Jurusan K3 (Keselamatan Kesehatan dan Kerja)

Keselamatan Kesehatan dan Kerja (K3) adalah program studi yang mempelajari pengelolaan bahaya dan resiko yang mungkin terjadi di lingkungan kerja atau proyek. Kamu akan mempelajari bagaimana menangani bahaya yang ada di lingkungan kerja serta pencegahannya

Keselamatan Kesehatan dan Kerja (K3) adalah program studi yang mempelajari pengelolaan bahaya dan resiko yang mungkin terjadi di lingkungan kerja atau proyek. Kamu akan mempelajari bagaimana menangani bahaya yang ada di lingkungan kerja serta pencegahannya. Bagaimana detailnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Apa yang Akan Kamu Pelajari?

Jika kamu adalah orang yang kritis dan cepat tanggap saat situasi darurat, maka kamu cocok masuk prodi ini. Kamu akan mempelajari bagaimana melakukan pengawasan dan audit terhadap fasilitas di lingkungan kerja, serta bagaimana melakukan pengukuran terhadap faktor-faktor bahaya. K3 juga membahas tentang gizi kerja dan pengelolaan AMDAL. Berikut beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan:

  1. Komunikasi Kesehatan

  2. Pengelolaan Bencana

  3. Regulasi & Kebijakan K3

  4. Pemeliharaan & Peningkatan Kesehatan Kerja

  5. Manajemen Risiko Keselamatan

  6. Kebakaran & Bahaya Utama

  7. Konsep Kecelakaan & Investigasi

  8. Higiene Makanan & Sanitasi Industri

  9. Bahaya & Risiko Psikososial di Tempat Kerja 

  10. Kesalahan Manusia & Pencegahannya

Bagaimana Peluang Karir K3?

Saat ini sangat dibutuhkan para profesional yang memahami konsep K3. Hal ini karena kesejahteraan tenaga kerja adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan di sektor apapun. Sedangkan kesadaran perusahaan dalam membentuk lingkungan kerja yang aman dan sehat masih dirasa kurang. Data dari International Labour Organization (ILO) menunjukkan bahwa setiap 15 detik terdapat satu pekerja yang meninggal akibat kecelakaan kerja. Berikut adalah deretan profesi yang dapat dipilih oleh lulusan K3:

  1. Manajer Fasilitas

  2. Analis Kontrol Kualitas

  3. Pengawas Konstruksi dan Bangunan

  4. Pengawas dan Penyelidik Kebakaran

  5. Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

  6. Manajer Kontrol Kualitas Sistem

  7. Spesialis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Hutan

Daftar Kampus dengan Prodi K3

Program studi K3 bisa kamu jumpai di beberapa PTN ternama di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Sumatera Utara. Kalau di luar negeri, kamu bisa ke New Jersey Institute of Technology, Cardiff Metropolitan University, University of Newcastle, University of Malaya, dan University College Dublin.

Itulah informasi mengenai prodi K3. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan ini supaya kamu lebih yakin, ya! Apapun jurusan yang kamu pilih, asal sesuai dengan pilihanmu, pasti akan menyenangkan. Semoga informasi kali ini bermanfaat!