Mengenal Apa Itu SPM Malaysia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Mengenal Apa Itu SPM Malaysia

Mengenal Apa Itu SPM Malaysia

Mengenal lebih dekat dengan Sijil Pelajaran Malaysia (SPM), dari struktur ujian hingga tips persiapan. Dapatkan panduan lengkap untuk memahami proses dan persiapan SPM disini.

Sijil Pelajaran Malaysia atau yang disingkat SPM, adalah ujian akhir nasional yang wajib diikuti oleh pelajar di Malaysia setelah menyelesaikan Tingkatan 5 (setara SMA kelas 3 di Indonesia).

Ujian ini diselenggarakan oleh Majlis Peperiksaan Malaysia (MPM)  di bawah Kementerian Pendidikan Malaysia,  sebagai penentu kelulusan dan kualifikasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sejarah dan Perkembangan

SPM diperkenalkan pada tahun 1970 sebagai pengganti bagi peperiksaan Cambridge O-Level yang sebelumnya diambil oleh pelajar Malaysia. Peperiksaan ini memainkan peranan penting dalam menilai tahap pengetahuan dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran seperti Bahasa Melayu, Bahasa Inggris, Matematika, dan lain-lain.

Sejak saat itu, SPM telah mengalami beberapa perkembangan dalam format dan strukturnya untuk memastikan kesepadanan dengan keperluan pendidikan siswa.

Kapankah SPM Dilaksanakan?

Ujian SPM biasanya diadakan pada bulan Oktober atau November setiap tahunnya. Pelajar yang telah duduk di Tingkatan 5 dan memenuhi syarat pendaftaran diizinkan untuk mengikuti ujian ini.

Apa Saja Mata Pelajaran yang Diujikankan dalam SPM?

Mata pelajaran yang diujikan dalam SPM beragam, dan siswa dapat memilih mata pelajaran yang ingin mereka ikuti sesuai dengan minat dan rencana studi mereka. Beberapa mata pelajaran umum yang diujikan dalam SPM yakni meliputi:

  • Bahasa Melayu
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Sains
  • Sejarah
  • Geografi
  • Seni dan Sastra
  • Pendidikan Agama Islam/Moral
  • Ekonomi
  • Teknik dan Vokasional

Selain mata pelajaran umum, terdapat juga mata pelajaran pilihan yang ditawarkan, seperti Bahasa Arab, Bahasa Cina, Bahasa Tamil, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel menarik lainnya : 5 Jurusan Populer Untuk Kuliah di Malaysia


Bagaimanakah Sistem Penilaian SPM?

Penilaian SPM menggunakan sistem skala A hingga F, dengan A sebagai nilai tertinggi dan F sebagai nilai terendah. Siswa yang memperoleh nilai A hingga C dianggap lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, sedangkan nilai D hingga F dianggap tidak lulus. 

Selain nilai biasa, terdapat juga nilai "MP" (Merit) dan "HP" (Highly Proficient) untuk beberapa mata pelajaran tertentu yang menunjukkan pencapaian yang luar biasa siswa tersebut.

3 Manfaat SPM?

Hasil saat mengikuti SPM sangatlah penting bagi siswa di Malaysia karena dapat menentukan kelanjutan pendidikan mereka. Berikut 3 manfaat penting SPM:

  1. Memenuhi Syarat Masuk Universitas: Hasil SPM yang memuaskan menjadi syarat utama siswa untuk masuk ke universitas di Malaysia. Nilai yang diperoleh dalam SPM akan menentukan program studi yang dapat dipilih siswa.

  2. Untuk Memperoleh Beasiswa: Beberapa program beasiswa di Malaysia memberikan prioritas bagi siswa dengan hasil SPM yang bagus.

  3. Meningkatkan Peluang Kerja: Hasil SPM yang baik dapat menjadi nilai tambah bagi siswa saat melamar pekerjaan, terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi akademik tertentu.

5 Tips Persiapan Sebelum Mengikuti SPM

Bagi siswa yang akan mengikuti ujian SPM, berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang dapat membantu:

1. Belajar sedini dan sebaik mungkin

Jangan menunda belajar hingga menjelang ujian. Buatlah jadwal belajar yang teratur dan patuhi jadwal tersebut.

2. Pahami format dan sistem penilaian ujian

Pelajari format soal dan sistem penilaian SPM agar terbiasa dengan cara menjawab soal.

3. Konsisten latihan soal

Lakukan latihan soal sebanyak mungkin untuk membiasakan diri dengan jenis soal dan meningkatkan kecepatan menjawab soal.

4. Ikuti kelas bimbingan belajar

Jika memungkinkan, Anda dapat mengikuti kelas bimbingan belajar untuk mendapatkan bimbingan dan arahan dari tutor yang berpengalaman.

5. Jaga kesehatan dan istirahatlah yang cukup

Pastikan tubuh dalam kondisi yang fit dan prima saat mengikuti ujian. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi sangatlah penting.

Baca juga artikel kami lainnya : Apakah Kuliah di Malaysia Ada Skripsi? Cek Jawabannya Disini


Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) merupakan ujian penting bagi pelajar di Malaysia. Dengan persiapan yang matang dan strategi belajar yang tepat, siswa dapat meraih hasil yang memuaskan dalam ujian SPM dan membuka peluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Punya Impian kuliah di Malaysia? Konsultasikan Persiapanmu bersama Vista Education!

Ada banyak universitas di Malaysia yang menjadi partner Vista, lho. Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke Malaysia.
Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan.

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami disini atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !