Estimasi Biaya Kuliah Kedokteran di Malaysia Dalam Rupiah
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Estimasi Biaya Kuliah Kedokteran di Malaysia Dalam Rupiah

Estimasi Biaya Kuliah Kedokteran di Malaysia Dalam Rupiah

Yuk, simak estimasi estimasi biaya kuliah kedokteran di Malaysia yang perlu Anda ketahui sebelum mendaftar dalam program ini.

Fakultas kedokteran merupakan salah satu fakultas yang banyak peminatnya setiap tahun, Lulusan dari fakultas kedokteran biasanya berkarir sebagai dokter umum hingga dokter spesialis. 

Banyak sekali mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Jurusan kedokteran tidak hanya didalam negeri saja namun juga ke negara tetangga Malaysia, karena  jurusan kedokteran di Malaysia mengalami perkembangan pesat selama beberapa dekade terakhir.

Hal ini terlihat dari majunya kualitas manajemen pelayanan kesehatan di negara ini serta banyak orang Indonesia yang memilih berobat ke singapura dan malaysia untuk beberapa penyakit tertentu. Perkembangan inilah yang mendorong banyak pelajar Indonesia memilih melanjtkan kuliah kedokteran di Malaysia.

Durasi untuk kuliah kedokteran di malaysia tentu berbeda - beda, untuk program program sarjana yakni 5 tahun, 2-4 tahun untuk program pascasarjana dan 3-4 tahun untuk program PhD. Dibawah ini list universitas yang menyediakan program kedokteran di Malaysia, yang bisa Anda pilih yakni :

Masing-masing universitas diatas memiliki ketentuan sendiri untuk kuliah kedokterannya. Anda bisa mengunjungi situs resmi universitas untuk informasi lebih lengkap. 

Sebelum Anda memilih untuk melanjutkan kuliah kedokteran di Malaysia, sudah tahukah Anda estimasi biaya kuliah kedokteran di Malaysia dalam rupiah? Jika belum, artikel kali ini akan mengupasnya lengkap.

Biaya Kuliah Kedokteran Di Malaysia

Banyak universitas di Malaysia menawarkan program studi kedokteran yang berkualitas dengan standar internasional. Beberapa universitas tersebut bahkan masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Dengan demikian, lulusan kuliah kedokteran di Malaysia memiliki peluang yang baik untuk mengembangkan karir di bidang kesehatan.

Kisaran biaya kuliah kedokteran di Malaysia bervariasi tergantung universitas dan programnya, namun yang pasti biaya kuliah kedokteran di Malaysia relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara lain seperti di Amerika Serikat, Eropa atau Inggris. Hal inilah yang membuat kuliah kedokteran di Malaysia menjadi pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin mengejar karir medis tanpa harus menghadapi beban finansial yang terlalu besar.

Berikut perkiraan biaya kuliah kedokteran di malaysia

  • Universitas Negeri: RM 50.000 - RM 150.000 per tahun (Rp 171 juta - Rp 513 juta)
  • Universitas Swasta: RM 100.000 - RM 300.000 per tahun (Rp 342 juta - Rp 1.026 juta)

Total Biaya untuk Program 5 Tahun:

  • Universitas Negeri: RM 250.000 - RM 750.000 ( Atau sekitar Rp 865 juta - Rp 2,594,767,505.42)
  • Universitas Swasta: RM 500.000 - RM 1.500.000 (Atau sekitar Rp 1,729,845.00 - Rp 5,189,535,010.83)

Selain biaya kuliah, ada juga biaya hidup yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan studi di Malaysia.

Biaya hidup di Malaysia relatif terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan negara-negara Barat. Faktor seperti akomodasi, transportasi, makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya perlu dipertimbangkan dalam perencanaan keuangan Anda.

Perkiraan Biaya Lainnya:

Pertimbangkan pula pengeluaran lainnya seperti:

  • Biaya Hidup di Malaysia: RM 1.800 - RM 3.000 per bulan (Atau sekitar Rp 6.162.000 - Rp 10.293.000)
  • Biaya Asuransi Kesehatan di Malaysia: RM 500 - RM 1.000 per tahun (Atau sekitar Rp 1.710.000 - Rp 3.420.000)
  • Biaya Buku dan Alat Tulis: RM 1.000 - RM 2.000 per tahun (Atau sekitar Rp 3.420.000 - Rp 6.840.000)

Ingat: Biaya di atas hanya perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selalu periksa situs web resmi universitas untuk informasi terbaru

Baca juga artikel kami lainnya : Berapa Lama Kuliah Kedokteran di Amerika?


Selama kuliah kedokteran di Malaysia, mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang komprehensif dan beragam. Mereka akan mempelajari berbagai mata kuliah yang meliputi ilmu dasar kedokteran, ilmu bedah, ilmu penyakit dalam, genetika, etika kedokteran, dan masih banyak lagi. 

Kurikulum kedokteran di Malaysia berfokus pada pembelajaran interaktif dan praktik lapangan akan membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan klinis dan pemecahan masalah yang diperlukan dalam praktek medis.

Setelah menyelesaikan kuliah kedokteran di Malaysia, lulusannya memiliki berbagai peluang karir yang menjanjikan. Mereka dapat bekerja di rumah sakit, klinik, pusat kesehatan, atau bahkan membuka praktik pribadi.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga dapat melanjutkan pendidikan spesialisasi atau mengambil program magister atau doktor dalam bidang kedokteran.

Kuliah kedokteran di Malaysia adalah langkah awal yang menarik dalam mengejar karir medis. Dengan biaya kuliah yang terjangkau dan peluang karir yang menjanjikan  Malaysia menjadi destinasi yang menarik bagi calon dokter.

Persiapkan diri Anda dengan baik, lakukan riset yang mendalam, dan ikuti proses seleksi dengan tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan dalam karir medis Anda.

Yuk, Wujudkan Impian Kuliah Kedokteran Ke Malaysia Bersama Vista Education 


Apakah saat ini Anda membutuhkan informasi lebih detail tentang kuliah kedokteran di Malaysia? Masih bingung step by stepnya dan syarat apa yang harus dipenuhi? Jika, Iya! Yuk mulai set jadwal diskusi bersama para konsultan berpengalaman Vista Education. 

Kami memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun, Vista bermitra dengan lebih dari 200 universitas dari berbagai negara. Kami siap membantu proses kuliah di luar negeri Anda menjadi lebih aman dan mudah.

Isi form konsultasi lebih cepat disini atau via whatsapp dibawah. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !