Jurusan Special Education

Mengenal Jurusan Special Education

Jurusan Special Education atau dapat disebut pendidikan khusus. Merupakan jurusan yang mencetak tenaga pendidik bagi para anak berkebutuhan khusus atau yang memiliki tingkat kecerdasan luar biasa.

Bagaimanapun peserta didik dengan kategori tersebut memerlukan penanganan khusus, berbeda dengan peserta didik pada umumnya. Berikut adalah ulasan mengenai jurusan special education.

Apabila memilih jurusan ini maka kalian akan disiapkan untuk memahami peserta didik sehingga dapat menentukan sistem pendidikan secara individual yang sesuai dengan kebutuhannya. Termasuk juga menentukan media-media yang dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik. Fokus dari jurusan ini adalah pada kebutuhan khusus peserta didik serta bagaimana kondisi lingkungan di sekitarnya sehingga kebutuhan khusus tersebut dapat terpenuhi. Sehingga mereka akan mencapai kemandirian dan hasil belajar yang lebih baik daripada sistem pendidikan di dalam kelas.

Pada perkuliahan special education kalian akan diajarkan mengenai teori-teori, diantaranya psikologi pendidikan, psikologi anak berkebutuhan khusus, strategi pembelajaran, sistem pendidikan khusus, serta masih banyak lagi mata kuliah yang berkaitan dengan penanganan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jurusan ini cocok untuk kalian yang suka mengajar serta menyukai anak-anak. Selain itu kalian juga harus jadi pribadi yang telaten dan penyabar, ya!

Perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan jurusan ini diantaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Untuk kalian yang ingin menempuh studi di luar negeri, beberapa universitas yang memiliki jurusan ini yaitu University of Newcastle dan University of Wollongong Australia, Nottingham Trent University (NTU) dan Brunel Univesity London Inggris, dan University of Canterbury Selandia Baru.

Nah, sudah dapat gambaran mengenai special education, kan? Semoga bermanfaat, ya.