Penggunaan Mr, Ms, Miss, dan Mrs dalam Bahasa Inggris Yang Benar
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Penggunaan Mr, Ms, Miss, dan Mrs dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Penggunaan Mr, Ms, Miss, dan Mrs dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Kata panggilan seseorang dalam bahasa Inggris memiliki aturan tersendiri. Pernah dengar istilah Mr, Ms, Miss atau Mrs? ternyata ini perbedaannya.

Jika dalam bahasa Indonesia, ada beberapa ucapan untuk menyebut seseorang agar terdengar lebih sopan, seperti Bapak/Ibu, Kakak/Adik, Mas/Mbak, Om/Tante, dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris, kita akan mengenal istilah Mr Ms Miss Mrs yang banyak dipakai untuk memanggil nama orang dalam bahasa inggris. 

Meski sama-sama digunakan untuk memanggil orang yang lebih dihormati, keempat kata sebutan tersebut memiliki perbedaan. Namun, bagaimana penggunaan lebih detailnya? Untuk mengetahui lebih dalam, yuk simak detail Artikel di bawah ini! Agar penggunaan kata diatas tak salah konteks.

1. Mr

"Mr" merupakan singkatan dari "Mister" yang digunakan sebelum nama belakang seorang pria, baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Istilah ini umumnya digunakan sebagai tanda hormat atau kesopanan ketika merujuk kepada seorang pria secara tertulis atau lisan, tergantung pada konteksnya. 

Contoh kalimat penggunaan Mr.

  • On Monday, I went to visit park at downtown (Pada hari Senin, saya pergi mengunjungi taman di pusat kota)
  • This morning Mr.  Hendry gave a very interesting speech (Pagi ini Pak Hendry memberikan pidato yang sangat menarik)
  • I hope Mr. Andrew wouldn't give me any homework! (Saya harap Pak Andrew tidak akan memberi saya pekerjaan rumah!)
    Baca artikel kami lainnya : Apa Beda BA, MA dan MBA?

2. Ms

Saat Anda belajar bahasa Inggris, membedakan sapaan "Ms" dan "Miss" sering kali menjadi sumber kebingungan. Kesalahan kaprah yang sering terjadi adalah menganggap kedua sapaan ini memiliki makna yang sama dan dapat digunakan secara bergantian. Faktanya, terdapat perbedaan penting yang perlu dipahami dalam penggunaan "Ms" dan "Miss".

Secara umum, "Ms" merupakan sapaan alternatif yang bersifat netral terkait status pernikahan seorang wanita. Sapaan ini digunakan ketika status pernikahan tidak relevan dalam situasi tertentu.

Selain itu, "Ms" juga dapat digunakan ketika seorang wanita tidak ingin atau merasa tidak nyaman untuk mengungkapkan status pernikahannya. Dalam situasi ini, "Ms" menjadi pilihan yang lebih sopan dan netral. Cara penyebutannya yang tepat ialah mizz.

Contoh kalimat penggunaan Ms

  • On Monday,, I went to visit Ms. Dilla (Pada hari Senin, saya pergi mengunjungi Ms. Dilla)
  • This morning Ms. Anne gave a very interesting story (Pagi ini Ibu Maria memberikan cerita yang sangat menarik)
  • Ms. Hena will give us the information about the book. (Kak Hena akan memberi kami informasi tentang buku tersebut.)

 

Baca artikel kami lainnya : Perbedaan Have, has, dan had

 

3. Miss

Berbeda dengan "Ms" yang netral, "Miss" mengacu secara khusus pada wanita yang belum menikah atau yang masih muda atau anak-anak. Istilah ini biasanya digunakan dalam situasi santai. Karena itu, saat Anda berbicara dengan seorang wanita yang Anda tahu belum menikah, maka disarankan untuk menggunakan "Miss".

Contoh kalimat penggunaan Miss

  • Miss Claudia chuckled like a mother hen (Nona Claudia terkekeh seperti induk ayam)
  • Miss, I think this pen is yours. I saw it fall off your bag (Nona, menurutku pena ini milikmu. Aku melihatnya jatuh dari tasmu)
  • Thank you very much for your help, Miss (Terimakasih banyak atas bantuannya, Nona)

4. Mrs

Kata sapaan "Mrs" merupakan singkatan dari "Missus" dan diucapkan sebagai "misis". Penggunaan kata ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan "Mr". Perbedaan Utamanya yakni  "Mr" digunakan untuk pria, sedangkan "Mrs" digunakan khusus untuk wanita.

Jika "Mr" dapat digunakan untuk pria dewasa, baik sudah menikah maupun belum. Sedangkan "Mrs" hanya digunakan untuk wanita dewasa yang sudah menikah. Penggunaan "Mrs" diikuti dengan nama belakang. Secara umum, "Mrs" digunakan bersama dengan nama belakang suami wanita tersebut. 

Contoh penggunaan Mrs

  • Mrs. Pamella has always been my favorite teacher (Bu Pamella selalu menjadi guru favoritku)
  • We will help Mrs. Annita to bake some cookies tomorrow (Kami akan membantu Bu Annita membuat kue besok)
  • Mrs Diana had died early in 1651 (Nyonya Diana meninggal pada awal tahun 1651)

Penggunaan gelar seperti Mr, Ms, Miss, dan Mrs dalam bahasa Inggris merupakan bagian penting dari komunikasi formal dan menghormati identitas seseorang.

Memahami perbedaan dan konteks penggunaan masing-masing gelar membantu memastikan komunikasi yang tepat dan menghormati preferensi individu. Kini, Anda telah mengetahui cara penggunaanya, saatnya Anda menggunakannya dalam tulisan ataupun saat berbicara bahasa Inggris. 

 

Kunjungi Artikel kami lainnya :  Apa Beda BA, MA dan MBA?


Buat kamu yang kesulitan belajar bahasa Inggris. Yuk, Belajar Bareng Di Vista Education

kamu kesulitan belajar bahasa inggris sendiri dan butuh bantuan atau pengen les bahasa Inggris, coba cek program-program super lengkap yang dimiliki oleh Vista Education disini.

Ada TOEFL dan IELTS Preparation Course, Conversation class, General English, dan masih banyak lagi. Isi form konsultasi disini atau chat kami via whatsapp dibawah ya!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !