Jurusan Advertising

Apakah Jurusan Advertising atau periklanan cocok untuk mu?

Apa kamu suka sebel kalau ada iklan di kanal Youtube yang sedang kamu tonton? Atau mengganti tayangan televisi saat commercial break? Meskipun kita suka sebel kalau ada iklan, jangan salah, ternyata proses pembuatan iklan cukup panjang, lho! Ada jurusan khusus yang mempelajari tentang Periklanan atau Advertising. Yuk, kenali lebih jauh tentang jurusan ini.

Apa yang dipelajari di jurusan ini?

Jurusan Advertising atau Periklanan adalah salah satu bidang dalam ilmu komunikasi yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana menyampaikan informasi secara tepat sasaran kepada khalayak mengenai manfaat penggunaan produk. Saat ini iklan dapat dipublikasikan melalui berbagai media massa, diantaranya media sosial, radio, koran, majalah, SMS, dan e-mail. Kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah, diantaranya:

1.       Periklanan Kreatif

2.       Media Periklanan

3.       Seni dan Desain

4.       Copywriting

5.       Praktek Industri Periklanan

6.       Praktek Proyek Periklanan

7.       Komunikasi Periklanan

8.       Inovasi dan Manajemen Produk

9.       Periklanan Strategis

10.   Periklanan Digital

Bagaimana peluang karir lulusannya?

Bidang ini memegang peranan penting dalam suatu bisnis dan hubungannya dengan masyarakat. Perusahaan yang aru merintis bisnis sampai prusahaan besar pasti beriklan agar konsumen tertarik dan membeli produknya. Jadi bisa kamu bayangkan peluang kerja yang luas bagi lulusan jurusan Advertising, karena memang dibutuhkan orang yang profesional dalam bidang ini. Beberapa pilihan profesi untukmu diantaranya art director periklanan, copywriter iklan, creative director, digital copywriter, media planner, sales promotion account executive, manajer sosial media, dan account executive hubungan masyarakat.

Daftar kampus dengan S1 Advertising

Jika kamu berminat masuk di jurusan ini, kamu bisa memilih deretan universitas yang menawarkan jurusan Advertising terbaik, yaitu University of Southern California, University of California, Berkeley, London School of Economics and Political Science, University of Wisconsin-Madison, dan University of Texas at Austin. Salah satu yang terbaik ada di Coventry University dan De Montfort University ( Konsultasi Bersama Perwakilan dari DMU disini) UK . Sementara kalau di dalam negeri biasanya Advertising dimasukkan ke dalam kurikulum jurusan Ilmu Komunikasi. Kamu bisa cek informasi selengkapnya di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, atau Universitas Sebelas Maret.

Nah, ternyata gambaran tentang dunia periklanan cukup seru, ya! Setelah membaca ulasan ini mungkin kamu akan hobi memperhatikan suatu iklan dan menerka-nerka konsepnya. Hihi. Jadi, apa kamu berminat mengambil jurusan ini?