Mengapa Harus Kuliah Di Luar Negeri Dari Sudut Pandang Orang Tua

Kenapa banyak orang tua menyarankan kuliah di luar negeri?

Kenapa sih banyak banget anak yang pengen kuliah ke luar negeri? Bukannya susah ya? Ribet gak sih pendaftarannya? Belum lagi dana yang disiapkan. Hm… kali ini kita akan gali pendapat dari para orang tua. Kira-kira kenapa mereka rela jauh dari buah hati?. Mengapa mereka merestui keinginan anaknya untuk kuliah di luar negeri?

 

Konten ini merupakan hasil interview bersama Ibu Royn. Putra pertama Beliau sedang menempuh pendidikan bachelor di Kanada.

Yuk kita simak. 

Halo Bu Royn, Kami dari Vista Education. Boleh sharing-sharing dulu ya Bu ~. Sebenarnya, apa sih keuntungan kuliah ke luar negeri kalau dari sudut pandang orang tua? 

Halo, menurut kami. Seorang anak yang berani kuliah ke luar negeri itu akan menjadi lebih mandiri. Dia juga akan memiliki poin-poin penting berikut :

  • Menjadi bagian dari Global Residents. Dia terbiasa kompetitif di level yang lebih luas. Hal ini merupakan kemampuan penting saat menjadi entrepreneur maupun bekerja di dunia professional.

  • Penting memiliki Network berskala internasional. Dia akan memiliki jangkauan karir dan koneksi yang luar biasa lebar

  • Memiliki pengetahuan dan skill yang lebih dibanding mereka yg lulusan dalam negeri, karena pasti terekspos dgn berbagai macam wawasan dengan scope dunia.

  • Memiliki Cultural Understanding/pemahaman budaya yg lebih baik, karena berinteraksi dengan latar belakang manusia yang jauh lebih beragam.  

Wah, banyak sekali ya kelebihan kuliah di luar negeri. Lalu, apakah orang tua memiliki kekhawatiran tertentu?

Tentu, kami selalu khawatir putra kami akan mendapat : 

       a. Bad influence/pengaruh dari pergaulan yg kurang termonitor

       b. Kurang mampu mengelola keuangan

       c. Culture shock/kaget dengan lingkungan baru yang berimbas pada psikologis mereka

Apa yang membuat orang tua membulatkan tekad dan menghadapi semua rasa takut diatas? 

Kesimpulan yg mendorong kami memutuskan untuk mendorong anak-anak kuliah keluar negeri, meskipun ada rasa cemas adalah :       

  1. Menjadi tanggung jawab kami untuk mempersiapkan pondasi terbaik bagi masa depan anak.

  2. Adaptability dan competitiveness sangat penting untuk bisa survive. Hal ini hanya bisa diperoleh dengan pendidikan di luar negeri. 

  3. Dengan benar-benar mengalami kehidupan dalam konteks global secara nyata dan pribadi, maka mereka akan terlatih untuk mempunyai endurance/kemampuan untuk bertahan dalam lingkungan dan kondisi yang tidak terprediksi. 

  4. Dengan adanya pertimbangan diatas serta kecanggihan teknologi, kami bisa memonitor perkembangan anak kita di sana, maka kekhawatiran kami dapat diminimalkan.


Keren! Lantas, bagaimana cara Ibu memilih jurusan dan universitas yang cocok untuk putra Ibu?  

Memilih jurusan menjadi hak utama anak saya. Saya mendengarkan apa yang menjadi kesukaannya. Kemudian, saya bertemu dengan konsultan Vista Education untuk mendapatkan  tes minat bakat. Dari tes ini, kami tahu apa yang sebenarnya menjadi minat dan bakatnya. Kami juga berdiskusi untuk menentukan jurusan yang paling cocok. Sesuai dengan apa yang dia suka dan tentu saja memiliki prospek yang baik.

Setelah itu, konsultan Vista Education akan memberikan kami rekomendasi universitas. Kami akan cek akreditas, fasilitas dan koneksi kampus dengan perusahaan. Kami juga dibantu untuk mendaftar, mendapatkan VISA serta akomodasi.Sangat mudah!

 Apakah kamu juga ingin kuliah di luar negeri dan mendapat bantuan dari Vista Education. Isi form disamping dan konsultan kami akan menghubungi kamu segera