Jurusan Cell Biology

Apa itu jururusan Cell Biology?

Biologi memiliki cabang ilmu yang sangat beragam. Salah satunya adalah bidang ilmu yang khusus mendalami tentang sel atau bisa disebut dengan sitologi. Beberapa perguruan tinggi di dalam dan luar negeri pun mempelajarinya. Yuk, kenali lebih dekat tentang jurusan Biologi Sel!

Biologi sel mempelajari struktur dan fungsi sel. Sel sendiri adalah bagian terkecil dari makhluk hidup. Jika kalian memilih bidang ini maka kalian akan memahami secara rinci mengenai jaringan dan organisme yang dikomposisikan oleh sel. Nah, sangat cocok untuk kalian yang menyukai makhluk hidup dan segala detil penyusunnya, ya!

Dalam studi ini dipelajari bagaimana proses yang terjadi pada sel-sel makhluk hidup, termasuk mengenai gen, bagaimana sel menyalurkan nutrisi ke seluruh bagian, dan bagaimana sel yang sehat terserang penyakit. Nah, apa istimewanya jurusan ini? Para ahli biologi sel ini akan dapat menciptakan jenis vaksin baru, obat-obatan yang lebih efektif untuk penyembuhan, serta tumbuhan dengan kualitas yang lebih baik. Nah, bisa dibayangkan betapa dekatnya manfaat jurusan ini untuk masyarakat.

Di dalam negeri, kebanyakan perguruan tinggi menjadikan biologi sel sebagai mata kuliah pada jurusan biologi. Namun beberapa kampus di luar negeri memiliki jurusan yang fokus pada biologi sel dan molecular, baik program sarjana ataupun magister, diantaranya Institute of Molecular and Cell Biology Singapura, PSB Academy Singapore, UNSW Australia, Deakin University Australia, UniversitiySains Malaysia, Zhejiang University China, dan University of Alberta Kanada. 

Untuk kalian yang menyukai biologi jurusan ini bisa dipertimbangkan, lho. Segera cari info sebanyak-banyaknya, ya!