Jurusan Jewellery Design di Singapore

Kuliah Jurusan Jewellery Design di Singapore

Apakah kamu suka mengoleksi beragam jenis perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, dan anting? Penasaran, nggak, bagaimana cara memproduksinya? Perhiasan diproduksi dalam beberapa tahapan, salah satunya tahap desain. Ternyata ada, lho, jurusan yang khusus mempelajari desain jewellery atau perhiasan. Jurusan Jewellery Design ini tersedia di Raffles College of Higher Education, Singapura. Lembaga ini menawarkan program jenjang Diploma. Selain itu jika kamu ingin melanjutkan ke jenjang Sarjana dan Master, lembaga ini juga menawarkan program Top Up yang bekerja sama dengan Coventry University.

Jenjang Pendidikan : 

1.  Diploma

Siswa akan mempelajari berbagai modul yang mengeksplorasi kreativitas mereka dalam merancang perhiasan yang layak secara komersial dan ramah lingkungan melalui konseptualisasi, inovasi, orisinalitas, keterampilan teknis dan profesionalisme di semua tingkatan, menggunakan aplikasi perangkat lunak 2D dan 3D. Hubungan erat dengan industri juga memberikan siswa pemahaman yang kuat tentang apa yang diharapkan di dunia nyata, dan realisasi prospek karir di masa depan. Beberapa yang dipelajari yaitu Colour Analysis in 3D Design, Design Theory, Model Making, Observational Drawing Skills, dan Studio Practice: Fabrication Methods.

2. Advanced Diploma

Untuk memasuki jenjang ini, siswa harus sudah lulus dari program Diploma Raffles Singapura atau yang setara. Kursus ini memberi siswa pengetahuan dan keterampilan kreatif dan teknis yang mereka butuhkan untuk menjadi profesional dalam industri desain perhiasan. Siswa akan menjelajahi berbagai aspek dalam desain perhiasan tradisional dan kontemporer. Penekanan di jenjang ini adalah pada kreativitas, inovasi, eksperimen, dan penerapan material melalui keterampilan teknis. Siswa juga belajar keterampilan dalam manajemen desain, pengembangan portofolio dan pemasaran. Mata kuliah inti pada jenjang ini diantaranya 3D Conceptualisation, Academic Research & Communication Skills, Design Management, Developing Fashion, Gemstones Identification, Jewellery Technology, Major Design Project – Jewellery Design, Studio Practice, dan Retail Visual Merchandising.

3. Bachelor of Arts (Top Up)

Jenjang ini memberi kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi berbagai fokus dalam bidang Fashion selain manajemen acara, merchandising visual, fashion digital, perhiasan, dan desain aksesori. Aspek kunci dari program ini adalah kelayakan kerja. Siswa didorong untuk merasakan pengalaman industri dan membentuk hubungan profesional melalui pengerjaan proyek dari pengalaman universitas mereka. Ini mencerminkan pernyataan Nilai dan Budaya dari Raffles Education Corporation: mempromosikan keunggulan profesional untuk kelayakan kerja. Penelitian, praktik, dan keahlian staf dimasukkan ke dalam kualitas dan karakteristik kursus. Ini berpadu dengan Pernyataan Misi Universitas Coventry untuk menyediakan penelitian berwawasan ke luar yang berdampak, untuk memberikan pengajaran berkualitas tinggi, menjadi dinamis, global, dan enterprising. Beberapa materi yang akan dipelajari siswa yaitu Fashion Major Project, Negotiated Fashion Studies, Professional Practice, serta Elective dimana kamu dapat memilih salah satu di antara 3 bidang, yaitu Design Promotion, Global Experience in Art and Design, dan How to set up a Freelance Business.

4. Master of Arts

Program Master ditempuh dalam durasi satu tahun, dan kamu akan mendapatkan gelar dari Coventry University. Pada jenjang ini kamu akan belajar bagaimana mengelola materi iklan dan proses kreatif dalam kolaborasi dengan tim fungsional lainnya yang membutuhkan seperangkat keterampilan yang luas, termasuk pengetahuan teknis dan karakteristik kepemimpinan. Beberapa pelajaran yang akan kamu pelajari yaitu Design Innovation and Collaboration, Design Management Specialism, dan Final Major Project.

Peluang Karir

Nah, ternyata cukup banyak materi yang dipelajari di bidang Jewellery Design. Siswa diharapkan memiliki skill yang mumpuni untuk nanti terjun ke dunia industri. Pilihan karir untuk lulusan Jewellery Design cukup beragam, diantaranya:

1.       Manajer Produk Perhiasan

2.       Desainer Perhiasan

3.       Pembuat Perhiasan

4.       Desainer Aksesoris

5.       Konsultan Desain

6.       Pengajar Desain

Jika dilihat dari daftar di atas, peluang kerja untuk lulusan jurusan ini cenderung luas. Apalagi industri fashion, khususnya aksesoris dan perhiasan sedang berkembang saat ini. Tidak menutup kemungkinan siswa nantinya dapat berkarir di luar negeri dengan bekal kemampuan yang mereka miliki.

Itulah ulasan tentang jurusan Jewellery Design di Raffles Singapura. Semoga bermanfaat, ya! Untuk kamu yang tertarik untuk belajar di bidang ini, kamu bisa mengikuti Worldwide Online Education Fair 2020. Kamu bahkan bisa berkonsultasi dengan perwakilan dari Raffless Design Institute langsung. Cek Infonya disini

WORLDWIDE ONLINE EDUCATION FAIR 2020