Kuliah di Thailand Pakai Bahasa Apa? Cek, Jawabannya Disini!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di Thailand Pakai Bahasa Apa? Cek, Jawabannya Disini!

Kuliah di Thailand Pakai Bahasa Apa? Cek, Jawabannya Disini!

Ingin kuliah di Thailand? Cari tahu bahasa pengantar yang digunakan di universitas-universitas Thailand dan persiapan bahasa yang perlu Anda lakukan.

Thailand menjadi tujuan populer bagi mahasiswa internasional terutama mahasiswa Indonesia melanjutkan  pendidikan pendidikan tinggi. Selain biaya yang hidup dan biaya kuliah yang marah, Thailand menawarkan pengalaman budaya yang kaya dan program berkualitas serta banyak universitas top di Thailand menawarkan berbagai program kuliah yang menarik dan berkualitas. 

Namun, salah satu pertanyaan utama yang sering muncul di benak calon mahasiswa adalah mengenai bahasa pengantar yang digunakan dalam perkuliahan di Thailand?

Bahasa Pengantar Di Universitas Thailand

Bahasa resmi di Thailand adalah Bahasa Thai, yang juga dikenal sebagai Bahasa Siam. Ini adalah bahasa yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari di negara ini. Umumnya, program reguler di perguruan tinggi Thailand menggunakan bahasa Thailand sebagai bahasa pengantar.  Ini berlaku untuk perkuliahan, diskusi dan pengerjaan tugas.

Tetapi, mahasiswa internasional tak perlu khawatir.  Banyak universitas terkenal di Thailand yang menawarkan program internasional dalam Bahasa Inggris termasuk Chulalongkorn University, Mahidol University, dan Thammasat University.

Program ini didesain khusus untuk menarik mahasiswa asing, sehingga materi kuliah dan diskusi disampaikan dalam bahasa Inggris. Beberapa universitas bahkan mensyaratkan skor tes bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua program kuliah di Thailand menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Beberapa program tertentu, terutama yang berhubungan dengan studi bahasa dan budaya Thailand, mungkin menggunakan Bahasa Thai sebagai bahasa pengantar. Jadi, jika Anda tertarik dengan program-program semacam itu, penting untuk memiliki pemahaman dasar bahasa Thai sebelum mendaftar.

Begitu juga, jika Anda berniat kuliah di Thailand dan tidak memiliki kemampuan Bahasa Thai ataupun kemampuan Bahasa Inggris yang memadai, ada beberapa program yang menawarkan kursus bahasa sebagai persiapan sebelum memulai studi tingkat tinggi. Ini membantu mahasiswa untuk mengasah kemampuan bahasa mereka dan mempersiapkan diri mereka untuk belajar di lingkungan akademik yang berbeda.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan "Kuliah di thailand pakai bahasa apa?", jawabannya adalah tergantung pada program kuliah yang Anda pilih. Jika Anda memilih program internasional, kemungkinan besar akan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Namun, jika Anda tertarik dengan program yang lebih terkait dengan Bahasa Thai atau budaya Thailand, Anda mungkin harus mempelajari Bahasa Thai terlebih dahulu.

 

Baca juga artikel kami lainnya : Estimasi Biaya kuliah di Chulalongkorn University Dan Jurusannya

 

Keuntungan Kuliah di Thailand

1. Pengalaman Multikultural

  • Kuliah di Thailand memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara, menciptakan lingkungan belajar yang multikultural.

  • Mahasiswa juga dapat mempelajari budaya Thailand, termasuk bahasa, tradisi, dan kehidupan sehari-hari.

2. Biaya Hidup dan Pendidikan Terjangkau

  • Dibandingkan dengan negara-negara Barat, biaya hidup dan biaya pendidikan di Thailand relatif lebih murah serta mahasiswa juga dapat bekerja paruh waktu.

  • Banyak universitas juga menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang berprestasi.

3. Kualitas Pendidikan yang Baik

  • Banyak Universitas top di Thailand yang semakin dikenal dunia karena kualitas pendidikan mereka yang baik.

  • Program-program study sering kali diajarkan oleh dosen-dosen yang berpengalaman yang memiliki latar belakang pendidikan internasional.

Kuliah di Thailand adalah pengalaman yang menarik dan berharga bagi banyak mahasiswa internasional. Selain mendapatkan pendidikan yang berkualitas, Anda juga dapat mengeksplorasi budaya yang kaya dan indah. 

Jika Anda kedepan berencana untuk melanjutkan studi ke Thailand, pastikan untuk mempertimbangkan bahasa yang digunakan dalam program study yang Anda minati.

Baca juga artikel menarik lainnya : 10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara Versi QS Ranking


Apakah Anda Punya Impian Kuliah Di Thailand ? Yuk, Konsultasikan Bareng Vista Education!


Anda butuh info lebih lengkap tentang kuliah di Thailand ? Masih bingung step by step dan syarat apa yang harus dipenuhi? Yuk konsultasi gratis bareng konsultan pendidikan Vista Education.


Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, Vista siap membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran, admission sampai pencarian akomodasi di Thailand, lho. Chat kami via whatsapp dibawah atau isi form konsultasi disini! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !