Jurusan Bahasa dan Sastra  

Pada era globalisasi menguasai bahasa asing dapat membuka jalan karir yang gemilang di masa depan, khususnya bahasa asing yang digunakan dalam bisnis internasional. Apakah kamu suka mempelajari beragam bahasa? Jurusan Bahasa dan Sastra akan cocok banget buat kamu!

Ada banyak sekali bahasa yang dipelajari di negara kita, misalnya bahasa Inggris, Jepang, Arab, Jerman, Korea, China dan Perancis. Jurusan ini mencakup mata kuliah yang berhubungan dengan berbagai bahasa utama dunia (bukan secara spesifik), literasi, film dan sastra, public relation, linguistik, dan semiotika. Sehingga mahasiswa dapat berpikir secara kreatif dan analitik tentang bahasa. Yuk, kenali lebih jauh tentang jurusan ini!

Apa yang akan kamu pelajari?

Jika di Indonesia, mata kuliah di jurusan Bahasa dan Sastra menyesuaikan dengan bahasa yang kita pilih. Namun secara umum, jurusan ini akan mempelajari tentang:

  1. Tata bahasa

  2. Komposisi

  3. Pemahaman teks

  4. Sejarah, Budaya, Politik

  5. Kesusastraan

  6. Linguistik

  7. Semiotik

  8. Fonologi

  9. Morfologi

Lulusan Bahasa dan Sastra nantinya jadi apa, sih?

Ternyata lulusan Bahasa maupun Sastra asing memiliki peluang karir yang cukup luas dan beragam, lho. Kamu bisa bekerja di redaksi berita, penerbitan, lembaga budaya dan lembaga internasional, sampai menjadi staf diplomatik. Berikut list-nya:

  1. Pengajar/Dosen

  2. Penulis

  3. Editor/Penyunting Bahasa

  4. Sastrawan

  5. Penerjemah/Translator

  6. Ahli Bahasa

  7. Asisten Editorial

  8. Wartawan Koran/Majalah

  9. Eksekutif Periklanan

Deretan kampus yang menyediakan jurusan Bahasa dan Sastra

Beberapa kampus yang menawarkan jurusan Bahasa dan Sastra di dalam negeri diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Negeri Surabaya, Binus University, dan Universitas Diponegoro. Semuanya memiliki prodi Bahasa ataupun Sastra yang berbeda-beda. Sedangkan untuk kamu yang ingin menempuh studi di luar negeri, jurusan ini ada di National University of Singapore, Universiti Malaya, The University of Tokyo, Sungkyunkwan University, dan University of California Berkeley. Kuliah ke luar negeri bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin lancar dalam berbahasa asing, bahkan mengaplikasikan penggunaan bahasa dan pengetahuan linguistik secara profesional. Selengkapnya kamu bisa browsing sendiri, ya!

Gimana? Sudah lebih tau tentang jurusan Bahasa dan Sastra? Kamu bebas memilih ingin mempelajari bahasa yang mana. Karena semuanya memiliki peluang yang menjanjikan kok! Ingat, ya, pilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan minatmu. Semoga ulasan kali ini bermanfaat!