Memahami Alur Pendaftaran S2 di Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Memahami Alur Pendaftaran S2 di Luar Negeri

Memahami Alur Pendaftaran S2 di Luar Negeri

Lulusan S2 dari luar negeri dipandang lebih unggul dari sisi skill dan attitude, lho. Tak heran kalau mereka lebih diperhitungkan oleh para pencari kerja. Nah, ada juga, nih, yang sudah bekerja dan menempuh S2 untuk upgrade ilmunya. So, gimana, sih, alur pendaftaran S2 di luar negeri? Simak ulasan kali ini, yuk!

Mencari informasi tentang kampus dan jurusan

Pertama, kamu harus tau dulu jurusan yang ingin kamu ambil. Biasanya jurusan akan linier dengan bidang S1 yang telah kamu selesaikan. Carilah informasi tentang jurusan tersebut dan kampus mana saja yang menawarkannya. Selain googling, kamu juga bisa bertanya atau minta rekomendasi ke teman atau keluarga yang lebih dulu kuliah S2 di luar negeri.

Baca juga: 5 Jurusan Paling Recommended Untuk Kuliah S2 di Luar Negeri 

Mencari tahu persyaratan masuk dari universitas

Setelah memutuskan jurusan dan kampus tujuan, saatnya kamu mencari tahu syarat dan alur pendaftaran mahasiswa baru program pascasarjana. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan di laman resmi universitas, khususnya fakultas, ya. Karena bisa jadi masing-masing fakultas punya persyaratan berbeda. Bacalah dengan teliti berikut jadwal pengumpulannya. 

Menyiapkan dan submit semua dokumen

Sudah tau apa saja dokumen yang dibutuhkan, maka segeralah menyiapkannya. Biasanya universitas akan meminta beberapa dokumen, diantaranya file rapor, sertifikat TOEFL/IELTS, ijazah, surat rekomendasi, esai/motivation letter, serta portofolio. Jangan lupa juga untuk membuat paspor dan visa belajar, ya!

Baca juga: Biaya Kuliah S2 Luar Negeri di Berbagai Negara

Mendapatkan LoA (Letter of Acceptance)

LoA adalah surat yang membuktikan bahwa kamu telah diterima menjadi mahasiswa di sebuah universitas. LoA berisi beberapa informasi, diantaranya tentang durasi belajar di program studi, informasi awal perkuliahan, registrasi, dan pembayaran. Nah, ada dua jenis LoA, yaitu LoA conditional yang menyatakan kamu diterima namun harus melengkapi persyaratan tertentu, dan LoA unconditional yang menerangkan bahwa kamu diterima tanpa syarat apapun lagi.

Gimana, sudah paham alur pendaftaran S2 di luar negeri? Atau masih bingung dan khawatir ada yang missed? Langsung aja hubungi Vista Education, yang siap membantu semua persiapanmu kuliah di luar negeri!

Wujudkan mimpimu kuliah di luar negeri bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !