Jurusan Oseanografi

Jurusan oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut yang dapat diaplikasikan ke banyak bidang lainnya, seperti lingkungan, perikanan, bencana laut, pengelolaan dan pencegahan bencana, serta rekayasa.

Jurusan oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut yang dapat diaplikasikan ke banyak bidang lainnya, seperti lingkungan, perikanan, bencana laut, pengelolaan dan pencegahan bencana, serta rekayasa. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, seperti kondisi gelombang tinggi, pulau-pulau kecil tenggelam karena kenaikan permukaan laut, tsunami, dan badai. Jurusan oseanografi juga bersifat lebih eksploratif karena kamu bisa mengamati dan mempelajari fenomena kelautan dari berbagai aspek. Mulai dari perubahan kondisi air laut, kehidupan biota laut, dan bahkan melacak penyebab terjadinya bencana alam kelautan. Wah, sepertinya seru, ya! 

Pada jurusan ini kamu akan dibekali dengan berbagai konsep dasar ilmu kelautan yang meliputi aspek fisika, kimia, biologi, geologi, dan matematika. Selain itu, dilengkapi juga dengan dasar dinamika kelautan serta survei dan pemetaan laut. Laut yang berperan sebagai objek kajian akan ditinjau dari sifat fisis dan kimia air laut, gelombang dan pasang surut, sedimen dasar laut, gerakan berupa arus, sampai dengan proses erosi dan sedimentasi daerah pantai. Seluruh ilmu dasar seperti fisika, kimia, biologi, geologi dan matematika digunakan untuk dapat menerangkan proses alam yang terjadi di laut. Eits, jangan pusing dulu ya!

Kamu tidak hanya belajar didalam kelas namun juga akan melakukan kegiatan observasi di lapangan, pemodelan dan simulasi komputer, serta aplikasi penginderaan jauh. Umumnya pengukuran parameter oseanografi dilakukan di laut menggunakan kapal riset atau di laboratorium dengan bantuan model-model fisis atau hidrolika yang dibuat semirip mungkin dengan apa yang ada di lautan.

Indonesia dikenal dengan sebutan Negara Maritim karena lokasi geografis dan kondisi geologisnya yang unik. Hal ini membuat lulusan jurusan oseanografi berkesempatan untuk mengembangkan berbagai bidang kajian yang dapat mendukung pembangunan nasional. Berikut beberapa pilihan karir untuk lulusan jurusan oseanografi:

1.       Peneliti di suatu lembaga riset pemerintah atau swasta 

2.       Staf pengajar

3.       Konsultan lingkungan

4.       Surveyor oseanografi atau hidrografi

5.       Navigator seismik laut

6.       Administrator Kelautan di tingkat pusat dan daerah

7.       Perusahaan Survei Swasta Nasional dan Asing, dll

Jika kamu berminat kuliah di luar negeri, kamu dapat memilih beberapa kampus seperti Macquarine University, University of New South Wales - UNSW, Curtin UniversityUniversity of Newcastle, University of Auckland, Virginia Tech, University Malaysia Terengganu, dan University of Gothenburg. Informasi selengkapnya mengenai jurusan oseanografi dapat kamu dapatkan saat konsultasi dengan para konsultan Vista ya..

Hubungi Kantor Vista terdekat atau chat admin sekarang