Kenalan dengan Jurusan STEM yang Paling Dicari di Amerika
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kenalan dengan Jurusan STEM yang Paling Dicari di Amerika

Kenalan dengan Jurusan STEM yang Paling Dicari di Amerika

Anda punya impian untuk kuliah dan setelah itu bekerja di Amerika Serikat ? Kira - kira jurusan apa yang paling dicari agar bisa bekerja di Amerika ? Berikut informasi yang bisa Anda simak terkait pertanyaan diatas

Pada era globalisasi ini, semakin banyak pelajar Indonesia yang mencari pengalaman kerja di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat. Bekerja di Amerika menawarkan peluang besar, tetapi juga menghadirkan sejumlah tantangan yang perlu diatasi oleh pelajar asal Indonesia.

Bekerja di Amerika Serikat memberikan pelajar Indonesia peluang untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga, memperluas jaringan profesional, dan mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka. 

Amerika Serikat terkenal dengan inovasinya dan keberagaman industri, memungkinkan pelajar untuk memilih dari berbagai sektor dan mencari pengembangan karir yang sesuai dengan minat dan keterampilan mereka.

Mengambil jenjang pendidikan di Amerika merupakan salah satu opsi yang bisa diambil oleh pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan karir nya di ‘negara adidaya’ ini. 

Mengenal Apa Itu Jurusan STEM di Amerika 


STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika). Keempat bidang ini saling terkait dan membentuk suatu kerangka kerja interdisipliner yang menekankan pendekatan ilmiah dan penerapan teknologi. Berikut adalah beberapa aspek penting tentang jurusan STEM yang perlu Anda ketahui: 

Ilmu Pengetahuan (Science)


Ilmu pengetahuan melibatkan penyelidikan dan pemahaman fenomena alam, termasuk fisika, kimia, biologi, dan ilmu lainnya.Ilmu ini juga mengembangkan pemahaman tentang dunia fisik dan kehidupan di sekitar kita. Penelitian ilmiah dan eksperimen menjadi bagian integral dari pendekatan ilmu pengetahuan.

Teknologi (Technology)


Teknologi melibatkan pengembangan dan penerapan alat, sistem, dan proses yang dapat meningkatkan atau memudahkan kehidupan sehari-hari. Bidang ini berkaitan dengan penggunaan ilmu pengetahuan untuk menciptakan solusi teknologi inovatif, seperti perangkat lunak, perangkat keras, dan sistem informasi.

Teknik (Engineering)

Teknik melibatkan aplikasi pengetahuan ilmiah dan teknologi untuk merancang, membangun, dan memelihara berbagai produk dan sistem. Berbagai disiplin teknik, seperti teknik sipil, mekanik, elektro, dan kimia, mencakup desain dan pengembangan infrastruktur, mesin, elektronik, dan proses manufaktur.

Matematika (Mathematics)

Matematika memberikan dasar untuk penelitian dan pemecahan masalah di semua bidang STEM. Ilmu ini digunakan untuk mengukur, menghitung, dan mengembangkan model matematis yang mendasari pemahaman ilmiah dan teknologi.

3 Universitas dengan Jurusan STEM terbaik di Amerika


The University of Utah

Universitas Utah adalah universitas riset publik yang terletak di Salt Lake City, Utah. Didirikan pada tahun 1850, Universitas Utah adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Utah. Universitas ini memiliki lebih dari 32.000 siswa dan menawarkan lebih dari 100 program sarjana dan pascasarjana. 

Universitas Utah adalah anggota dari Asosiasi Universitas Amerika dan diklasifikasikan sebagai "Universitas Riset/Doktorat – Aktivitas Riset Tinggi". Universitas ini menerima lebih dari $500 juta dalam pendanaan penelitian setiap tahun dan merupakan rumah bagi sejumlah pusat penelitian dan institut, termasuk Institut Penelitian Markey dan Institut Uintah untuk Ilmu Komputasi.

Mahasiswa STEM di The University of Utah memiliki banyak peluang untuk terlibat dalam penelitian. Universitas ini adalah rumah bagi sejumlah pusat dan institut penelitian, termasuk Institut Penelitian Markey, Institut Nano U, dan Pusat Sains Komputasi. 

Siswa juga dapat berpartisipasi dalam program penelitian sarjana, yang memberi mereka kesempatan untuk bekerja dengan fakultas di proyek penelitian mutakhir.

Berikut adalah beberapa jurusan STEM paling populer di The University of Utah : Biologi, Kimia, Ilmu Komputer, Teknik, Matematika, Fisika, Ilmu Politik dan Psikologi. 

The University of Utah yang terletak di Salt Lake City, merupakan kota yang berkembang pesat dengan ekonomi yang kuat. Kota ini adalah rumah bagi sejumlah perusahaan teknologi dan bioteknologi, yang memberikan banyak peluang bagi lulusan STEM.

Salt Lake City juga merupakan tempat yang bagus untuk tinggal, dengan iklim yang indah dan banyak kegiatan luar ruangan untuk dinikmati.

Oregon State University 

Oregon State University (OSU) adalah universitas riset publik yang terletak di Corvallis, Oregon. Didirikan pada tahun 1868, OSU adalah universitas tertua di Oregon dan salah satu universitas hibah tanah terbesar di Amerika Serikat. OSU memiliki lebih dari 32.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana dan menawarkan lebih dari 200 program gelar. 

OSU dikenal dengan kekuatannya dalam ilmu alam, teknik, dan pertanian. Universitas ini juga memiliki program yang kuat dalam bisnis, pendidikan, dan humaniora. OSU adalah salah satu dari 117 universitas di Amerika Serikat yang diklasifikasikan oleh Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching sebagai "Universitas Riset dengan Aktivitas Penelitian Sangat Tinggi." Fakultas dan staf OSU telah memenangkan banyak penghargaan atas penelitian dan pengajaran mereka. 

Universitas ini adalah rumah bagi sejumlah pusat dan institut penelitian, termasuk Linus Pauling Institute dan College of Oceanic and Atmospheric Sciences. OSU juga merupakan anggota dari Association of American Universities, sebuah konsorsium 62 universitas riset terkemuka di Amerika Utara.

Oregon State University (OSU) adalah pilihan yang bagus bagi siswa yang ingin belajar jurusan STEM. Universitas ini menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika. 

OSU juga merupakan rumah bagi banyak penelitian mutakhir pusat dan lab, yang memberi siswa kesempatan untuk terlibat dalam penelitian mutakhir. Fakultas STEM di OSU diakui secara nasional atas keunggulannya. Fakultas Teknik, misalnya, diperingkatkan di antara 50 besar nasional oleh US News & World Report. College of Science juga diperingkatkan di antara 100 besar nasional. 

Berikut adalah beberapa jurusan STEM paling populer di The University of Utah : Biologi, Kimia, Teknik, dan Matematika.

Jika Anda tertarik untuk belajar STEM di universitas riset besar dengan fakultas yang diakui secara nasional dan fasilitas kelas dunia, maka Oregon State University adalah pilihan yang bagus untuk Anda.

 

Baca juga artikel kami yang lain : Apakah Kuliah Di Amerika Ada Skripsi? Yuk, Cek Kelebihannya Disini!

 

University of Illinois Chicago

University of Illinois Chicago (UIC) adalah universitas riset publik yang terletak di jantung kota Chicago. Didirikan pada tahun 1867, UIC adalah universitas terbesar di Chicago dengan lebih dari 34.000 mahasiswa. UIC adalah salah satu universitas paling beragam di Amerika Serikat. 

Lebih dari setengah siswa UIC berasal dari seluruh penjuru dunia, dan universitas ini memiliki populasi mahasiswa internasional yang besar. UIC juga merupakan institusi yang ramah Hispanic-Serving Institution (HSI) dan Asian American and Native American Pacific Islander-Serving Institution (ANPC). 

UIC dikenal dengan penelitiannya yang inovatif dan fakultasnya yang diakui secara nasional. Universitas ini adalah rumah bagi banyak pusat penelitian dan lab, termasuk Pusat Penelitian Kanker UIC dan Institut Teknologi Nano Universitas Illinois.

Fakultas UIC telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi, termasuk Penghargaan Nobel, Penghargaan Pulitzer, dan Beasiswa MacArthur. 

UIC memiliki fasilitas kelas dunia yang mendukung pembelajaran STEM. Fasilitas ini termasuk Pusat Ilmu Pengetahuan Linus Pauling, yang merupakan rumah bagi berbagai departemen sains dan laboratorium penelitian; dan College of Engineering, yang merupakan rumah bagi program teknik terkemuka.

Berikut adalah beberapa jurusan STEM paling populer di University of Illinois Chicago : Bioteknologi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Ilmu Komputer. 

UIC memiliki reputasi yang kuat dalam berbagai bidang STEM yang menawarkan program-program kompetitif dengan fokus pada kualitas akademik yang tinggi. Jika Anda tertarik dengan beberapa program diatas maka UIC bisa menjadi pilihan universitas yang cocok. 


Wujudkan Impian Kuliah STEM di Amerika bersama Vista Education


Pelajar Indonesia yang lulus dari jurusan STEM mempunyai peluang untuk bekerja di Amerika karena bidang ilmu ini sering dicari berbagai industri. Sedangkan lulusan dari jurusan ini yang datang dari universitas di Amerika juga membuat kredibilitas mahasiswa tersebut menjadi lebih meyakinkan. 

Vista Education sendiri merupakan konsultan pendidikan yang memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam industri pendidikan dan mempunyai spesialisasi untuk universitas di Amerika. Sejak tahun 1998, Vista Education telah berhasil memberangkatkan puluhan ribu murid ke negara dan universitas impian mereka. 

Persiapkan kebutuhan kuliah di luar negeri Anda bersama Vista Education, Anda bisa menghubungi kami dengan klik tombol WhatsApp dibawah atau isi form konsultasi  disini. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !