Pilih Kuliah di Kanada atau UK?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Pilih Kuliah di Kanada atau UK?

Pilih Kuliah di Kanada atau UK?

Pertimbangkan yuk 2 negara ini, yaitu Kanada dan UK sebagai tempat studi yang bisa menarik minatmu

Hm, sering bikin bingung memang. Kuliah di Kanada dan UK sama-sama menarik. Mereka punya pesonanya tersendiri. Tapi tetep kok. Keduanya punya pilihan universitas yang berbeda, biaya hidup yang kompetitif  dan opsi waktu study yang variatif. Kehidupan, lingkungan dan budaya yang ditawarkan juga beda kok. Dari pada bingung terus, mending kita cari tahu sekarang yuk disini!


Kualitas pendidikan

a. Kanada

Kanada merupakan negara yang terkenal dengan berbagai universitas research. Kanada juga menduduki peringkat ke-4 di dunia dalam penelitian ilmiahnya (wih keren!) Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal. Selain support besar dari pemerintah setempat, Kanada punya teknologi komputer dan sistem informasi yang canggih. 

Minat mahasiswa internasional pun cukup tinggi di negara ini. Kanada berada di urutan ke-3 sebagai salah satu negara favorit untuk tujuan studi. Kualitas pendidikan di Kanada cukup baik dengan biayanya yang terjangkau. Dibuktikan dari adanya sejumlah universitas yang berada di peringkat 50 teratas dunia, yaitu University of Toronto, McGill University, dan University of British Columbia.

b. UK

14% makalah di UK jadi makalah yang paling sering dikutip di dunia lho! Bukti ini bisa berakar dari metodologi pengajaran yang baik di kelas dan kualitas universitas, serta baiknya kemampuan mahasiswa itu sendiri.

Akan tetapi, UK memang memiliki banyak institusi dengan peringkat terbaik dunia dan diakui secara internasional. Seperti University of Oxford, University of Cambridge, University College London, dan University of Manchester.


Waktu yang ditempuh untuk jenjang S1

Durasi pendidikan gelar sarjana di Kanada membutuhkan waktu selama 3-5 tahun. Sedangkan di Inggris membutuhkan durasi studi selama 3 tahun. Namun, untuk gelar sarjana dengan honours akan memakan waktu selama 4 tahun.


Biaya kuliah yang diperlukan

Sekarang mari kita perbandingkan biaya kuliah antara negara Kanada dengan UK. Contohnya pada gelar sarjana di jurusan teknik, medicine, dan social science yang termasuk program studi dengan biaya kuliah yang cukup mahal. Di Kanada biayanya sekitar CAD 550 - 30.000 atau IDR 6 – 341 juta per tahun. Sedangkan di UK adalah sebesar GBP 10.000 – 38.000 atau IDR 195 – 742 juta per tahun.

Kalau untuk gelar master di jurusan yang sama, biaya kuliah di Kanada adalah sekitar CAD 2.150 – 52.700 atau IDR 24,4 – 600 juta per tahun. Di UK, biaya kuliah dengan gelar master dan jurusan yang sama, membutuhkan biaya sekitar GBP 16.000 – 44.000 atau IDR 321 – 860 juta per tahun.


Lingkungan sosial dan alam

Kanada termasuk negara yang cinta damai dan non-kekerasan karena kestabilan politik. Budayanya pun kaya dan dinamis. Kamu sudah tahu belum bahwa negara ini juga terkenal dengan pohon maple nya? Saat musim semi dan gugur, jalanan di Kanada kaya akan warna-warna dedaunan maple. Perlu kamu tahu juga, bahwa di Kanada bahasa perancis menjadi bahasa utamanya, bukan bahasa inggris. Jadi, kamu harus mengetahui juga kota mana yang akan kamu tuju supaya kamu tahu kebanyakan orang pada kota itu menggunakan bahasa apa.

Di UK sendiri bagaimana? UK memiliki budaya yang beragam dan tempat-tempat bersejarah yang terkenal hingga internasional. Tentu saja negara ini menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya. Di sini, kamu bisa melihat langsung penjaga Ratu Inggris yang biasanya memakai topi tinggi berwarna hitam dan selalu memasang muka datar. Karena sungguh iconic, penjaga ini terkenal hingga seluruh dunia.


Masih ingin tahu lebih jauh mengenai Kanada ataupun UK? Kalau kamu memang berniat kuliah di Kanada atau kuliah di UK, yuk hubungi Vista Education dan tentukan negara tujuan studi yang pas untukmu!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !