Lulus Jurusan Culinary Cuma Bisa Jadi Chef? Ini Faktanya!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Lulus Jurusan Culinary Cuma Bisa Jadi Chef? Ini Faktanya!

Lulus Jurusan Culinary Cuma Bisa Jadi Chef? Ini Faktanya!

Jika mendengar tentang jurusan culinary mungkin akan langsung terbayang seorang koki atau chef yang sedang memasak di dapur restoran. Yup, kamu yang punya hobi memasak memang harus menempuh pendidikan culinary untuk menjadi seorang chef. Namun, benarkah lulusan culinary hanya bisa jadi chef? Simak fakta-fakta berikut ini!

Culinary bukan hanya memasak

Culinary arts adalah seni menyiapkan, memasak, dan menyajikan makanan. Proses tersebut cukup panjang, sehingga melibatkan berbagai keahlian. Jadi, jurusan ini juga mempelajari materi tentang food safety, hospitality, baking, restaurant service, nutrition, world cuisine, wine, beverages, dan lain sebagainya. Banyak banget, kan? 

Ada banyak profesi dalam bidang culinary

Mengingat ada banyak materi yang dipelajari di bidang culinary, maka mahasiswa bisa memilih yang sesuai dengan minatnya. Berikut ini adalah daftar pekerjaan di bidang culinary selain chef:

  1. Nutritionist
  2. Culinary specialist
  3. Caterer
  4. Restaurant manager
  5. Food service director
  6. Food technologist
  7. Food safety specialist

So, meskipun belajar banyak hal di jurusan culinary, kamu akan bisa memilih bidang yang kamu minati sehingga jalan karirmu lebih terarah nantinya.

 

Baca juga: 4 Tipe Jurusan Culinary di Luar Negeri

Lulusan culinary bisa kerja di banyak tempat

Lulusan jurusan culinary tak hanya bekerja di restoran, hotel, perusahaan catering, atau toko kue, lho. Mereka juga berkesempatan untuk bekerja di berbagai institusi seperti sekolah dan rumah sakit, bahkan camp dan lembaga pemasyarakatan. Yup, mereka akan membantu membuat menu makanan bernutrisi dan mempromosikan makan sehat. 

Seorang food technologists akan bekerja untuk perusahaan yang memproduksi sejumlah besar makanan kemasan, seperti kue, keripik, dan minuman soda. Sedangkan caterers membantu beragam event seperti pesta ulang tahun dan pernikahan.

 

Itulah beberapa fakta tentang jurusan culinary dengan beragam topiknya yang luas. Pilihan karir untuk lulusannya pun terbilang beragam. Semoga ulasan kali ini bermanfaat, ya!

Baca juga: 6 Universitas dengan Jurusan Culinary dan Hospitality Terbaik

Tertarik untuk kuliah Culinary di luar negeri? Wujudkan bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !