Durasi Kuliah di Malaysia Komplit dari Diploma - S3
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Durasi Kuliah di Malaysia Komplit dari Diploma - S3

Durasi Kuliah di Malaysia Komplit dari Diploma - S3

Selain biaya, lama studi pasti menjadi pertimbangan sebelum kuliah di luar negeri. Di Malaysia, terdapat berbagai jenis program pendidikan yang dapat diambil mulai dari diploma hingga S3. Namun, berapa lama durasi kuliah di Malaysia untuk setiap jenjang pendidikan tersebut? Yuk simak penjelasannya lengkapnya!

 

  1. Diploma 

Diploma adalah jenjang pendidikan tinggi yang paling rendah di Malaysia. Namun demikian, jenjang ini memiliki peran penting dalam mencetak tenaga kerja terampil di bidang-bidang tertentu. Durasi kuliah diploma di Malaysia biasanya berkisar antara 1,5 hingga 3 tahun tergantung dari program studi yang diambil. Setelah menyelesaikan pendidikan diploma, lulusannya dapat melanjutkan ke jenjang sarjana atau langsung memasuki dunia kerja. 

 

  1. Sarjana (S1)

Sarjana adalah jenjang pendidikan yang paling umum diambil di Malaysia. Durasi kuliah di jenjang sarjana berkisar antara 3 hingga 4 tahun, tergantung pada program studi yang diambil. Jenjang sarjana di Malaysia dibagi menjadi dua jenis yaitu Sarjana Sains (Bachelor of Science) dan Sarjana Seni (Bachelor of Arts). Setelah menyelesaikan jenjang sarjana, lulusan dapat melanjutkan ke jenjang magister atau langsung memasuki dunia kerja. 

 

Baca Juga : Informasi Kuliah di Malaysia yang Perlu Kamu Tahu


 

  1. Magister (S2)

Magister adalah jenjang pendidikan yang diambil setelah menyelesaikan jenjang sarjana. Durasi kuliah magister di Malaysia berkisar antara 1 hingga 2 tahun tergantung pada program studi yang diambil. Program studi di jenjang magister biasanya lebih spesifik dan fokus pada bidang yang lebih mendalam dibandingkan jenjang sarjana. Setelah menyelesaikan jenjang magister, lulusan dapat melanjutkan ke jenjang doktor atau langsung memasuki dunia kerja. 

 

  1. Doktor (S3)

Doktor adalah jenjang pendidikan tertinggi di Malaysia. Durasi kuliah jenjang doktor di Malaysia biasanya berkisar antara 3 hingga 5 tahun, tergantung pada program studi yang diambil dan kecepatan penyelesaian tesis. Program studi di jenjang doktor biasanya berfokus pada penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah menyelesaikan jenjang doktor, lulusan dapat melanjutkan karir di bidang akademik atau penelitian. 

 

Baca juga : Kuliah di Taylors University, Malaysia

Mulai kuliah di Malaysia bersama Vista Education

Masih ragu dan bingung bagaimana cara kuliah di Malaysia? Kamu perlu berdiskusi dengan tim konsultan Vista Education deh! Vista adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Membantu anak Indonesia kuliah di luar negeri dengan proses yang lebih aman dan mudah. Kami membantu mulai dari tahap pemilihan jurusan, negara, universitas, pendaftaran, admission, VISA sampai pencarian akomodasi. Isi form konsultasi atau hubungi kami lebih cepat via whatsapp 


 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !