Perbedaan Inggris, Britania Raya, dan UK
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Perbedaan Inggris, Britania Raya, dan UK

Perbedaan Inggris, Britania Raya, dan UK

Bingung dengan istilah Inggris, Britania Raya, dan UK? Kami menjelaskan perbedaan utama dan sejarah di balik nama-nama ini dengan jelas dan ringkas.


Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom (UK) adalah tiga istilah yang sering digunakan secara bergantian untuk merujuk pada satu negara, yakni Inggris, Namun, sebenarnya ketiga istilah tersebut merujuk pada entitas geografis dan politik yang berbeda. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan di antara ketiganya secara rinci.

1. Apa Itu Inggris (England)

Inggris adalah salah satu dari empat negara yang membentuk Britania Raya dan UK. Terletak di bagian selatan Pulau Britania,  Inggris memiliki jumlah penduduk terbesar dan wilayah terluas di antara empat negara bagian yang tergabung dalam Britania Raya, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Ibukotanya adalah London, yang juga berfungsi sebagai ibu kota Britania Raya dan UK.

Secara historis dan budaya, Inggris memiliki warisan sejarah yang kaya dan telah menjadi pusat perkembangan bahasa Inggris dunia serta banyak aspek budaya Barat lainnya.


2. Apa Itu Britania Raya (Great Britain)

(Great Britain) adalah sebuah pulau di Kepulauan Inggris yang wilayahnya mencakup tiga negara, yakni : wilayah Inggris, Skotlandia, dan Wales serta 6.000 pulau kecil lainnya. Dari sini, dapat diketahui bahwa istilah Britania Raya merujuk pada wilayah geografis untuk menggambarkan wilayah pulau yang mencakup ketiga negara tersebut, bukan negara.

Britania Raya adalah pulau terluas kesembilan di dunia, dengan luas wilayah mencapai 209.331 kilometer persegi. Berikut adalah cakupannya:

  • Inggris (England): Terletak di bagian selatan pulau.
  • Skotlandia (Scotland): Terletak di bagian utara pulau.
  • Wales: Terletak di barat daya pulau.

3. Apa Itu United Kingdom (UK)


United Kingdom, merupakan kependekan dari United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara) atau Inggris raya, adalah negara berdaulat yang terdiri dari empat negara konstituen, yakni :

  • Inggris (England)
  • Skotlandia (Scotland)
  • Wales
  • Irlandia Utara (Northern Ireland)

Terletak di bagian timur laut Pulau Irlandia, berbeda dengan tiga negara lainnya yang berada di Pulau Britania. Proses pembentukan Inggris Raya dimulai pada tahun 925 M saat kerajaan Inggris pertama.

UK memiliki pemerintahan pusat di Westminster, London, tetapi masing-masing negara konstituen juga memiliki tingkat otonomi tertentu, dengan Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara memiliki parlemen atau majelis legislatif sendiri yang bertanggung jawab atas beberapa kebijakan domestik, dengan Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Ibukota UK sendiri adalah London.

Kesimpulan

Meskipun sering digunakan secara bergantian, Inggris, Britania Raya, dan UK merujuk pada entitas yang berbeda.  Untuk lebih memahami perbedaan antara ketiga istilah ini, berikut adalah ringkasannya:

Inggris adalah sebuah negara bagian dari Britania Raya dan UK.
Britania Raya adalah pulau yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Wales. UK adalah negara berdaulat yang mencakup Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Baca juga artikel menarik lainnya : 5 Kota Paling Ramah Pelajar di UK


5 Universitas Ternama dan Terkenal di Inggris

Inggris terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas tinggi dan universitas-universitasnya yang ternama di dunia. Berikut adalah 5 universitas ternama dan terkenal di Inggris:

1. University of Oxford 

Berdiri DI tahun 1096, University of Oxford merupakan universitas berbahasa Inggris tertua di dunia dan salah satu yang paling dihormati. Universitas ini telah melahirkan banyak tokoh ternama, termasuk 28 Perdana Menteri Inggris, 70 penerima Nobel, dan berbagai tokoh berpengaruh lainnya. Kunjungi Situs Resmi Universitas Oxford di https://www.ox.ac.uk/


2. University of Cambridge

Didirikan pada tahun 1209, University of Cambridge adalah universitas berbahasa Inggris tertua kedua dan pesaing utama Oxford. Universitas ini telah menghasilkan banyak alumni terkenal, termasuk 12 Perdana Menteri Inggris dan 114 penerima Nobel. Situs Resmi Cambridge dapat diakses di https://www.cam.ac.uk/


3. Imperial College London

Didirikan pada tahun 1907,  Imperial College London telah menjadi salah satu universitas riset terdepan di dunia. Universitas ini dikenal dengan program studi dalam bidang sains, teknik, kedokteran, dan bisnis, serta memiliki banyak alumni terkenal termasuk 19 penerima Nobel. Situs Resmi Imperial College London dapat diakses di https://www.ucl.ac.uk/


4. University College London (UCL)

Berdiri sejak tahun 1827, University College London adalah salah satu universitas riset terkemuka di London. UCL terkenal dengan berbagai program studi, seperti seni, humaniora, sains, teknik, kedokteran, dan hukum, dan memiliki banyak alumni berprestasi, termasuk 29 penerima Nobel. Situs Resmi UCL dapat diakses di https://www.ucl.ac.uk/


5. King's College London (KCL)

Didirikan pada tahun 1829, King's College London adalah salah satu universitas riset terkemuka di London. Universitas ini terkenal dengan program studi di bidang seni, humaniora, sains, teknik, kedokteran, dan hukum.

KCL memiliki banyak alumni terkenal, termasuk 14 peraih Penghargaan Nobel, dan banyak tokoh penting lainnya. Situs Resmi King's College London dapat diakses di  https://www.kcl.ac.uk/

Lihat juga informasi lainnya : Biaya Hidup dan Kuliah di UK dalam Rupiah


Konsultasikan Impian Kuliah Di UK Bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri, terutama ke inggris. Kami berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingi banyak siswa mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi disini untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !