Jurusan Law and Criminology di UK

Jurusan Law and Criminology di UK

Apakah kamu seorang yang kreatif dan analitis? Apakah kamu berminat di bidang hukum dan perundangan? Atau kamu menyukai serial televisi tentang kriminalitas? Jika iya, mungkin kamu punya karakter yang sesuai untuk menempuh perkuliahan di Jurusan Hukum dan Kriminologi. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Apa yang kamu pelajari di jurusan ini?

Mahasiswa jurusan Hukum mempelajari segala sesuatu tentang hukum dengan mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya. Bergam ilmu hukum dpelajari di jurusan ini, seperti Hukum Adat, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Dagang, Hukum Lingkungan, Hukum Tata Negara, Hukum Internasional, dan Hukum Perjanjian Internasional.

Meski Jurusan Hukum dan Kriminologi hampir sama karena bersinggungan dengan kejahatan, namun kriminologi tidak hanya menganalisa melalui pasal, namun juga menganalisa tingkah laku manusia yang melakukan kejahatan, termasuk tentang pelaku, lingkungan kejahatan, sampai reaksi masyarakat terhadap suatu tindak kejahatan. Beberapa bentuk kejahatan yang dianalisa yaitu terorisme, kejahatan internasional, hingga hacking dan cyber-bullying yang termasuk ke dalam cybercrime. Memilih jurusan ini membuatmu mempelajari beragam bidang ilmu lain seperti hukum, sosiologi, psikologi, antropologi,  politik, dan jurnalistik.

Bagaimana prospek karirnya?

Lulusan dari jurusan ini diharapkan akan mempunyai kemampuan berpikir kritis, pandai dan detail dalam meneiliti, serta mempunyai kemampuan analitis dan komunikasi yang baik. Pilihan karirnya pun beragam, misalnya profesi sebagai kriminolog, jurnalis, bekerja di lembaga kepolisian, Departemen Kehakiman, Departemen Pertahanan, Kejaksaan, KPK, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Narkotika Nasional (BNN), serta Kementerian Hukum dan HAM.

Jurusan Law and Criminology di UK

Salah satu kampus yang menawarkan jurusan Hukum dan Kriminologi di United Kingdom adalah University of Hertfordshire. Kampus ini memiliki Law Court Building yang dibangun khusus menyerupai ruang sidang tiruan. Selain itu kampus ini juga memiliki hubungan yang kuat dengan industri, termasuk firma hukum terkemuka, kantor pengacara, mediator internasional, PCC, Magistrate and Crown Courts, penjara dan sektor sukarela. Kamu akan berkesempatan untuk mengambil bagian dalam berbagai kursus ko-kurikuler di berbagai bidang termasuk mooting, advokasi pengadilan, mediasi, debat, dan keadilan restoratif. Kamu juga berkesempatan untuk bekerja dengan pengacara dalam kegiatan pro bono, memberikan nasihat hukum kepada anggota masyarakat.

Tahun 2020 menandai hari Jadi ke-40 Sekolah Hukum Hertfordshire di Universitas Hertfordshire, UK. Pendekatan mereka terhadap pengajaran dan pengalaman yang mereka tawarkan kepada siswa telah berkembang secara signifikan sejak 1980 secara inovatif dan responsif terhadap lingkungan sekitar. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, kamu bisa mengikuti Wordlwide Online Education Fair 2020

Selain University of Hertfordshire, UK juga punya banyak kampus yang menawarkan jurusan Hukum dan Kriminologi, seperti University of Sheffield, University of Suthampton, Oxford Brookes University, Queen Mary University of London, dan University of Leicester. TInggal kamu pilih saja mana yang paling cocok denganmu. Bagaimana, sudah nggak ragu lagi, kan, ambil Jurusan Hukum dan Kriminologi di UK? Yuk, siapkan masa depan terbaikmu! Semoga sukses!