Berapa Estimasi Biaya yang Perlu Disiapkan Orang Tua untuk Kuliah di Luar Negeri Anak?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa Estimasi Biaya yang Perlu Disiapkan Orang Tua untuk Kuliah di Luar Negeri Anak?

Berapa Estimasi Biaya yang Perlu Disiapkan Orang Tua untuk Kuliah di Luar Negeri Anak?

Kenapa ya banyak orang tua yang ingin anaknya kuliah di luar negeri? Banyak alasannya! Orang tua juga penasaran dengan estimasi biaya kuliah di luar negeri untuk anak? Selengkapnya ada disini

Anak menjadi lulusan universitas luar negeri? Wah! Orang tua mana yang tidak bangga. Kuliah di luar negeri adalah sebuah prestige. Perjuangannya yang panjang baik dari segi anak dan orang tua memang patut diapresiasi.  Banyak keuntungan sekaligus harapan yang dibawa oleh para mahasiswa internasional. Jadi tidaklah heran. Orang tua berlomba mengirimkan anaknya ke luar negeri untuk belajar.  Lalu, apa saja keuntungan kuliah di luar negeri tersebut? Dan, kira-kira berapa ya biaya yang perlu orang tua siapkan?

Membentuk karakter anak yang lebih kuat

Kuliah di luar negeri membentuk karakter anak yang mandiri dan disiplin. Anak juga memiliki keterampilan memanajemen uang dan waktu lebih baik. Terlebih anak akan menghadapi mata uang yang berbeda, sehingga perlu trik untuk mengatur keuangan dan kebutuhan.

Anak akan menghadapi lingkungan yang baru. Sehingga kemampuan adaptasi anak akan diasah. Bertemu teman dari berbagai latar belakang negara dipercaya akan menumbuhkan kemampuan dalam bersosialisasi. 

Meningkatkan daya saing anak ke kancah internasional

Mengirim anak untuk kuliah di luar negeri sama dengan mengirim anak untuk bersaing dengan mahasiswa internasional lain. Kompetisi terjadi bukan hanya soal akademik, tetapi juga dalam membangun kualifikasi diri. Secara tidak langsung, anak akan memiliki mental yang lebih kuat, insting survival lebih tajam dan keterampilan problem solving yang lebih baik.

Memiliki pengalaman internasional dan memperluas jaringan
Di luar negeri, akan ada banyak pengalaman yang sangat berbeda dari di Indonesia. Orang tua berharap anaknya dapat banyak pengalaman. Contohnya seperti menyerap bahasa asing, mengetahui budaya baru, atau magang di perusahaan ternama. Bayangkan, anak Anda akan pulang dengan CV super outstanding. Tertulis “lulusan universitas ternama” ditambah pengalaman kerja di perusahaan internasional bahkan sebelum lulus. 

Mudah mencari jurusan

Banyak anak mengeluh jurusan pilihannya tak ada di Indonesia. Mungkin ada, tapi belum terakreditasi. Nah, solusinya adalah kuliah di negara lain. Orang tua berbondong-bondong mengirim anaknya kuliah di luar negeri supaya anak bisa belajar hal yang diminati dan untuk mengembangkan bakatnya.

Di luar negeri sudah banyak jurusan baru dan relevan dengan kemajuan teknologi. Orang tua pun tidak perlu meragukan lagi kualitasnya. 

Mengembangkan kemampuan berbahasa

Yap, sebelum anak keluar negeri, mereka perlu mahir berbahasa Inggris terlebih dahulu. Namun, kuliah di luar negeri juga menawarkan anak untuk belajar lebih dari satu bahasa asing. Contoh, anak kuliah di Korea Selatan? Tentu, mereka perlu memahami bahasa Inggris dan Korea sekaligus. Begitu juga jika anak kuliah di Jepang, China atau negara lain. Kemampuan multi bahasa merupakan sebuah kemampuan penting. Bisa bahasa Inggris itu keren, tapi bisa banyak bahasa itu hebat!

Banyak orang tua semakin aware dengan kebutuhan pendidikan anak, pembentukan sikap anak, dan masa depan mereka. Orang tua ingin anaknya mendapat kualitas pendidikan yang lebih baik. Lantas, berapa kira-kira biaya yang perlu orang tua siapkan?

Jika anak ingin kuliah di US, biaya yang diperlukan orang tua adalah sekitar USD 20.000 – 35.000 atau IDR 286 – 501 juta. Biaya tersebut untuk jenjang graduate dan postgraduate yang biasa dibayarkan per tahun. Di UK, biaya kuliah jenjang sarjana yang harus dikeluarkan orang tua adalah GBP 11.000 – 37.000 atau IDR 19 – 725 juta per tahun.

Ada lagi nih negara yang biasa dijadikan tempat studi, yaitu Kanada. Orang tua bisa mendukung studi anak jenjang sarjana di Kanada dengan biaya sebesar CAD 550 – 30.000 atau IDR 6 – 343 juta per tahun.

Australia juga menjadi salah satu negara favorit pilihan mahasiswa. Biaya kuliah jenjang sarjana yang dibutuhkan di negara ini adalah AUD 15.000 – 45.000 atau setara dengan IDR 153 – 460 juta. Nah, orang tua juga bisa memilih Singapura sebagai tempat studinya. Biaya kuliah di universitas rata-rata sebesar SGD 21.000 atau IDR 223 juta.


Apakah sekarang orang tua sudah memiliki perkiraan estimasi biaya kuliah anak di luar negeri? Setiap negara memiliki biaya kuliah yang berbeda dengan keunggulannya masing-masing. Kalau orang tua ingin konsultasi mengenai negara yang cocok dengan bayangannya, silakan hubungi Vista Education.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !