Biaya Kuliah di China dalam Rupiah
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Biaya Kuliah di China dalam Rupiah

Biaya Kuliah di China dalam Rupiah

Jika dibandingkan dengan Inggris atau AS, biaya kuliah di China jauh lebih murah, lho. China  punya banyak universitas bergengsi, seperti Peking University, Tsinghua University, dan Zhejiang University. Kira-kira berapa biaya kuliah di China? Simak ulasan lengkapnya, yuk! 

Biaya pendaftaran

Di antara semua program yang ditawarkan oleh universitas, MBBS (Sarjana Kedokteran & Sarjana Bedah) mungkin yang paling mahal dalam hal biaya pendaftaran. Selain itu, semakin tinggi peringkat universitas, semakin mahal biaya pendaftarannya.  Rata-rata biaya pendaftaran kuliah di China adalah $100-150 (Rp. 1-1,25 juta).

Baca juga: Kuliah di China vs Kuliah di Hongkong

Biaya pendidikan

Biaya pendidikan di China tergantung pada jenis program yang kamu pilih, Biaya kuliah rata-rata berkisar dari 20.000 - 60.000 RMB atau Rp. 43 - 129 juta per tahun. Namun, program studi di bidang kedokteran, teknik, dan bisnis biasanya lebih mahal, rata-rata 159.300 - 331.885 RMB atau Rp. 342 - 712 juta per tahun.

Kuliah di China

Biaya hidup

Biaya yang kamu habiskan untuk konsumsi makanan sehari-hari tergantung kebiasaanmu. Biasanya harga makanan yang dijual di kampus bisa sangat terjangkau, yakni sekitar 6-20 RMB  / Rp. 13 - 43 ribu per porsi. Makanan di luar bisa jadi lebih mahal.

Biaya akomodasi akan lebih terjangkau jika kamu memilih tinggal di asrama kampus. Misalnya, di Beijing, rata-rata biaya sewa untuk single room adalah  2000-3000 RMB  atau Rp. 4,2 - 6,45 juta. Sementara harga sewa apartemen adalah 3000-4000 RMB  atau Rp. 6,45 - 8,6 juta. 

Keseluruhan biaya hidup di China, khususnya daerah metropolitan seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou akan berkisar 4500-5000 RMB atau Rp. 9,7 - 10,8 juta per bulan. Sedangkan kota lainnya sekitar 1500-3500 RMB atau Rp. 3,2 - 7,5 juta per bulan.

Secara umum, biaya makanan, transportasi, akomodasi, dan hiburan di Cina cukup terjangkau. Namun, di kota-kota besar, biaya sewa tempat tinggal biasanya merupakan pengeluaran terbesar bagi para pelajar internasional.

Dalam hal biaya hidup, para pelajar di Cina dapat memilih untuk tinggal di asrama kampus untuk mengurangi biaya akomodasi atau memilih untuk tinggal di luar kampus dengan harga yang lebih fleksibel.

Nah, itulah kisaran biaya yang akan kamu butuhkan jika ingin kuliah di China. Selain itu ada juga biaya visa, penerbangan, dan asuransi yang juga harus kamu siapkan, ya. 

Baca juga: 5 Alasan China Adalah Negara yang Cocok Untuk Kuliah di Luar Negeri

Yuk, mulai pendidikanmu di China bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke China. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.











 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !