Ketika Kuliah di USA

Beberapa waktu yang lalu, sebuah lembaga survey merilis 50% universitas top 100 dunia berada di Amerika. Padahal ada lebih dari 4760 colleges dan university disana loh... Terlebih lagi USA mempunyai populasi besar dan multicultural. Jadi bagaimana bisa Negara ini mampu mengelola dan menjamin mutu seluruh instansi pendidikan untuk jutaan mahasiswanya?

Amerika Serikat sudah terkenal dengan Negara adi kuasa yang menjadi tolak ukur perkembangan technologi, riset dan bahkan entertainment. Negara ini selalu ngeyel ingin terdepan. Contohnya ketika Jepang mulai membuat mobil dan computer, US pun kebakaran jenggot. Perusahaan di Amerika juga mulai memproduksi mobil,computer dan produk-produk technologi. Mungkin semangat inilah yang membuat system pendidikan di Amerika serikat juga ikut kompetitif. USA mencoba memfasilitasi semua generasi mudanya dengan kuliah murah berkualitas.Salah satunya dengan system pathway dan college. Apa sebenarnya perbedaan kuliah di college dulu atau langsung ke universitas?

Community collage adalah kuliah S1 dengan dua tahun pertama di komunitas local dan membutuhkan transfer ke universitas setelah lulus. Kualitas fasilitas ? Tidak akan jauh berbeda, bahkan biaya akan relative lebih murah.Jika biaya kuliah di universitas sekitar US$20.000 – US$35.000 pertahun. Sedangkan di community college hanya US$ 6.500 – US$10.000 pertahun. Jadi jika seharusnya biaya kuliah 4 tahun di USA adalah 4 x US$20.000, melalui college akan menjadi (2 x US$ 6.500) + (2 x US$20.000). Hemat kan?

Community college yang bisa menjadi pilihan adalah Edmonds,GRCC (green River Community College), Seattle Central College atau Diablo Valley College. Kalau langsung ke universitas? Tentu saja boleh. Kelebihan yang dimiliki universitas dibandingkan dengan Community college hanyalah pada prestige dan fasilitas saja. Universitas mana saja yang bisa dijadikan pilihan? University of California, University of Colorado atau Harvad university patut untuk di pertimbangkan.

Selain itu USA adalah opsi Negara untuk melatih sifat mandiri. Jika kalian kuliah disana, kesempatan yang dapat diambil disela-sela kesibukan kuliah adalah kerja paruh waktu. Untuk pelajar asing, kesempatan kerja part time maksimal 20 jam per minggu. Namun, visa pelajar masih memberikan penawaran dengan kesempatan kerja full time selama 1 tahun setelah lulus.

Saat waktu senggang? Jangan khawatir, USA menyimpan segudang destinasi wisata metropolitan dan alami. Dimulai dari patung liberty, wallstreat dan Chinatown. Terserah kalian mau jalan-jalan kemana setelah melepas penat kuliah dan kerja.

Terlalu banyak alasan untuk kuliah di US, kenapa tidak mencoba?