Jurusan Audio Engineering & Sound Production

Jurusan Audio Engineering & Sound Production

Selain beragam jenis aliran musik, misalnya musik Pop, Rock, Jazz, Hip Hop, dan Reggae, unsur musik pun masuk ke dalam produksi konten media elektronik, seperti iklan dan film. Misalnya saja kamu akan mendengar jingle dalam iklan, atau efek suara menegangkan dalam film horror. Semua itu dikerjakan oleh profesional, lho! Jurusan yang khusus mempelajari bidang ini adalah Audio Enginerring dan Sound Production. Jurusan yang masih relatif baru ini diharapkan dapat mencetak lulusan yang professional dalam memproduksi, menyunting, mixing, serta mastering lagu. 

Apa yang akan kamu pelajari di jurusan ini?

Kamu akan dipelajari segala sisi teknis audio, baik untuk musik, film, dan televisi. Kamu akan mempelajari ketrampilan teknologi musik digital, teknik recording dan editing audio, mixing dan mastering menggunakan software pengolah audio, menggunakan dan mengatur hardware audio studio. Sehingga diperlukan kreativitas, wawasan luas, dan ketekunan jika menggeluti bidang ini. Kamu juga harus bisa bekerjasama dengan tim.  Beberapa hal yang akan kamu pelajari diantaranya:

  1. Principles of Sound and Sound Production
  2. Applied Music Theory
  3. Audio Technology
  4. Fundamentals of Digital Audio
  5. Sound-Design for Film & TV
  6. Signal Processing and Aural Perception
  7. Studio Production
  8. Mastering and Media Preparation
  9. Television Commercial Production
  10. Electronic Music Production
  11. Acoustic and Live Sound Production
  12. Audio Post Production
  13. Managing Record Company
  14. 1Advanced Studio Production

Bagaimana prospek karir setelah kamu lulus nanti?

Profesional dalam bidang Audio Engineering dan Sound Production semakin banyak dibutuhkan saat ini. Industri kreatif, misalnya musik dan perfilman kini sedang berkembang. Sehingga adanya teknologi audio digital membuat para seniman musik bebas berkreasi.  Bisa dikatakan profesi audio engineer memiliki prospek yang bagus saat ini hingga beberapa tahun ke depan. Beberapa peluang karir yang bisa kamu pilih diantaranya Music Producer, Recording Engineer, Studio Manager/Owner, Sound Effects Editor, ProTools Operator, Production Coordinator, Mixing Engineer, Music Editor, Sound Designer, Mastering Engineer, Live Sound Engineer, dan Game Audio Designer.

Dimana kamu dapat menemukan jurusan ini?

Program ini terhitung masih baru di Indonesia. Beberapa institusi biasanya menyelenggarakan pendidikan audio dan musik dalam bentuk kursus atau masuk dalam mata kuliah jurusan terntentu. Hanya beberapa yang menyelenggarakan program diploma dan sarjana di bidang ini. . Jika kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri, kamu dapat memilih salah satu di antara University of New South Wales, Anglia Ruskin University, University of Lincoln, Box Hill Institute of TAFE, dan JMC Academy. 

Ngobrol langsung dengan perwakilan dari JMC Academy dalam Worlwide Online Education Fair 2020 

Itulah ulasan mengenai Jurusan Audio Engineering & Sound Production. Semoga apa yang kita bahas di atas bisa menghapus keraguanmu yang ingin mengambil jurusan ini. Tetap semangat dan persiapkan semuanya dengan baik, ya! Semoga berhasil!