Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Cara Melafalkannya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Cara Melafalkannya

Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Cara Melafalkannya

Nama hari dalam bahasa Inggris perlu untuk diketahui dengan baik karena sangat berguna saat Anda melakukan percakapan ataupun dalam membuat tulisan. Nah, berikut ini nama-nama hari dalam bahasa Inggris lengkap dengan cara pengucapannya.

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa global untuk berkomunikasi antar negara di seluruh dunia karena telah menjadi media pengantar dalam mencari ilmu secara global. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, tentunya Anda harus memperkaya kosa kata. Salah satu yang kerap digunakan adalah nama hari sebagai penanda waktu.

Berbeda dengan bahasa Indonesia, nama hari dalam bahasa Inggris dimulai dari hari Minggu. Simak, daftar nama hari dilengkapi pelafalan dan juga asal usul penamaanya  dibawah:

1. Sunday

Dalam bahasa Inggris, Minggu adalah Sunday dan biasa disingkat menjadi Sun. Kata Sunday dibaca /ˈsʌndeɪ/.

Kata Sunday berasal dari kata "Sun's Day" yang merujuk kepada matahari dalam mitologi Romawi dan Norse. Sunday dianggap sebagai hari istirahat dan pemujaan matahari dalam banyak tradisi agama dan budaya di seluruh dunia.

2. Monday

Hari Senin dalam bahasa Inggris adalah Monday dan biasanya disingkat Mon. Pelafalan kata Monday yakni /ˈmʌndeɪ/.

Monday berasal dari istilah "Moon" (bulan) dalam bahasa Inggris kuno, yang memiliki arti hari bulan. Nama hari ini mengaitkan diri dengan penghormatan terhadap dewi bulan dalam mitologi Norse, yang dikenal sebagai "Mani".

Mani dihormati sebagai penguasa bulan dan dianggap sebagai saudara dari dewa matahari, "Sol". Dalam budaya Barat modern, Monday sering diidentifikasi sebagai hari pertama dalam pekan.

3. Tuesday 

Bahasa Inggris untuk hari Selasa adalah Tuesday yang biasa disingkat Tue atau Tues. Adapun kata Tuesday dibaca /ˈtjuːzdeɪ/.

Tuesday berasal dari kata "Tiw's Day" yang menghormati dewa perang Jermanik, Tyr atau Tiw. Tyr dipandang sebagai dewa perang terkemuka dalam mitologi Norse, sebanding dengan Mars dalam mitologi Romawi. Di beberapa tradisi, Selasa dianggap sebagai hari keberanian dan pelaksanaan tindakan.

 


Baca juga : Perbedaan Have, has, dan had

 

4. Wednesday

Nama hari selanjutnya adalah Rabu yang dalam bahasa Inggris adalah Wednesday. Menurut kamus Oxford, kata Wednesday dibaca /ˈwɛnzdeɪ/. Biasanya kata ini disingkat menjadi Wed atau pun Weds.

Wednesday berasal dari istilah "Woden's Day" yang mengacu pada dewa utama dalam kepercayaan mitologi Norse, yaitu Odin atau Woden. Odin dikenal sebagai dewa kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, dan kekuatan perang.

Dalam mitologi Norse, Odin dianggap sebagai dewa paling agung dan pemimpin dari para dewa. Hari Rabu juga sering diidentifikasi dengan konsep pertemuan dan kebijaksanaan yang diinspirasi oleh karakteristik yang dikaitkan dengan Odin.

5. Thursday

Untuk hari Kamis dalam bahasa Inggris adalah Thursday. Biasanya disingkat menjadi Thur atau Thurs. Thursday dilafalkan dengan /ˈthərzdē/.

Thursday berasal dari kata "Thor's Day" yang menghormati dewa petir Norse, Thor. Thor adalah dewa petir, kekuatan, dan perlindungan dalam mitologi Norse. Dia dianggap sebagai salah satu dewa yang paling populer dan dihormati dalam mitologi Nordik. Kamis sering dianggap sebagai hari keberuntungan dan kekuatan.

6. Friday

Hari Jumat dalam bahasa Inggris disebut dengan Friday yang dibaca /ˈfrʌɪdeɪ/. Kata Friday disingkat menjadi Fri.

Friday berasal dari kata "Frigg's Day" yang berarti menghormati dewi cinta dan kecantikan Norse, Frigg atau Freyja. Frigg dianggap sebagai istri Odin dan dewi pelindung dalam mitologi Norse. Friday sering dianggap sebagai hari cinta, kebahagiaan, dan kecantikan.

7. Saturday

Nama hari yang terakhir adalah Saturday. Saturday berarti hari Sabtu dalam bahasa Indonesia. Kata Saturday dibaca dengan /ˈsatədeɪ/ dan disingkat menjadi Sat.

Saturday berasal dari kata "Saturn's Day" yang merujuk kepada dewa pertanian dan waktu dalam mitologi Romawi, yaitu Saturnus. Saturnus dianggap sebagai dewa panen dan kekayaan dalam kebudayaan Romawi kuno.

Sabtu sering dianggap sebagai hari kerja dan persiapan akhir pekan dalam banyak budaya modern.


Baca juga : Apa Beda BA, MA dan MBA?


Contoh Penggunaan Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Monday:

  • I have a meeting scheduled for Monday morning.
  • On Monday, we usually have our team brainstorming sessions.

Tuesday:

  • Tuesday is the busiest day of the week for me.
  • Let's plan our presentation for Tuesday afternoon.

Wednesday:

  • Wednesday marks the middle of the week.
  • Wednesday is when we have our weekly progress report.

Thursday:

  • Thursday is the day I go to my yoga class.
  • We're having a team lunch on Thursday to celebrate our success.

Friday:

  • Friday is finally here, time to relax!
  • We're going out for dinner on Friday night.

Saturday:

  • I'm planning to go hiking next Saturday.
  • Saturday mornings are perfect for sleeping in.

Sunday:

  • Sunday is family day for us.
  • Sunday evenings are when I plan my week ahead.

Demikian nama-nama hari dalam bahasa Inggris dan cara membacanya. Selamat belajar!

Belajar bahasa Inggris Bareng Vista Education, Yuk!

Anda ingin makin jago dalam bahasa inggris? Yuk, coba belajar langsung bersama master teacher di kelas Vista education. Kami mempunyai program-program super lengkap ada TOEFL dan IELTS Preparation Course, Conversation Class, General English, dan masih banyak lagi.

Tunggu apalagi! Isi form konsultasi disini.

Atau chat kami via whatsapp dibawah ya!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !