Jurusan Teknik Pangan 

Apa yang pertama terlintas di pikiranmu saat mendengar tentang jurusan teknologi pangan? Makanan? Yup, kamu tidak salah. Tapi jurusan ini ternyata tidak hanya membahas jenis-jenis makanan, ya! Kamu akan mempelajari semua aspek tentang makanan dan memastikan bahwa makanan yang beredar memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

jurusan teknik pangan

Mata kuliah yang akan kamu tempuh di jurusan Teknologi Pangan melibatkan Kimia, Fisika, Biologi bahkan Matematika. Mata kuliah tersebut akan menjadi bekalmu untuk memahami komponen kimiawi dan biologis dalam makanan yang aman masuk ke dalam tubuh. Selain itu kamu juga akan mengkaji tentang efek sosial dari makanan yang dikonsumsi, termasuk bagaimana makanan bisa mempengaruhi aspek ekonomi, psikologi dan kebudayaan. Kamu akan belajar bagaimana teknologi pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, pengawetan, sampai produk makanan tersebut siap disajikan.

Masyarakat semakin peduli dengan apa yang mereka konsumsi. Tidak hanya enak di mulut namun juga efek dari makanan yang akan mempengaruhi. Nah, kalau kamu tertarik mendalami ilmu pangan atau ingin bekerja di industri makanan dan minuman, jurusan ini bisa banget kamu pertimbangkan. Beberapa profesi yang relevan untuk jurusan ini adalah seperti berikut:

  1. Pengendalian mutu

Bidang ini menjamin mutu dari suatu makanan mulai dari proses panen, pemrosesan, sampai diterima oleh konsumen. Dalam proses packaging juga semuanya harus steril dan harus sesuai standar internasional. Hal ini penting karena penanganan yang kurang tepat akan menurunkan nilai gizi dari suatu makanan. Prospek kerja sebagai pengendali mutu ini cukup menjanjikan dan lapangan kerja luas karena satu produk membutuhkan belasan pengendali mutu.

  1. Pengembangan produk 

Prospek kerja satu ini lebih rumit dari pengandali mutu karena membutuhkan riset, mengecek kandungan bahan yang harus sesuai dengan produk, sampai tes pasar. Pengembangan produk biasanya terkait dengan warna, rasa, dan varian baru yang bisa diterima oleh masyarakat. Profesi pengembang produk diseleksi dengan ketat karena berhubungan dengan resep dan proses pengembangan produk yang menjadi ‘’rahasia dapur’’ perusahaan. 

Apabila kamu tertarik untuk masuk di jurusan Teknologi Pangan, kamu bisa memilih nstitut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Bina Nusantara. Cukup banyak, kan? Nah, kalau kamu ingin kuliah merantau ke luar negeri, kamu bisa mendaftarkan diri ke The University of Sydney, University of California, University of Nottingham, dan Maastricht University.