Ini Alasan Mengapa Kalian Wajib Gabung Student Club

Kuliah di Luar Negeri Yuk

Saat kamu berhasil mendapatkan kesempatan untuk kuliah ke luar negeri maka sudah seharusnya kamu berusaha untuk belajar secara maksimal disana. Sehingga mungkin kamu berencana untuk benar-benar fokus kuliah tanpa mengikuti berbagai kegiatan lain. Namun bukankah justru seharusnya kamu memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai organisasi yang lingkupnya sudah jelas internasional? Kapan lagi kamu bisa merasakan pengalaman seru berorganisasi di luar negeri? Apa untungnya ikut student club saat kuliah di luar negeri? Yuk, intip beberapa alasannya supaya kamu tidak ragu lagi!

1. Pengalaman Tak Terlupakan

Ada ungkapan mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Yup! Kamu tidak akan memahami dan mengerti sebelum kamu merasakan sendiri. Banyaknya kegiatan dalam student club akan memberikan pengalaman berharga untukmu. Kamu akan terbiasa terlibat dalam suatu event, bertemu banyak orang baru, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru. Pengalamanmu akan membentuk karaktermu di masa depan.

2. Menambah Jaringan Pertemanan

Jika kamu aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh student club, maka temanmu akan terus bertambah juga. Kalian bisa mengobrol dan berdiskusi dalam hal apapun. Organisasi memang akan menambah link pertemananmu, apalagi yang akan kamu dapatkan adalah teman-teman dari berbagai negara! Bukan tak mungkin jika nanti kalian dapat berkolaborasi dalam membuka lapangan pekerjaan atau saling membantu dalam urusan karir.

3. Bertemu Beragam Karakter

Berteman dengan banyak orang di organisasi ketika kamu kuliah di luar negeri akan membuatmu terbiasa menghadapi berbagai karakter orang. Apalagi jika teman-temanmu berasal dari berbagai belahan bumi. Kamu akan lebih mengetahui dan memahami kebiasaan atau budaya teman-temanmu yang mungkin berasal dari latar belakang yang berbeda denganmu.

4. Ekspresi dan Aktualisasi Diri

Saat kamu berada dalam suatu organisasi maka sudah pasti kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan dirimu. Kamu akan terbiasa mengungkapkan ide-ide yang kamu miliki untuk didiskusikan atau bahkan dieksekusi jika disetujui. Hal tersebut akan membuatmu mendapatkan pengakuan dari banyak pihak, bahkan kamu tak akan menyangka bahwa ternyata kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak kamu duga sebelumnya.

5. Belajar Manajemen Waktu

Mengikuti perkuliahan dan berorganisasi membuatmu harus pandai membagi waktu. Namun kamu mungkin akan membutuhkan penyesuaian di awal sehingga dapat megatur jadwal kegiatanmu setiap harinya. Ingat, ya, jangan sampai kamu terlalu over berorganisasi sehingga kuliahmu keteteran dan harus molor. Sangat bagus jika kamu bisa menjalani keduanya dengan seimbang.

Adanya student club menjadi salah satu wujud dukungan perguruan tinggi dalam memfasilitasi minat dan bakat mahasiswanya. Seperti yang dapat kita temui di Victoria University, Melbourne, dimana ada banyak student club yang dapat diikuti mahasiswa, yaitu:

1.       Academic Clubs

2.       College Societies

3.       Community & Political Clubs

4.       Cultural Clubs

5.       Social Clubs

6.       Spiritual & Religious Clubs

7.       Sport & Recreation Clubs

Kamu juga dapat mengikuti organisasi yang biasanya diikuti mahasiswa-mahasiswa dari Indonesia yang kuliah di luar negeri, yaitu Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI. Seperti organisasi lainnya yang ada di perguruan tinggi, PPI menawarkan berbagai keseruan bersama untuk  mahasiswa Indonesia disana. 

Nah, sudah paham, kan, apa saja manfaatnya jika kamu ikut student club saat kuliah di luar negeri? Yuk, manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya untuk melatih soft skill, serta mengembangkan bakat dan minatmu!

Jangan lupa, kamu bisa bergabung dalam Worlwide Online Education Fair 2020 untuk informasi kuliah ke luar negeri ya