Jurusan Hospitality – Jurusannya anak Extrovert
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Hospitality – Jurusannya anak Extrovert

Jurusan Hospitality – Jurusannya anak Extrovert

Apa itu jurusan hospitality dan bagaimana prospek karirnya

Jurusan Hospitality adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara memberikan sebuah layanan terbaik di berbagai bidang. Khususnya di perhotelan,restaurant, pariwisata dan traveling bahkan sampai di bidang hiburan

Jurusan Hospitality – Jurusannya anak Extrovert

Banyak loh orang yang salah paham dengan jurusan hospitality. Karena mirip dengan kata “hospital” nggak jarang jurusan ini dianggap jurusan kedokteran. Padahal, hospitality jauh lebih mirip dengan jurusan pariwisata. Namun juga nggak 100% sama. Jurusan hospitality memegang kata kunci pada “ Excelent services, traveling dan entertainment”. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja di perhotelan, café dan restaurant. Tidak jarang, para alumni juga biasa ditemukan diberbagai institusi pariwisata. Nah, kesalah pahaman kedua mengenai jurusan hospitality adalah “ bakal jadi bellman”. Salah besar !. Jurusan hospitality akan membuatmu duduk di level menegerial. Kamulah orang yang memahami konsep dan bisnis  serta bertindak sebagai quality control. Kamu juga akan banyak menghabiskan bertemu dengan banyak orang serta melakukan traveling. Wuih, sebuah profesi yang cocok buat kamu yang extrovert

Prospek Jurusan Hospitality dalam 10 tahun ke depan

Berwisata atau plesiran kayaknya udah jadi lifestyle ya? Terbukti dengan semakin boomingnya sector ini. Dalam 10 tahun kedepan, tourism menyumbang lapangan pekerjaan paling besar diikuti dengan food and baverages. Di tahun yang sama juga, diperkirakan bakal ada lebih sekitar 1.8 milyar akan melakukan traveling  

Negara Terbaik untuk Kuliah Hospitality

Switzerland. Tidak perlu diragukan lagi, Switzerland atau Swiss adalah negara terbaik untuk jurusan Hospitality. Bahkan istilah hospitality juga pertama kali muncul di negara ini loh. Menyelisik sejarah, ternyata hospitality sudah menjadi budaya. Di dukung dengan keindahan alam Switzerland yang akhirnya membuat banyak orang datang berkunjung. Alhasil, Switzerland punya paket lengkap dan percontohan industri pariwisata dan hospitality.

Hari Sabtu, 26 August 2017, Ikatan Alumni Swiss (IAS) Jakarta Chapter mengadakan gathering di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh ratusan orang yang pernah tinggal, belajar dan bekerja di Switzerland. Ada yang pernah belajar di Swiss dari S-1 sampai dengan S-2, ada yang mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah S-1 di Swiss dan bekerja part time selama di Swiss, ada yang pernah sekolah perhotelan dan lain-lain. Salah satu alumni sekolah di Swiss yang kami temui, Pratomo telah merintis udah sendiri bernama PT Teras Ide Mice yang bergerak di industri MICE (Meeting Incentive Convention Exhibition). Berbagai macam perusahaan seperti Tupperware, Urban & Co, serta lembaga pemerintah telah menggunakan jasanya.

Salah satu peserta bernama Dickson Fernandez adalah alumni Glion program Post Graduate Diploma yang berangkat ke Swiss tahun 2007.  Pengurusan sekolah dan keberangkatan Dickson dibantu oleh Vista Education Services. Menurut Dickson,  dia mempunyai banyak teman satu angkatan Dickon yang berasal dari Indonesia. Sepulang dari Swiss, Dickson sempat merasakaan bekerja di hotel bintang lima. sekarang bekerja sebagai hospitality auditor di salah satu perusahaan Switzerland di Indonesia.

Jurusan Hospitality, kuliah jurusan hospitality

( Hotel Institue Montreux)

Industri hospitality berhubungan dengan segala kegiatan keramah-tamahan dalam melayani tamu, pengunjung, atau wisatawan. 

Utamakan Pelayanan Prima

Hospitality identik dengan pelayanan prima sehingga terwujud kepuasan pelanggan. Hal tersebut akan berdampak besar bagi sektor tersebut, karena konsumen yang merasa puas akan tentu akan merekomendasikannya kepada orang lain. Apalagi saat ini media sosial sudah berkembang pesat, ya! Ulasan-ulasan positif maupun negatif akan sangat mudah tersebar. Bisa dibayangkan, mereka harus tetap menjaga kualitas dan bahkan harus tetap stay cool bahkan saat ada komplain dari pelanggan.

Tak Melulu Soal Hotel

Apabila membicarakan hospitality erat kaitannya dengan pelayanan, salah satunya perhotelan. Seperti kita ketahui, ya, industri perhotelan sangat mengutamakan kepuasan para tamu yang telah memutuskan untuk menggunakan jasa mereka. Sehingga mereka akan selalu berupaya memberikan pelayanan yang lua biasa ramah dan bersahabat. Namun ternyata industri initidak hanya tentang perhotelan, namu juga mencakup food & beverages, tour & travel, pariwisata, dan event planner.

Ragam Pilihan Profesi

Bekerja di bidang hospitality berarti harus siap untuk melayani melalui segala profesi. Mereka yang berkecimpung di bidang ini diantaranya chef, housekeeper, tour guide, HRD, dan masih banyak lagi. Prospek kerjanya pun menjanjikan, mengingat industri ini berkembang pesat di Indonesia seiring gencarnya promosi wisata yang gencar dilakukan oleh pemerintah. Bahkan, jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara selalu meningkat setiap tahunnya.

Lingkungan Kerja Nyaman dan Menyenangkan

Nah, yang ini sudah bisa dipastikan, ya. Jika melihat cakupan industri hospitality yang sudah disebutkan di atas, lingkungan kerjanya pasti tak jauh-jauh dari tempat-tempat yang nyaman dan menyenangkan, diantaranya hotel, restoran, tempat wisaata, dan kapal pesiar. Sehingga dengan nyemplung di hospitality bisa dipastikan suasana hati kita juga akan menyenangkan.

Go International!

Nah, ini yang paling menyenangkan. Luasnya cakupan industri hospitality sangat memungkinkan kalian untuk bekerja sambil menjelajah berbagai negara di dunia. Biasanya mereka yang sudah profesional dannmemiliki jam terbang tinggi bisa dengan mudah bekerja berpindah-pindah. Tentunya akan banyak pengalaman seru yang akan kalian dapatkan.

Bagaimana, masih ragu pilih hospitality jadi Pilihan karirmu?.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !