Biaya Hidup di Singapura Dalam Rupiah
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Biaya Hidup di Singapura Dalam Rupiah

Biaya Hidup di Singapura Dalam Rupiah

Apakah biaya hidup di Singapura mahal? Temukan jawabannya dalam artikel kami yang mengulas biaya hidup di Singapura dalam rupiah, lengkap dengan tips hemat.

Singapura, negara tetangga Indonesia yang dikenal dengan kualitas pendidikan dan sistem ekonomi yang maju, menjadi tujuan populer bagi pelajar internasional. Jika Anda memiliki mimpi untuk kuliah di Singapura, Anda harus mempertimbangkan biaya hidup di Singapura sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan studi di sana. 

Berikut dibawah ini adalah gambaran biaya hidup di Singapura dalam rupiah yang dapat membantu pelajar internasional dalam merencanakan biaya hidupnya.


Biaya Hidup di Singapura untuk Kuliah


Secara umum, rata-rata biaya hidup nyaman di Singapura untuk setiap individu yakni sekitar SGD 2.651 atau setara Rp 31.167.500 per bulan.

Angka ini dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup, pilihan akomodasi, dan kebiasaan berbelanja setiap individu. Berikut adalah perkiraan biaya hidup di Singapura untuk pelajar internasional:

  • Biaya Akomodasi: Biaya sewa apartemen di pusat kota Singapura dapat mencapai SGD 2,000 – 5,000 per bulan, yang sekitar Rp 22 juta – 55 juta per bulan.

  • Biaya Transportasi: Biaya transportasi di Singapura dapat mencapai SGD 104 per bulan, yang sekitar Rp 1,1 juta per bulan, jika menggunakan kereta atau bus untuk perjalanan ke tempat kerja.

  • Biaya Makan: Untuk biaya makan di Singapura dapat mencapai SGD 450 per bulan, yang sekitar Rp 4,9 juta per bulan, jika tidak memasak sendiri dan membeli makanan di foodcourt.

  • Hiburan: Biaya hiburan di Singapura dapat mencapai SGD 150 per bulan, yang sekitar Rp 1,6 juta per bulan, jika berisi kegiatan seperti menonton film, pergi ke klub malam, atau liburan ke luar kota.

  • Kebutuhan Pokok: Biaya kebutuhan pokok seperti sabun, deterjen, dan perlengkapan mandi sekitar SGD 200 per bulan atau jika dirupiahkan sekitar Rp 2,5 juta perbulan.

*Biaya hidup di atas adalah perkiraan dan dapat bervariasi.*

Biaya hidup mahasiswa di Singapura umumnya lebih rendah dibandingkan biaya pekerja di singapura, yakni sekitar SGD 1.500 per bulan atau sekitar 18 juta. Hal ini karena banyak mahasiswa yang tinggal di asrama kampus dan mendapatkan subsidi makan.

Baca juga artikel menarik yang lain : Kuliah Bisnis di Singapura, Berikut 5 Universitas Terbaiknya!


4 Tips Untuk Menghemat Biaya Hidup di Singapura


Untuk menghemat biaya hidup di Singapura, beberapa tips dibawah yang dapat Anda terapkan adalah:


1. Mendaftar Beasiswa

Banyak beasiswa tersedia untuk kuliah di Singapura yang memberikan tunjangan biaya untuk berbagai jurusan dan jenjang studi.

2. Memanfaatkan Diskon Pelajar

Pelajar di Singapura memiliki banyak keistimewaan, termasuk pelajar internasional, dapat mengajukan MOE Tuition Grant, yang memberikan bantuan tunjangan biaya untuk pelajar yang menempuh pendidikan tinggi di universitas lokal.

3. Menghemat Pengeluaran

Menghemat pengeluaran dengan membeli makanan di foodcourt atau memasak di rumah lebih murah daripada makan di luar, menggunakan transportasi umum, dan menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan dapat membantu mengurangi biaya hidup di Singapura.

4. Gunakan transportasi publik

Anda bisa memanfaatkan MRT, bus, dan kereta api ringan yang efisien dan terjangkau. Anda juga dapat memanfaatkan promo dan diskon di supermarket, restoran, dan tempat wisata. Banyak hiburan gratis tersedia di singapura mulai dari taman, pantai dan tempat wisata gratis lainnya di Singapura.

Semoga informasi kali ini bisa membantu Anda dalam mempersiapkan anggaran dan menjalani kehidupan di Singapura!


Punya impian kuliah di Singapura? yuk, konsultasikan persiapanmu bersama Vista Education!


Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke Singapura. Kami berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami disini atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !