Gimana sih Jurusan Bahasa Mandarin Itu ? 

China atau Tiongkok menjadi negara dengan perkembangan ekonomi yang pesat, bahkan menjadi pesaing negara adidaya Amerika Serikat. Salah satu cara menjadi bagian dari perputaran ekonomi dunia adalah dengan menguasai bahasa yang digunakan dalam interaksi ekonomi tersebut. Jumlah orang yang menguasai Bahasa Mandarin di Indonesia masih jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan bahasa asing lainnya. Inilah mengapa jurusan Bahasa Mandarin atau Sastra Mandarin patut dipertimbangkan.

jurusan bahasa mandarin, kuliah di china

Apa yang akan kamu pelajari?

Umumnya perguruan tinggi di Indonesia menawarkan jurusan Sastra Mandarin, yang mempelajari bahasa Mandarin secara detail beserta penerapannya. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari jika mengambil jurusan ini:

  1. Sejarah Cina
  2. Fonetik & Fonologi Cina,
  3. Morfologi & Sintaksis Cina,
  4. Kesusastraan Cina,
  5. Bahasa Cina Klasik Dasar,
  6. Terjemahan Cina- Indonesia,
  7. Semantik & Pragmatik Cina,
  8. Historiografi Cina,
  9. Bahasa Cina untuk Pers, Pariwisata, Bisnis, dan Perkantoran

Kesempatan Berkarir Luas

Kesempatan berkarir bagi lulusan Bahasa/Sastra Mandarin cukup luas, lho. Biasanya mereka dibutuhkan di perusahaan yang terlibat kerjasama dengan perusahaan dari negara Tiongkok. Selain itu kamu juga bisa menjadi penerjemah atau translator, wartawan atau bahkan news anchor, serta menjadi seorang pemandu wisata.

Universitas mana saja yang dapat kamu pilih?

Beberapa universitas negeri di dalam negeri yang menawarkan jurusan Sastra Mandarin antara lain Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Jenderal Soedirman. Sedangkan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Sebelas Maret memiliki Program Studi D3 Bahasa Mandarin. Banyak juga perguruan tinggi swasta yang menawarkan program ini, lho!

Bahasa Mandarin menduduki posisi teratas sebagai bahasa dengan jumlah penutur aktif terbanyak di dunia, lho! Yaitu sekitar 1/6 dari total penduduk bumi. Jumlah itu belum termasuk masyarakat perantauan yang tersebar di seantero dunia. Jadi, belajar bahasa Mandarin akan sangat bermanfaat buat kamu nantinya. Nggak perlu ragu lagi dong ambil jurusan ini? Jangan lupa untuk update informasi tentang jurusan ini di kampus tujuanmu. Semoga sukses!