Persyaratan dan Deadline Beasiswa Indonesia Maju 2024
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Persyaratan dan Deadline Beasiswa Indonesia Maju 2024

Persyaratan dan Deadline Beasiswa Indonesia Maju 2024

Panduan lengkap Beasiswa Indonesia Maju 2024: persyaratan, cara pendaftaran, dan deadline yang harus Anda ketahui untuk meraih peluang beasiswa ini.

Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar ke 4 di dunia, menjadikannya kaya akan potensi generasi muda yang dapat berkontribusi untuk kemajuan dan pembangunan bangsa.

Salah satu cara untuk untuk mewujudkan potensi ini yakni melalui pendidikan berkualitas. Pemerintah Indonesia, dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meluncurkan program Beasiswa Indonesia Maju (BIM). 


Beasiswa Indonesia Maju (BIM) hadir untuk membantu meringankan para pelajar berprestasi di Indonesia. Diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), program besiswa ini membuka peluang bagi generasi muda untuk menggapai mimpi mereka melalui pendidikan tinggi berkualitas.

Siapa saja yang Bisa Mendaftar Program Beasiswa Indonesia Maju 2024

Beasiswa Indonesia Maju terbuka untuk siswa SMA, SMK, atau sederajat, serta lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi gemilang di bidang akademik maupun non-akademik.

Tak hanya itu saja, program ini tidak mengenal batasan usia serta IPK, sehingga kesempatannya terbuka lebar bagi semua talenta muda Indonesia.

Jenis Beasiswa yang Tersedia

BIM sendiri menawarkan dua program menarik, yaitu:

  1. Beasiswa Bergelar (Degree): Program ini menyediakan dana untuk jenjang S1 dan S2 di perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri.
  2. Beasiswa Non-Gelar (Non-Degree): Program ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengikuti program persiapan S1 di luar negeri.
    Manfaat yang Ditawarkan.

Beasiswa Ini tak hanya meringankan beban biaya pendidikan, namun juga memberikan berbagai manfaat lain, seperti:

  • Tunjangan hidup bulanan
  • Tunjangan keluarga
  • Dana kesehatan
  • Asuransi jiwa
  • Tiket pesawat
  • Biaya hidup selama mengikuti program persiapan S1 di luar negeri


Persyaratan Umum Untuk Mendaftar Beasiswa Indonesia Maju

 

Sebelum mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan umum beasiswa tersebut. Berikut persyaratan umum beasiswa tersebut.

1. Warga negara Indonesia, dibuktikan dengan kartu identitas yang legal

2. Telah menyelesaikan SMA/SMK/sederajat dan memiliki ijazah/surat keterangan lulus serta rapor/transkrip

3. Apabila jenjang pendidikan pendaftar sebelumnya ditempuh di luar negeri, maka wajib menunjukkan ijazah yang telah disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi

4. Pendaftar tujuan Perguruan Tinggi Luar Negeri, memiliki kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing untuk perguruan tinggi tujuan.

5. Pendaftar melampirkan surat keterangan sehat dan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang paling lama enam bulan terhitung dari tanggal pendaftaran dengan ketentuan:

  • Surat Keterangan Sehat Jasmani yang dikeluarkan oleh dokter dari rumah sakit/puskesmas/klinik
  • Surat Keterangan Bebas dari Narkoba yang dikeluarkan oleh dokter dari rumah sakit/puskesmas/klinik/lembaga yang berwenang untuk pengujian zat narkoba.

6. Pendaftar harus menandatangani surat pernyataan pendaftaran beasiswa bergelar sesuai dengan format yang disediakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)


7. Pendaftar tidak mengambil jenjang program pendidikan yang sama dengan yang telah diselesaikan


8. Pendaftar tidak sedang mengajukan, akan, atau sedang menerima beasiswa dari sumber lain yang mengakibatkan double funding selama menjadi penerima BPI Kemendikbudristek.


9. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

  • kelas eksekutif
  • kelas khusus
  • kelas karyawan
  • kelas jarak jauh
  • kelas yang diselenggarakan bukan di Perguruan Tinggi induk
  • kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara (kecuali untuk program joint degree/dual degree jenjang S3 PTA)

- kelas internasional khusus tujuan dalam negeri

- kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan standar pelaksanaan kelas reguler

- mahasiswa yang diterima melalui skema seleksi mandiri


10. Pendaftar menyampaikan esai atau karangan berisi komitmen kontribusi ke instansi asal/negara pasca studi meliputi deskripsi diri, deskripsi peran apa yang akan dilakukan, deskripsi cara mewujudkan peran tersebut dan penilaian diri (kekuatan, kelemahan, pengalam membanggakan, pengalaman kurang membanggakan dan hal-hal yang pernah dilakukan dan disesali dengan ketentuan sebagai berikut:

a) ditulis dalam bahasa Indonesia untuk program S1/S2/S3 di dalam negeri
b) ditulis dalam Bahasa Inggris untuk program S1/S2/S3 di luar negeri

c) jumlah kata 1000-1500 untuk S1


11. Pendaftar paling sedikit memiliki satu surat rekomendasi dari akademisi


12. Memenuhi ketentuan usia, skor bahasa, nilai rapor sebagai berikut:

A. S1 Dalam Negeri
- Tidak memiliki batas usia

- Tidak ada skor bahasa minimal

B. S1 Luar Negeri

- Tidak memiliki batas usia

- Skor bahasa minimal TOEFL IBT 72, TOEFL PTE 46, IELTS 5.5


13. Pendaftar beasiswa S1/D4 tujuan dalam dan luar negeri wajib menyertakan dokumen berupa surat rekomendasi dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

 

Baca juga artikel menarik lainnya : Perbedaan Beasiswa Fully Funded dan Partially Funded


Persyaratan Khusus Untuk Melamar Beasiswa BIM


Setelah mengetahui persyaratan umum beasiswa ini, terdapat juga persyaratan khusus mengenai Beasiswa Indonesia Maju jenjang S1. Berikut informasi lengkapnya.

1. Memiliki surat rekomendasi dari Puspresnas untuk BIM program persiapan

2. Memiliki Prestasi dalam tiga tahun terakhir yaitu:

A. Pada ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh Puspresnas dengan ketentuan:

  • tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu)
  • tingkat internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu); dan/atau penghargaan khusus di tingkat internasional yang diperoleh;

B. Pada ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh pihak lain selain Puspresnas yang telah dikurasi oleh Puspresnas dengan ketentuan:

  • tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), dan 3 (perunggu);
  • tingkat internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu); dan/atau penghargaan khusus di tingkat internasional yang diperoleh; dan/atau
  • Pada non-ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh pihak lain selain Puspresnas yang telah dikurasi oleh Puspresnas.


3. Bagi calon penerima beasiswa yang berusia di bawah 18 tahun dan memerlukan pembiayaan lain di luar komponen yang telah disediakan oleh Kemendikbudristek sebagai syarat keluarnya visa, maka pembiayaan tersebut sepenuhnya ditanggung oleh penerima beasiswa.


Cara Mendaftar 


Pelamar Beasiswa Indonesia Maju jenjang S1 dapat mendaftar melalui website resmi beasiswa kemdikbud. Berikut langkah-langkah pendaftaran beasiswa tersebut.

  • Calon peserta beasiswa mendaftar melalui website resmi https://beasiswa.kemdikbud.go.id
  • Klik menu Daftar bagi yang belum memiliki akun
    Lengkapi formulir pendaftaran ddan data diri yang sesuai, lalu klik Daftar
  • Cek email untuk aktivasi akun
    Selesai aktivasi akun, kemudian login kembali di https://beasiswa.kemdikbud.go.id untuk Daftar Beasiswa
  • Lengkapi formulir registrasi beasiswa, pastikan data diri sudah benar dan unggah file yang diminta
  • Submit data dan cetak kartu peserta beasiswa
  • Lalu tunggu informasi pengumuman di https://beasiswa.kemdikbud.go.id

Jadwal Pendaftaran


Mengacu pada jadwal pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju 2023, berikut perkiraan jadwal pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju 2024 untuk perguruan tinggi dalam dan luar negeri.


1. Pembukaan pendaftaran beasiswa: Bulan Mei
2. Penutupan pendaftaran beasiswa

- Beasiswa luar negeri: Mei

- Beasiswa dalam negeri: Juni

3. Seleksi administrasi

4. Seleksi substansi atau wawancara dan pengumuman hasil

5. Daftar ulang

Untuk seleksi administrasi, substansi, wawancara hingga pengumuman hasil akan diinformasikan pada laman https://beasiswa.kemdikbud.go.id


Tips Sukses Untuk Mendapatkan Beasiswa BIM

 

  • Persiapkan diri dengan matang: Pelajari informasi lengkap tentang program BIM, termasuk persyaratan, jenis beasiswa, dan proses pendaftaran.

  • Terus Asah prestasi: Tingkatkan prestasi akademik dan non-akademik Anda. Ikuti berbagai lomba, seminar, dan kegiatan positif lainnya.

  • Siapkan dokumen dengan baik: Pastikan semua dokumen yang diperlukan lengkap dan sesuai dengan format yang ditentukan.

  • Tulislah esai yang menarik: Buatlah esai yang menceritakan tentang diri Anda, prestasi Anda, dan alasan mengapa Anda ingin mendapatkan beasiswa BIM.

  • Berlatihlah untuk wawancara: Jika Anda lolos ke tahap wawancara, persiapkan diri dengan baik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

 

Baca juga artikel kami yang lain : Strategi Meraih Skor TOEFL 500


Butuh Skor Toefl Atau Ielts Buat Apply Beasiswa? Yuk, Raih dan Persiapkan Skor Toefl Atau Ielts Tertinggi Bersama Vista education

 

Vista education siap akan membantu ANDA dalam mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris hingga siap menghadapi tes TOEFL dan IELTS dan mendapatkan nilai yang tinggi. Program kami sudah disesuaikan dengan kebutuhan kursusnya, baik untuk kuliah, daftar beasiswa maupun bekerja di luar negeri. 

Selain itu kami juga menyediakan simulasi tes TOEFL dan IELTS yang akan membuat kamu lebih siap dalam mengikuti tes. Jadi tunggu apa lagi, Yuk hubungi team kami sekarang disini atau melalui tombol whatsapp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !