gaji sekitar AUD 1.568 per minggu (16 juta rupiah) atau setara dengan AUD 6.272 per bulan (65 juta rupiah). 

Namun, perlu diingat bahwa gaji ini akan dipotong pajak lagi. Selain itu, biaya hidup di Australia juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti biaya utilitas, transportasi, dan kebutuhan pribadi lainnya.


Tips Menghemat Biaya Hidup di Australia

  • Masak di rumah daripada makan di luar.
  • Gunakan transportasi umum atau bersepeda daripada naik mobil.
  • Manfaatkan diskon dan promo yang ditawarkan.
  • Pilihlah akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda.
  • Anda bisa mempertimbangkan membeli barang second / preloved jika masih layak dipakai


Biaya hidup di Australia bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas. Biaya hidup di kota-kota besar seperti Sydney dan Melbourne cenderung lebih mahal daripada kota-kota kecil dan regional.

Anda dapat menghemat biaya hidup dengan memilih gaya hidup yang sederhana dan memanfaatkan tips hemat yang tersedia.

Yuk, Mulailah pendidikanmu di Australia bersama Vista Education!

Anda mempunyai impian untuk melanjutkan pendidikan ke Australia dalam jarak dekat tapi masih bingung mau mulai darimana? Hubungi vista education, Tim kami siap membantumu. Kami berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Anda tidak perlu lagi pusing, tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Yuk, segera isi form konsultasi disini untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !