"Ngapain Sih Kuliah di Luar Negeri? Nanti Juga Balik Indonesia" Eh! Cek Dulu Faktanya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

"Ngapain Sih Kuliah di Luar Negeri? Nanti Juga Balik Indonesia" Eh! Cek Dulu Faktanya

Topik yang sering jadi bahan perdebatan: kuliah di luar negeri. Banyak orang yang berpikir bahwa kuliah di luar negeri itu bakal sia-sia. Kenapa? Katanya sih karena udah susah-susah hidup di negara orang, eh nanti juga balik ke Indonesia. Tapi, apakah benar begitu? Yuk, kita cek fakta-faktanya dulu sebelum menghakimi.

Saat kuliah di luar negeri kamu akan hidup sendiri di negara yang sama sekali berbeda dari Indonesia. Mulai dari cuaca disana, bahasa yang digunakan, kebiasaan sehari-hari, makanan yang dikonsumsi, alat transportasi, dan masih banyak hal lainnya. Jadi, buat apa, sih, kuliah jauh-jauh dan mahal-mahal ke luar negeri kalau nantinya juga balik lagi ke Indonesia? Nah, inilah beberapa hal yang akan kamu dapat hanya jika kuliah di luar negeri!

Baca juga: 12 Cara Jitu Kuliah di Luar Negeri

Pengalaman yang berbeda

Kuliah di negeri orang pasti akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Bagaimana tidak, kamu dituntut untuk mandiri dalam segala hal. Mulai urusan keuangan, makanan, tempat tinggal, hingga kehidupan perkuliahan. Kamu harus mampu beradaptasi saat masih mengalami culture shock, serta selalu open untuk berkenalan dengan teman-teman baru. Selain kenalan baru, akan ada berbagai kegiatan yang akan kamu ikuti, serta tempat baru yang akan kamu kunjungi. Hal itu akan membuat memperluas wawasan dan pemikiranmu tentang dunia. Hal tersebut tak akan kamu dapatkan jika kuliah di dalam negeri.

Baca juga: Biaya Kuliah S2 di Luar Negeri Di Berbagai Negara

Koneksi yang lebih luas

Memilih kuliah di luar negeri berarti kamu siap menjadi bagian dari mahasiswa internasional. Yup! Kamu akan punya banyak kenalan baru dari berbagai negara di dunia. So, kamu akan punya wawasan dan pemikiran baru yang berbeda karena mereka punya latar belakang yang beragam. Nah, memiliki banyak teman dari seluruh dunia itu seru, lho! Berawal dari jadi partner dalam bertukar pikiran, bukan tak mungkin kalian memulai dan membangun bisnis bersama. 

Peluang karir yang lebih bagus

Predikat sebagai lulusan luar negeri akan lebih menarik saat dicantumkan di CV-mu, lho! Kamu punya value yang nggak banyak orang lain punya. So, bukan nggak mungkin kalau perusahaan akan lebih mempertimbangkanmu menjadi bagian dari mereka, jika dibandingkan dengan lulusan universitas dalam negeri. Bukan otomatis mereka akan memilihmu karena pasti akan banyak faktor lain yang dipertimbangkan, namun peluangmu untuk di-notice akan lebih besar. Apalagi kalau kamu punya pengalaman organisasi saat kuliah di luar negeri.

Baca juga: 6 Pekerjaan Part-time dan Intern Untuk Mahasiswa

Bangganya Ikut Berkontribusi Pada Negara

Setelah mendapat banyak hal baru, insight, dan pengalaman saat kuliah di luar negeri, kembali ke Indonesia bukanlah ide buruk. Kamu sangat dinanti untuk ikut andil dalam membangun tanah air. Kamu pasti merasa bangga bisa menyalurkan ilmu dan inovasi. Entah itu di sektor pendidikan, kesehatan, teknologi dan lain-lain. Gak semua orang bisa loh!

Itulah hal-hal yang akan kamu dapatkan setelah kuliah di luar negeri. Meskipun akhirnya akan kembali ke tanah air, dengan kuliah di luar negeri cara pandangmu terhadap sesuatu tak akan sama lagi. Jadi, masih ragu mau kuliah ke luar negeri?

Wujudkan mimpimu kuliah di luar negeri bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !