Biaya Kuliah di Australia dalam Rupiah
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Biaya Kuliah di Australia dalam Rupiah

Biaya Kuliah di Australia dalam Rupiah

Mau kuliah di Australia? Berikut dana yang perlu kamu siapkan!

Siapa sih yang nggak pingin kuliah di negara Australia? Yaps, Australia faktanya menjadi salah satu negara tujuan populer bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. So, buat kamu nih yang bercita-cita melanjutkan pendidikan tinggi di Australia, kamu harus tahu biaya kuliah di sana. Nah, biaya kuliah ini bisa menjadi pertimbangan kamu ke depan untuk manajemen keuangan. Lantas, biaya kuliah di Aussie tuh berapa sih? Stay tune!

Biaya Pendidikan 

Biaya pendidikan di Australia dapat bervariasi tergantung pada universitas, program studi, dan tingkat pendidikan yang kamu pilih. Universitas di Australia umumnya membebankan biaya kuliah per unit kursus yang diambil. Biaya tersebut dapat berkisar antara AUD 20.000 hingga AUD 45.000 atau Rp 199 juta hingga Rp 448 juta per tahunnya untuk program sarjana. Hal tersebut juga tergantung pada spesialisasi dan reputasi universitas. Penting untuk diingat bahwa biaya pendidikan tersebut belum termasuk biaya hidup, akomodasi, dan bahan studi lainnya. Jadi, kamu perlu memperhitungkan secara keseluruhan untuk memahami total biaya yang diperlukan. 

Baca Juga: Tinggal dan Kuliah di Adelaide, Australia 

Biaya Hidup 

Biaya hidup di Australia dapat menjadi faktor penting dalam perencanaan keuangan kamu. Biaya hidup mencakup akomodasi, transportasi, makanan, pakaian, hiburan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Biaya ini dapat berbeda tergantung pada kota di mana kamu tinggal. Kota-kota besar seperti Sydney dan Melbourne biasanya memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Secara umum, perkiraan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa di Australia adalah sekitar AUD 1.200 hingga AUD 2.500 atau setara dengan Rp 15 juta hingga Rp 25 juta. Namun, ini hanya perkiraan saja dan tentunya akan berbeda untuk setiap individu tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan pribadi. 

Baca Juga: Tinggal dan Kuliah di Perth, Australia

Kurs Rupiah-AUD 

Ketika menghitung biaya kuliah di Australia dalam rupiah, kamu perlu memperhatikan kurs rupiah-AUD yang berlaku saat itu. Kurs ini dapat mengalami fluktuasi atau perubahan dan dapat berpengaruh pada jumlah biaya yang harus kamu keluarkan dalam satuan rupiah. Saat ini, untuk tujuan perhitungan, kita dapat menggunakan perkiraan kurs rupiah-AUD sekitar 1 AUD= 10.000 rupiah. Namun, penting untuk memeriksa kurs terkini sebelum membuat perencanaan keuangan yang akurat. 


Beasiswa dan Bantuan Keuangan 

Dalam rangka membantu mengurangi beban biaya pendidikan, kamu dapat mencari beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa internasional. Banyak universitas dan lembaga pemerintah di Australia yang menawarkan beasiswa berdasarkan prestasi akademik, kebutuhan finansial, atau berdasarkan bidang studi tertentu. Beasiswa dapat memberikan bantuan keuangan yang signifikan dan tentunya bisa membantu mengurangi biaya kuliah kamu. 

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja di Australia? Emang Boleh?

Kuliah di Australia Lebih Mudah Melalui Vista Education

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !